Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Kecanduan Game

 Banyaknya produksi Gadget dan semakin majunya teknologi tentu membawa perubahan besar dalam beraktivitas. Apalagi perkembangan teknologi game yang semakin memumpuni dan sangat mudah diakses. Hingga, kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan Gadget seperti : asyik dengan gamenya sendiri ! 

Memang game memiliki manfaat seperti mengurangi stres, melatih otak dan bahkan ada diantara kalian bisa mengerti bahasa inggris dari game. 

Namun, bila sudah berlebih tentu bisa berdampak negatif bagi keshatan mental dari lupa waktu, lupa makan, lupa tidur dan bahkan lupa mandi. Mungkin ini merupakan kebiasaan bagi gamers yang tidak disadari. Apalagi sudah game online seperti Free Fire, PUBG Mobile, Hago dan sejenisnya tidak ada habisnya. Nah ! Untuk kamu yang ingin mengubah pola hidup ini, Mungkin bisa menyimak beberapa tips di bawah ini :


5 Cara Mengatasi Kecanduan Game

1. Mengingat Waktu

Ingat waktu, apalagi kamu masih muda cobalah hitung-hitung sudah berapa banyak waktu yang kamu habiskan main game selama sehari. Mungkin ini bisa jadi REM dan pengigat apa yang nanti saya ceritakan kepada anak dan cucu saya, masa main game..! 

Lalu bagaimana caranya. Caranya : kamu hitung berapa waktu kamu main game dan berapa waktu kamu gunakan untuk aktivitas harian, jika memberatkan coba minta teman untuk memperhatikan ''berapa lama saya betah main game''. Palingtidak cara ini bisa memberimu rasa bersalah saat membuang-buang waktu di game.

''Cobalah sekali-kali melihat dunia secara nyata''

2. Berkumpul dengan Keluarga dan Teman Dekat

Hal yang sulit ditinggalkan bagi gamers adalah rumah dan kamar, tentu (saya pun kadang begitu). Perlu diketahui dengan berkumpul dengan teman, itu bisa mengurangi pikiran bermain game secara perlahan-lahan. Apalagi mengingat keluarga dan menjalin hubungan baik dengan anggota keluarga, kenapa ?Karna banyak dari kita tidak sempat merasakan kebahagian ini.

3. Menemukan Hobi Positif

Kebutuhan yang susah dibentuk bagi gamers biasanya mencoba hal baru. Karna tidak punya aktivitas dan diam saja, tentu kamu akan main game lagi..! Sebagai saran cobalah sempatkan diri untuk berolahraga atau jalan-jalan, apalagi kamu masih muda, masih banyak yang bisa dilakukan selain main game. Setidaknya kamu menemukan pengalaman baru dan kebahagiaan baru dari pada main game.

''cobalah hal positif, apapun itu''

4. Pikirkan Masa Depan

Jika kamu masih SMP coba pikirkan bagaimana saat kamu nantinya saat SMA, begitupun saat kamu udah Kuliah coba cari tau Bagaimana kamu nantinya di masa depan dan seperti apa kamu di masa yang akan datang. Bila, kamu sudah bekerja coba buat rencana masa depan. Karna dengan pemikiran seperti ini, kamu akan sibuk bekerja dan banyak mencoba sesuatu, dengan itu pikiran main game bisa saja terabaikan.

''Pikirkan kembali''

5. Niat yang Kuat

Tak kalah penting adalah keinginan yang besar untuk berubah, jika kamu sudah punya, coba tutup mata dan klik tombol hapus game. Pasti berat apalagi sudah lama (saya pun sama), jika berat coba kurangi durasi main gamenya secara perlahan-lahan. Paling tidak ada peluang berhenti main game.

Selamat Mencoba !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.