Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Berolahraga Bagi Pemula

 Memasukkan olahraga dalam aktivitas harian tentunya memiliki pengaruh postif bagi kesehatan. Apalagi bagi kamu yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan ini adalah langkah yang tepat. Namun, masih saja beberapa dari kita terkendala untuk memulai seperti besok aja lah..! lain kali aja…! Hari ini saya sibuk..! dan berbagai alasan yang lainnya.

‘’Jangan mulai apa-apa dan Tidak akan ada apa-apa’’

Maka, dari itu segeralah mewujudkannya. Saya harus mulai dari mana ? Langkah pertama buat komitmen dan motivasi yang kuat, karna denganya aktivitas olahraga kamu akan menjadi lebih berhasil terwujud. Setelah kamu punya komitmen yang kuat silahkan simak beberapa tips yang telah kami rangkum dengan baik :

5 Tips Berolahraga Bagi Pemula

1. Pastikan Kondisi Tubuh Sedang Fit

Walaupun sebenarnya olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat tapi, bukan berarti kamu bisa olahraga dalam kondisi sakit. Untuk itu istirahatlah terlebih dahulu sampai kamu benar-banar pulih, baru kamu olahraga.

2. Jangan Lupa Pemanasan dan Pendinginan

Setelah kondisi tubuh kamu sudah fit, barulah saatnya pemanasan dan ini wajib ! Agar, saat olahraga kamu terhindar dari masalah otot tegang, keseleo dan hal-hal yang tidak diingingkan. Maka dari itu, lakukanlah pemanasan beberapa menit untuk mempersiapkan otot.

Selain pemanasan, kamu juga harus mendingingkan kembali otot-ototmu sehabis olahraga. Agar  peregangan otot sehabis olahraga bisa lebih cepat pulih.

3. Mulailah dengan Olahraga yang Mudah

Awal yang keliru bagi pemula itu ! kadang langsung melakukan olahraga yang berat-berat. Apalagi saat-saat semangatnya dan  langsung aja ! Lari berkilo-kolo meter, angkat beban seberat-beratnya dan akhirnya lelah selelah-lelahnya bahkan bisa saja besok sakit. Mengapa hal ini terjadi ? Tentunya hal ini disebabkan karna ketidaksiapan otot untuk bekerja.

Kan ! tidak ada salahnya juga kamu mengangkat beban yang ringan-ringan aja dahulu, jogging beberapa kilo aja dulu. Karna Ada tuh…! Pepatah bijak ‘’sedikit-demi-sedikit, lama-lama jadi bukit’’ dan jika otot kamu sudah terbiasa, barulah kamu pergi ke tempat GYM.

4. Lakukan Secara Rutin Bukan Tiap Hari

Bagi kamu yang baru mulai cobalah buat jadwal rutin olahraga dari 2 atau 3 kali sepekan. Mengapa ! Karna saat seseorang berolahraga selama sehari, otot memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan dan juga pembentukan, sehari sudah mungkin sudah cukup istirahat. (Pengalaman, kemarin saya olahraga jogging tiap pagi, entah bagaimana usaha keras saya tidak memberikan hasil yang maksimal dan jawabannya‘’ternyata ini masalahnya’’).

Menurut WHO juga, aktivitas fisik 150 menit selama seminggu ternyata sangat di sarankan. Jadi, kamu tinggal membagi 150 menit ini dalam sepekan bagaimana bagusnya.

5. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Tak kalah penting juga apabila kamu sudah membakar banyak kalori saat olahraga yaitu mengisi ulang kembali energi yang sudah kamu keluarkan, agar aktivitasmu bisa berjalan lancar. Utamakanlah makan makanan yang sehat. 

Sebagai saran makanlah sekitar 2 jam sebelum olahraga dan sehabis olahraga kamu baru boleh makan  setelah istirahat kira-kira 1 jam. Terakhir jangan lupa minum air putih. 

Selamat Mencoba !


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.