Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Menabung Anak Muda Usia 20-an

Hai teman-teman ! pernah nggak kalian kepikiran untuk menyimpan uang. Anda saat ini berusia 20-an. Usia dimana sebagian kita yang sudah menginjak usia 20-an mungkin sudah memiliki pekerjaan dan sebagian lagi belum bekerja namun, masih mendapat pemasukan dari orang tua (termasuk saya saat ini).

Lalu, apakah di era moderen ini kita masih perlu menabung ?

Mungkin ya mungkin juga tidak. tergantung kamu !

''menabung mah udah nggak jaman, sekarang mah gunakan uang untuk mendapatkan uang lagi''
Ada benarnya...

Namun, saat ini kamu baru lulus kuliah atau baru terjun di dunia kerja, yang mana kamu masih belum memiliki banyak pendapatan (anak muda usia 20-an). Disaat yang sama banyak hal yang kamu BUTUHKAN untuk masa depan selanjutnya.

Solusinya Yuk Nabung !


Simak...

4 Tips Menabung Anak Muda Usia 20-an

1. Tentukan Tujuan menabung

Mungkin cukup berat rasanya menabung jika tidak memiliki tujuan jelas. ditambahlagi pengeluaran yang tidak terArah ''beli ini beli itu''. Namun, saat ada tujuan mungkin ini akan menjadi REM untuk membeli hal-hal yang tidak penting. Jadi, Mulailah dengan menentukan TUJUAN.

Seperti, kebanyakan orang menabung untuk beli motor, mobil, rumah, tanah atau mungkin untuk menikah. Namun, bagi saya ini bukan poin utamanya. yang utama menabunglah untuk masa depan yang lebih yaitu untuk pekerjaan selanjutnya.

Pekerjaan Selanjutnya ?

BEKERJA > PENGHASILAN > BELAJAR
BELAJAR > BEKERJA > PENGHASILAN

Jika, kamu bekerja hanya untuk beli motor, mobil rumah dan sejenisnya. Hal ini akan membuatmu cinta Dunia.

2. Investasikan uang kamu sedikit demi sedikit

Jika, sudah punya uang untuk ditabung. Cobalah untuk menyisihkannya sedikit demi sedikit untuk investasi, ini pun tak ada salahnya.

WHY ?

Menabung memang adalah sesuatu yang menguntungkan dan sangat dibutuhkan jika saat-saat GENTING. Kamu bisa menariknya di ATM atau tabungan lainnya.

Namun, untuk pengeluaran sehari-hari nominal uang kita akan terkikis demi sedikit dan akhirnya habis. Jika, kamu bergantung pada tabungan. Lalu, Gimana Solusinya ?

INVESTASI/ gunakan untuk pekerjaan.

Contohnya kamu punya uang pemasukan dari kerja atau orangtua sebesar Rp 1.000.000/perbulan.
Sisikanlah untuk investasi sekitar Rp 500.000 untuk buat blog dan sisanya untuk uang listrik, makan, internet dan lainnya (Khusus yang tinggal di kos).

Mungkin suatu saat kamu sudah punya penghasilan sekitar 4 bulan kemudian. sederhannya sisikanlah beberapa uangmu untuk PELUANG yang lainnya.

3. Hindari Pengeluaran yang Kurang Penting

Hal ini juga cukup populer dikalangan anak muda usia 20-an. selalu, mencoba hal baru, membeli hal baru karna penasaran ''kenapa tidak''. Jika, kamu anak kos, saya punya saran jika ingin hemat biaya makan, makan di kos teman jika perlu (pengalaman saat krisis).

''Waktu kita singkat teman-teman''
''bijaksanalah dalam menentukan kepedulian kamu''
(walaupun kamu masih muda)

4. Hindari Kredit, Hutang dan Sejenisnya

Semakin besar peluang kamu untuk meminjam, akan semakin besar juga lubang hutang kamu. Hingga, akhirnya tertekan susah melakukan sesuatu karna terjepit Hutang.  Jika, kamu membutuhkan sesuatu mendesak mungkin kamu bisa CICIL aja.

Itu pun jika perlu, khusus untuk pekerjaan atau kamu sedang mengembangkan bisnis. Mungkin bisa.

Selamat Menabung !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.