Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 cara menentukan tujuan hidup dengan Sederhana

 Hal yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan seseorang adalah arah tujuan hidup, dimana saat kamu membentangkan layar kapalmu maka, kamu akan bersandar di tempat yang kamu tuju. Namun, ada juga dari kita yang tak pernah membentangkan layar, yang hanya kebingungan ditengah laut, entah mau kemana…!

Jadi, untuk itu perlu kita menentukannya, karna tujuan tidak akan terwujud dengan hanya memipikannya saja. Karna jembatan antara mimpi dan kenyataan adalah kerja keras. Lalu, gimana cara mencapainya ?  Silahkan simak beberapa saran yang berhasil kami rangkum untuk anda :

4 cara menentukan tujuan hidup dengan Sederhana

1. Tetap Jadi Diri sendiri

Mungkin agak terdengar aneh ! Maksudnya Apa ? Menjadi diri sendiri berarti kamu tidak membedakan apa yang orang lain miliki dan apa yang kamu tidak miliki, entah mereka lebih berbakat, lebih pintar ataupun lebih kaya. Jalani hidup dengan apa adanya cukuplah : lakukan apa yang kamu mau, kamu bisa dan kamu senang melakukannya. Apapun itu !

Misalnya kamu senang menulis maka, sibukkanlah diri untuk membuat karya tulisan, jika kamu suka bicara maka, ikuti kelas-kelas public speaking untuk berkembangkan. Karna suatu saat kamu akan menemukan dirimu yang sebenarnya. SIAPA ?

2. Tentukan dengan Jelas Apa yang Akan Kamu Capai

Kadang dalam hidup ini kita sangat mudah terispirasi dengan orang sukses. Misalnya, ada pebisnis yang sukses, ada programer yang besar, ada youtuber sukses dan kita sangat memimpikan tentang bagaimana rasanya menjadi seperti mereka (saya pun berpikir begitu). 

Namun, saat melalui jalan yang mereka lalui ternyata memberatkan. Dari harus sediakan ini….itu…. latihan ini… belajar itu. Hingga kamu berpikir ‘’ini melelahkan’’ dan mulai berkata ‘’ini bukan hal benar-benar yang saya inginkan’’ saya hanya senang melihat puncak gunung tapi, tidak senang dengan pendakiannya. Untuk itu lakukan saja hal yang kamu mampu dan kamu suka.

3. Selalu Mengupdate Tujuan

Mengupdate tujuan bukan berarti selalu menggantinya. Akan tetapi, kamu selalu meninjau dan melihat. Apakah tujuan ini masih relevan ? Dengan itu jalur yang kamu tuju tidak keliru ‘’dunia terus berubah Bro’’. 

Misalnya saya kemarin bercita-cita jadi pengajar, pengusaha dan untuk mencapainya saya belajar ini…itu…dan kuliah untuk mengumpulkan ijazah. Namun, ditengah perjalanan dunia telah berubah, dari munculnya banyak anggapan ''ijazah tidak dibutuhkan di tempat kerja, yang kami butuhkan apa yang bisa kamu lakukan di sini''. Tentu ini akan membuat kita berpikir lagi, bukan terus lanjut di tujuan awal.

4. Tetap Fokus dan Realistis

Umumnya saat kita memiliki target yang ingin dicapai, namun tidak kesampaian ! tentu  prustasi dan beban pikiran akan bermunculan. Maka, perlu diingat bahwa ada tujuan dan target yang perlu waktu lebih lama daripada yang lainnya. Misalnya, olahraga yang rutin bisa dicapai dalam waktu singkat . Namun, untuk mendapatkan tubuh yang kekar dan berisi tentu butuh waktu beberapa bulan bahkan tahun.

Ada saat-saat tertentu kamu bisa saja keluar dari jalur tujuan. Untuk itu sangat penting kamu secepatnya kembali. Dengan itu, tujuan kamu bisa sesuai jalur dan kamu pun akhirnya sampai di tujuan.

Selamat mencoba !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.