Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Belajar yang Efektif

Setiap manusia yang lahir di muka bumi ini, tentunya selalu ingin melakukan sesuatu. Misalnya saja saat masih anak-anak, dimana kamu ingin melakukan banyak hal seperi berjalan, berlari, bersepeda ataupun hal lainnya. 

Disinilah, awalnya kamu mulai Belajar.

Namun, sayangnya banyak dari kita saat dewasa telah mengaggap belajar adalah hal yang membosankan. Tentu ! Jika, kita menganggapnya sebagai mata pelajaran yang ada di sekolah ataupun di bangku kuliah, dimana kamu hanya duduk diam, mendengarkan, praktik, diskusi, dan persentase. Pasti ini akan membosankan !!! Apalagi itu pelajaran yang tidak kamu ingingkan (Saya pun berpikir begitu).

Dan disaat ini kita akan mengubah polanya ! bukan berarti kita mengabaikan sekolah dan kuliah. Lalu Bagaimana Pola pikir yang tepat. Cukup sederhana.

Belajar itu adalah : ''Cukup kamu lakukan hal yang kamu mau, kamu bisa dan kamu senang melakukannya''. (selagi itu tidak melanggar etika).

Contohnya : Kamu senang membicarakan hal-hal baru, mungkin kamu bisa menjadi penyedia informasi di Youtube (Youtuber) atau jika kamu malu tampil depan umum pilihlah menulis Blog (Blogger). Ini contoh kecilnya.

Untuk itu kami akan membagikan ''Cara Belajar yang Efektif'' Versi Hicul.com

Simak !

7 Cara Belajar yang Efektif

1. Rasakan Belajar Adalah Kebutuhan

Sesuatu yang berlabel kebutuhan dalam hidup kita. Tentunya, akan mengarah pada hal yang harus terpenuhi. Misalanya makan dan minum, tanpanya kamu tidak bisa menjalani hidup. Begitupun belajar, kamu tidak bisa bertahan lama di dunia moderen ini jika, TIDAK BELAJAR. 

Tapi, saya sudah punya pekerjaan bagus ! Apakah masih perlu belajar ?

Itu Mungkin tergantung kamu. Namun, untuk membuat Negara kita maju ubah polanya.

''Bekerjalah untuk Belajar''

2. Tentukan Tujuan Belajarmu

Tujuan Belajar ! mungkin terdengar berat untuk di ungkapkan. Apa tujuan belajar Bro ? saya malu mengatakannya. Lalu, bagaimana jika kalimatnya menjadi : Apa Alasan Kamu Belajar ?. Jawabannya mungkin akan mudah. Seperti : saya mau begini, saya tidak ingin begitu atau mungkin tidak ingin tertinggal. 

Dan apakah ini terdengar samar ? Tentu !. Namun, Saat-saat kamu belajar dengan apa yang kamu ingin, mungkin saja di perjalanan kamu baru Tau bahwa INI JALANKU. ''Mulai Aja''

3. Lakukan dengan Terus-menerus

Bagian terberat dalam melakukan suatu pekerjaan adalah lelah dan malas melakukannya. (saya juga biasa malas). Lalu, Bagaimana solusinya ?

Sederhana !

Jika, kamu terhenti di satu Pekerjaan, jangan hanya duduk saja dan hanya memikirkan hal itu - Mulailah mengerjakannya. Sekalipun kamu tidak tau apa yang kamu lakukan. Satu Langkah Sederhana yaitu kerjakannlah dan pada akhirnya ide-ide akan muncul di kepalamu.

Singkatnya !

''Jangan Hanya Duduk - Lakukan Sesuatu - Jawaban Akan Muncul''

4. Belajarlah Dimanapun yang Kamu Suka

Keunikan dari setiap orang punya cara dan tempat mereka belajar dengan nyaman. Seperti Kamu suka belajar di tempat ramai, mungkin bisa DISKUSI, Kamu suka di kesunyian, Belajarlah di kamar sendiri. Hal ini mungkin bisa membuat durasi belajarmu menjadi lebih lama dan menyenangkan. 

Catatan : jangan buat suasana belajar, terlalu nyaman (Buat acara, sediakan banyak makanan, sediakan Tv, Streamingkan youtube). Yah ! Gagal Fokus. Inimah namanya Bersantai Bukan Belajar.

5. Bagi Waktu Belajar

Belajar bukan berarti kamu harus melakukanya sepanjang hari dan sepanjang malam, akan tetapi buatlah waktunya saat-saat kamu bisa konsisten dan otakmu bisa berpikir maksimal. Misalanya saya sangat senang belajar hanya di waktu pagi s/d siang saja. Why ? Karna pada saat itu saya bisa totalitas (Maklum kurang agenda Kampus > Covid-19).

Dengan membagi waktu belajar, kegiatan belajar kamu bisa terstruktur dan rapi. Namun, jangan memaksakan juga. Kalau nggak sempat. Lakukan saja dimanapun dan kapanpun. Paling tidak ada waktu belajar setiap-hari (Kondisi Darurat).

6. Sediakan Air Putih

Terlihat mudah. Tapi, banyak yang tidak melakukannya. Sediakan saja !. Jangan banyak tanya lagi bagaimana pengaruhnya. Udah banyak di internet manfaat air putih (air jernih Hehehe..). Salah satu manfaat terbesarnya saat belajar adalah otak lebih auto fokus bukan lambat Loading...

7. Niat - Doa

Bagian terakhir dari awal terpenting yang tidak boleh di lupakan saat belajar : Berdolah atau niatkan belajarnya. Tentu ini tidak akan membuat belajarmu menjadi sia-sia. Berdoa memiliki kekutan sendiri dan cara tersendiri. 

Selamat Belajar !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.