Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sebelum Memilih Laptop Baru Berkualitas

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat maju, banyak dari kita menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau laptop dari mengerjakan tugas rumahan, bekerja kantoran, riset, ataupun belajar. Hal ini menjadikan laptop adalah kebutuhan utama di era teknologi.

Namun, sebelum membeli laptop tentu kita bertanya ke teman dan jawabanya mungkin berbeda-beda. Ada yang mengatakan ''saya memilih laptop A dan ada juga memilih saya laptop B''. Sederhananya itu laptop terbaik untuk diri mereka sendiri dan belum tentu sesuai buat kamu.

Mungkin sulit menemukan laptop yang sesuai ! Jadi, Untuk itu simak 5 Tips Sebelum Memilih Laptop Baru Berkualitas :


Rumus dasar sebelum memilih laptop.
Sesuai kebutuhan + Paham Spesifikasi + Dana Tersedia = Laptop yang ideal buat kamu

5 Tips Sebelum Memilih Laptop Baru Berkualitas

1. Sesuai dengan kebutuhan

Hal pertama yang perlu kita perhatikan sebelum memilih laptop yaitu utamakan kebutuhan bukan keinginan. Ada tuh... orang datang ke toko ceplas-ceplos tanya sana-sini, bandingkan dan langsung pilih ! Yang penting ada uang. Sampai di rumah nyesal memilih (termasuk saya cari yang murah tanpa memperhatikan kebutuhan). Nyesal deh...

Ada baiknya untuk menghidari penyesalan di belakangan kamu mengatasinya dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini :

# Mengetahui kebutuhan ''laptop apa yang kamu butuhkan''
# Catat point-pointnya.
# Tarik kesimpulan : apakah unuk pemakaian ringan, menegah, atau berat.

Misalanya kamu butuh untuk mengerjakan tugas SMP, SMA dan bisa menjalangkan Microsoft Office.
selain itu, bisa digunakan search, streaming atau mungkin Ujian Nasional online. Kesimpulan : pemakaian RINGAN. Mungkin harga 4 Jutaan cukup (pengalaman pas SMA saya pilih harga 4 jutaan itu sudah bisa).

Namun, bagi kamu yang udah kuliah dan suka main game-game berat. Apalagi udah terjung dunia editing. Kamu membutuhkan laptop pemakaian Sedang - Berat. Harganya mungkin 5-8 jutaan. Jangan pilih yang rendah nanti Nyesal... (Seperti saya yang memilih laptop pemakain ringan, tapi udah kuliah dan bekerja). Lebih baik nabung dulu, daripada Nyesal...

Sekarang lanjutkan apa kesimpulanmu!

2. Paham Spesifikasi

Hal yang biasa kita temui saat melihat laptop ada tulisan seperti di bawah :

# Intel core i3, core i5, core i7, core i9 ataupun AMD.
# 500 Gb HDD atau 265 SSD (Versi laptop sekarang).
# Ram 2 Gb, Ram 4 Gb , Ram 8 Gb.
# VGA intel, VGA Invidia dll.

Tulisan di atas memperkenalkan kita apa isi yang tertanam dalam laptop. Silahkan simak penjelasan sederhana di bawah ini :

# Intel core i3, core i5 ataupun AMD adalah kemampuan berpikir komputer atau otak komputer untuk mengolah data dan informasi. Semakin tinggi akan lebih baik.

# Ram 2 Gb, Ram 4 Gb dan seterusnya adalah bagian penyimpanan data di proses semakin besar Ramnya maka semakin cepat data diproses. Misalnya saat Browsing di mesin pencarai Google kita kilik Tab banyak dalam satu waktu, tentu membutuhkan Ram yang besar agar mulus Browsingnya.

# 500 Gb HDD atau 265 SSD adalah tempat penyimpanan file seperti Video, foto, dan file lainnya. Namun, beda dengan SSD, bedanya SSD lebih fokus pada penyimpanan Software dan ini bisa membuat laptop mulus dalam buka Aplikasi. Ada juga memiliki kedua-duanya sekaligus.

# VGA intel, VGA Invidia dll adalah Kualitas grafis atau layar laptop saat editing dan gaming.

3. Harga Laptop

Setelah menyimak laptop yang kita buutuhkan dan spesifikasinya. Selanjutnya menentukan Pilihan :

# Spesifikasi ringan 

- Intel : inside, dual core.
- harddisk : 500 Gb HDD.
- Ram : 2 Gb - 4 Gb.
- Harga 3-4 Jutaan.

# Spesifiaksi menengah-bawah

- Intel Core i3.
- Harddisk 500 Gb.
- Ram 4 Gb.
- Vga : Kartu grafis standar.
- Harga 5-7 Jutaan.

# Spesifikasi Menegah-Atas

- Intel Core i5.
- HDD 500 Gb, HDD 1 TB atau SSD 128 - SSD 256.
- Ram 8 Gb.
- Vga : Kartu grafis Menengah.
- Harga 8-10 Jutaan.

# Spesifikasi Ke Atas

- Intel Core i7 atau Core i9.
- HDD dengan SSD bisa lengkap.
- Ram 8 Gb, 16 Gb dan seterusnya.
- Vga : Kartu grafis kelas kakap
- Harga 11 jutaan keatas 
 
4. Merek Laptop

Setelah mengetahui beberapa spesifikasi, mungkin kamu bisa membandingkan harga yang ditawarkan dari berbagai merek berbeda dan layanan servis ataupun garansi yang disediakan (saran jangan pilih laptop Asuz kelas bawah nanti Nyesal - Keyboard mudah rusak ''pengalaman saya dan banyak teman saya Nyesal'').

5. Cek sebelum meninggalkan Toko

Hal ini mungkin sepele. Tapi bisa Nyesal di akhir seperti ''saya pilih laptop tanpa meperhatikan baik-baik kondisinya, alhasil beberapa bulan kesingnya patah Bro''.

Cukup sekian pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memilih laptop.

Semoga membantu !
Selamat memilih Laptop !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.