Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

 Berat badan bertambah ! kamu gemuk ! ini ungkapan yang sensitif untuk wanita dan tidak menutup kemungkinan bisa berpengaruh juga bagi laki-laki. berat badan berlebih, tentu hal itu membuat sebagian orang menjadi kurang pede dan eksis tampil depan banyak orang. Hingga saat ini, banyak isu menyebar bahwa tubuh yang gemuk adalah sumber awal dari berbagai penyakit.

dengan banyaknya anggapan dan isu negatif tentang berat, tentu banyak orang berusaha menurunkan berat badan, dari cara cepat, minum obat, diet berlebih ataupun sedot lemak. Ada yang behasil dan ada yang gagal. Namun, perlu diketahui menuruunkan berat badan secara tidak sehat akan mengakibatkan dampak negatif bagi tubuh dan bahkan berat badan yang sudah turun bisa naik lagi. Lalu bagaimana solusinya ?


Caranya ! Mungkin kamu bisa mencoba tips-tips berikut ini :

7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

1. Perbanyak Minum Air

Meminum air putih atau air mineral dapat membantu metabolisme dalam tubuh, meningkatkan konsentrasi otak dan bahkan bisa mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh secara alami. Lalu, bagaimana pengaruhnya pada berat badan ?
Perut yang mudah lapar umumnya di pengaruhi oleh kurangannya cairan dari dalam tubuh. Agar air bisa berperan dalam penurunan berat badan. Maka, minumlah sekitar satu gelas air sebelum makan, hal ini bisa mengurangi banyakanya komsumsi makan yang berlebih. Hasilnya bisa terlihat sekitar 3 bulan.

2. Kurangi Porsi Makan

Mengurangi Porsi makan biasanya cukup berat dilakukan di awal-awal. Untuk itu ada baiknya, jika kamu menggunakan piring dengan ukuran yang kecil, cara ini bisa mengurangi jumlah makanan yang bisa kamu ambil dan jangan lupa minum segelas air sebelum makan. 

3. Hindari Makan Snack dan Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti mie, snack seperti kerupuk ataupun makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti soda, karna kandunganya bisa menambah berat badan dan bisa berpengaruh buruk bagi kesahatan di masa mendatang. 

Mungkin hal ini sulit dihindari, apalagi penyajiannya yang sangat simple. Untuk itu, lakukanlah secara perlahan-lahan atau mungkin kamu bisa menghidarinya dengan menabung uang yang akan di pakai untuk memilih makanan seprti soda, kerupuk, mie dan sejenisnya.

4. Makanan Tinggi Serat

Cara menurunkan berat badan selanjutya adalah pilih makan makanan yang tinggi serat. Selain sehat, makanan tinggi serat juga bisa menurunkan berat badan secara alami. Sebagai saran komsumsilah makanan yang seratnya mengandung Gel yang cukup kental. Sehingga daya penyerapan nutrisinya saat bertemu air lebih lama dan memberikan bisa efek kenyang lebih lama.

Jenis serat yang kental ini bisa kamu dapatkan pada buah-buahan, sayur-sayuran, gandum dan kacang-kacangan.

5. Olahraga Disetiap Kesempatan

Cara seanjutnya yaitu olahraga, dimana olahraga merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh banyak orang saat hari-hari libur. Jadi, cobalah buat jadwal olahraga yang tidak memberatkan, mulai aja dari yang ringan-ringan. misalnya berlari : sehari 5 menit, besok 7 menit, besoknya 7 menit dan seterusnya, atau mungkin 3 kali sepekan, 2 kali sepekan. Paling tidak kamu bisa rutin melakukannya.

Karna dengan berlari atau joging, tentu akan membkar banyak kalori. Olahraga bukan bereti kamu mesti ke luar rumah, bisa kok... dalam rumah sudah banyak di Internet jenis olahranganya.

Namun, jika kamu sulit membagi waktu olahraga. Kamu bisa gunakan cara lain yaitu membersihkan rumah, jalan-jalan ke taman ataupun pergi belanja kebutuhan sendiri bukan pesan online dan menyuru teman.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang berkualitas itu bukan tidur kapan saja atau baring semaunya. seorang yang tidurnya yang berlebih bisa menambah berat badan loh... Apalagi udah makan langsung rebahan, sangat tidak sehat ! pada saat itu makanan seharusnya terdorong turun ke lambung, Ehh.. malah kamu pergi rebahan hasilnya perut membesar. Memang sepele, tapi banyak yang begini. Untuk itu, perlu menggantinya dengan membaca buku, paling tidak kamu bisa lebih lama duduk seusai makan.

7. Komitmen

Bagian yang tak kalah penting saat kamu diet adalah bagaimana komitmenmu bisa mengikuti langkah-langkah dan pilihan rencanamu. Penyesalan itu berada di akhir cerita, yang di awal itu pendaftaran gratis.

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.