Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Olahraga Lari Bagi Pemula

Olahraga lari atau Jogging merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Selain meningkatkan kesehatan, olahraga ini juga dapat mengebalkan tubuh dari berbagai penyakit seperti: diabetes, depresi, hipertensi dan resiko penyakit lainnya.

Walaupun olahraga lari terlihat sederhana dan tidak butuh banyak perlengkapan. Namun, untuk menjadikannya sebagai rutunitas, kadang bagi para pemula hal ini tidak mudah. Apalagi baru mau mulai dan kita kadang mengatakan : besok aja, lain waktu aja, aku lagi sibuk hari ini, aku nggak sempat hari ini dan pada akhirnya hal ini tidak pernah terwujud.

Nah, untuk Anda yang merasakan hal yang mirip seperti ini, silahkan coba beberapa tips yang mungkin pas untuk Anda yang baru memulai olahraga lari:

5 Tips Olahraga Lari Bagi Pemula

1. Mulailah Sekarang

Sebagai langkah awal dalam olahraga lari adalah Anda harus memulainya terlebih dahulu. Walaupun mewujudkannya sebagai rutinitas harian tentu memberatkan, apalagi sebagai pemula. Untuk itu, buatlah target yang mudah, misalnya 20 menit sekali sepekan atau 15 menit  dua kali sepekan. Jika kamu sudah bisa konsisten olahraga, tentu kamu bisa menambahkan durasi kamu berolahraga.

Catatan : Olahraga lari dapat membakar banyak kalori. Namun jika ingin membentuk otot dengan olahraga ini maka, lakukanlah sekali sepekan dan menambahnya dengan beberapa jenis olahraga tertentu di hari yang lain. Bagi kamu yang ingin membakar lemak ada baiknya lakukan dengan sering. tetapi bukan tiap hari. Kenapa? Karna otot tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan sehabis olahraga.

2. Kenakan Sepatu yang Nyaman

Sebelum memulai, ada baiknya Anda memakai sepatu yang nyaman digunakan untuk berlari. Paling tidak sepatu Anda bisa melindungi kaki dan mengurangi peluang keseleo saat berlari. Maka, pakailah sepatu yang nyaman dan pas untuk berlari.

3. Lokasi yang Indah

Lokasi berlari salah satu faktor utama Anda bisa bersemangat dalam olahraga lari. Hal ini juga dapat menjaga motivasi kita untuk tetap berlari. Selain berlari bisa menyehatkan dan dilakukan dtempat yang cantik, tentu kamu juga ingin mengahabiskan banyak waktu disana. Untuk itu, tentukanlah lokasi yang   nyaman untuk Anda saat berlari.

4. Pemanasan dan Pendinginan

Sebelum olahraga jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar otot-otot tubuh siap untuk bekerja dan menghindarkan Anda dari kram otot ataupun keseleo saat berlari.

Selain itu, lakukan juga pendinginan sehabis berlari untuk mendingingkan otot dengan cepat. Kebiasaan ini juga akan melindungi Anda dari cedera otot. Maka, renggangkanlah otot paha, betis, lengan dan seluruh anggota tubuh dengan lembut sehabis berlari.

5. Teknik Berlari yang Baik

Langkah awal saat melakukan jogging adalah jangan langsung berlari, ini banyak yang dilakukan oleh pemula. Cobalah mulai berjalan terlebih dahulu dan mulai tingkatkan kecepatan setelah 30 detik. Dibagian akhir, larilah selama 1 menit dan setelah itu perlaha-lahan melambat hingga Anda berhenti. Buatlah star dan Fhinis ini senyaman porsi waktu Anda, apakah ingin dikurngi atau ingin ditambah.

Hal lain yang perlu diingat saat berlari adalah pastikan punggung Anda dalam keadaan tegak berdiri bukan bungkuk. Karna ini bisa merusak kesehatan postur tulang belakang, maka perlu Anda membusungkan dada dan menegakkan bahu saat berlari.

Selamat Mencoba !


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.