Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Merawat Baterai Laptop Kamu

Saat ini, kita sangat banyak melakukan hal di komputer ataupun laptop, kebutuhan akan layanan yang disediakan laptop. Seperti mengerjakan tugas, Search, Nonton, dan bahkan bekerja, tentu membuat laptop telah menjadi kebutuhan utama di kehidupan kita. 

Dan untuk menunjang berbagai aktivitasmu di laptop, tentu kamu membutuhkan baterai laptop dengan kapasitas besar, agar bisa tahan lama. Hal ini juga menjadi pertimbangan untuk memilih laptop. Walaupun, sebenarnya hampir semua laptop saat ini dibekali daya tahan baterai 4-9 jam (cukup lama). Namun, tidak jarang kita jumpai baru beberapa bulan pemakaian ! Laptop kita cepat Low Baterai atau bahkan baterainya bocor. Lalu, Bagaimana cara untuk mencegahnya ? Maka dari itu, ikuti tips yang kami rangkum di bawah ini :

4 Tips Merawat Baterai Laptop Kamu

1. Hindari Laptop Mati Total

Sering kali kita jumpai saat-saat asiknya streaming di laptop, dan kerja tugas tiba-tiba laptop mati... Wow!! Tanpa disadari ini menjadi kebiasaan. Hal inilah, awal dari baterai kamu mulai bocor dan rusak. Untuk itu sebagai penggunaan laptop yang awet, usahakan jika udah 20%-50% lakukan pencasan. Agar, performa laptop kamu bisa optimal sepanjang waktu.

2. Minimkan Penggunaan Aplikasi

Membiarkan laptop mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, tentu akan membuat laptopmu bekerja cukup keras. Apalagi jenis laptop yang bukan kerjaanya ! Mungkin, dalam waktu singkat laptop kamu akan panas dan baterainya cepat terkuras habis. Jadi, sebaiknya tutuplah apalikasi yang tidak diperlukan.

3. Hindari Overheat Laptop

Salah satu hal yang menyebabkan laptop Overheat adalah saat kamu menempatkan laptop di atas bantal atau dipermukaan yang kurang sirkulasi udara, hasilnya laptop cepat panas dan baterai kurang awet. Sebagai usaha untuk mengatasinya, maka perlu menghindarikan laptop pada kondisi ekstrim - terlalu panas atau terlalu dingin. 

4. Kontrol Waktu Pemakaian

Pemakaian suatu barang elektronik dalam jangka lama tentu bisa mengurangi performanya, termasuk laptop perlu istirahat jika, sudah cukup lama di gunakan. Bukan ! dipaksa bekerja dari 100 % Baterai sampai 20%. sebagai saran untuk baterai awet, usahakan ada jeda pemakaian 2 atau 3 kali. daripada membeli lebih baik menjaga.

Somoga bermanfaat !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.