Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Meningkatkan Konsentrasi Pendengar

Menjadi pembicara depan public/umum yang menarik dan hebat. Bukanlah suatu hal yang diperoleh sejak lahir. Mengapa?. Karna hal ini dapat dilatih seperti halnya manusia sejak lahir akan belajar terus menerus untuk berjalan sampai mereka bisa mahir berjalan. Begitupun  Anda dan Saya.
Bill Gates dalam salah satu pembicaraanya oernah mengatakan ’’Anda lahir di dunia ini dalam keadaan miskin itu bukan salah Anda. Namun, Jika Anda mati di dunia ini dalam keadaan miskin itu adalah salah Anda’’.

Pada artikel ini kami khusukan bagi guru atau pendidik!!!



Selamat membaca.

Pada bagian ini kami membagikan kepada kamu beberapa tips untuk bisa meningkatkan konsentrasi para pendengar. Yaitu:

1. Menggunakan Suara yang Tidak Menidurkan

Sebagai seseorang yang akan menjadi pusat perhatian publik, tentunya diperluakan sebuah suara yang tepat agar sorotan mata pendengar agar selalu menyala. Hal ini, dapat dilakukan melalui dengan memperhatikan kekuatan ritme dan intonasi suara.
Lalu bagaimana cara mengeluarkan suara yang dinamis? Caranya dengan membaca sebuah buku yang mengandung unsur percakapan. Sambil membaca buka, Anda juga mempraktekan cara para aktor memerangkan cerita. Pilihlah dongen pendek, komik bergambar dan hidupkan tokoh didalamnya dengan menggerakan tangan, kaki, dan ekspresi wajah. Dengan ini Anda akan berlatihlah mengeluarkan sura denga beragam emosi seprti senang, susah dan sedih.

2. Menjaga tenggorokan (Pita suara)

Tidak sedikit dari kita yang berbicara mengabaikan suara yang dikeluarkan. Misalnya suara yang Fals atau keslip dan bahkan kehabisan suara. Mengapa? Hal ini terjadi disebabkan oleh tidak terjaganya pita suara. Lalu bagaimana cara untuk menjaga suara kita agar tetap enak di dengar?. Caranya dengan membangun kebiasaan yang sehat yaitu
a. Banyak minum air putih..
b. Lakukan pernafasan perut.
c. Banyak tertawa.
d. Jangan begadang.
e. Hindari lingkungan kering dan berdebu.
(Sumber: The Secret habits To mAster Your Art Of Sepeaking – Karya Oh Su Hyang)

3. Dengarkan dengan seksama

Menjadi pendegar bagi peserta didik/audiece  akan memberikan efek yang sama dengan perintah peringatan dan printah yang tegas.

Semoga bermanfaat !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.