Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Sebelum Membeli Buku - Tidak Salah Pilih

Buku merupakan jendela untuk mengenal dunia. Semakin banyak kamu membaca, semakin kamu mengenal dunia. Saya pernah mendengarkan pepatah bijak bahwa :

''Seorang yang membaca buku telah hidup 1000 kali lebih banyak DARIPADA orang yang tidak  membaca buku''.

Jika, kamu saat ini berada kondisi DARURAT dan kebetulan kamu berada di penjual buku atau di Toko Buku, tidak jarang dari kita tanpa sengaja membeli buku karena : judulnya menarik dan harganya murah. Lalu, secepatnya kita menjadikannya pilihan Belanjaan dan sepulang di rumah ternyata isinya ternyata cukup mengecewakan. Hingga akhirnya kamu MENYESAL

Lalu, Bagaimana cara cepat, untuk kita mengenali mana buku yang berkulitas ?

Simak !!! (berdasarkan pengalaman)

4 Tips Sebelum Membeli Buku - Tidak Salah Pilih

1. Perhatikan Siapa pengarangnya

Pengarang sebuah buku adalah Hal pertama yang menjadikan buku itu istimewa. Jika, pengarangnya orang terkenal, pebisnis sukses, penulis sukses, pembicara sukses ataupun orang berpengaruh lainnya | Kenapa tidak dijadikan pilihan !, untuk di baca. Namun, bagaimana jika, PENULISnya belum di kenal ?. Caranya cukup mudah search di Google.

Misalnya, saya mendapati buku baru. seperti di bawah ini !


Saya tidak tahu siapa MARK MANSON. saya search, ternyata Ia adalah seorang penulis Blog atau seorang Blogger dan Ia sudah banyak menulis dengan berjuta-juta pembaca di media.
"Tentunya kita tidak ragu lagi dengan pengalaman menulis Mark Manson".
(catatan : Buku ini sudah saya baca berkali-berkali).

2. Perhatikan bagian belakang buku

Bagian ini adalah penjelasan singkat tentang isi buku dan apa yang bisa kamu dapatkan. Baca, apakah isinya kamu butuhkan atau tidak. Buku yang bagus untuk bacaan ringan adalah menggunakan bahasa dan kata berdasarkan pengalaman hidup. Seperti : bagaimana kisah penulis bisa berhasil atau bisa seperti sekarang ataupun prinsip hidup mereka.

Contoh kecil di bawah ini !


Pada paragraf ke 3 Mark memberikan prinsip hidupnya bahwa ''dalam hidup ini, kita hanya memiliki kepedulian dalam jumlah yang terbatas. Makanya, Anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian Anda''.
(catatan : saya sudah banyak mendapat prinsip dalam buku ini).

3. Jumlah cetakan (Berapa kali buku ini sudah di cetak)

Sudah cetakan keberapa atau berapa kali buku dicetak. Mungkin ini juga penting. Tapi ! saya tidak begitu menyarangkan pada bagian ini. karna, banyak toko buku yang menyegel bukunya (membuka berarti membeli). Namun, jika, buku tersebut bisa di buka secara bebas kenapa tidak !.
(catatan : saya dapat buku kualitas bagus tanpa banyak cetakan saat saya beli).

Seperti di bawah ini !


Hanya 3 kali dicetak tapi tiap bulan kualitas isinya tidak di ragukan lagi.

4. Warna kertas Buku

Warna dari kertas buku merupakan faktor utama bagi kamu para pembaca bisa betah dan berlama-lama membaca buku. Lalu, warna mana yang bagus apakah warna kertas agak Kekuning-kunigan atau Putih bersih ?. Saran saya yang biasa membaca buku, saya pilih warna kertas buku agak Kekuning-kunigan. Walaupun, kualitasnya kadang di bawah standar. Mengapa ?. Bagi saya, tidak ada kesan menyilaukan mata saat membacanya berbeda dengan kertas putih saat di bawah lampu silau, akhirnya saya agak malas membacanya.
(catatan : pilihlah kertas Buku yang berwarna agak kekuning-kuningan walaupun itu Murah - bukan Murahan)

Sebagai salah satu contoh di bawah !



Walaupun kualitasnya tidak begitu bagus. Namun, pengalaman yang saya dapatkan cukup memuaskan.

Selamat membeli Buku baru !!!

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.