Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat | Simple

 Harta berharga yang biasa diabaikan oleh kita adalah kesehatan, sakit baru tau betapa berharganya kesehatan !! Dimana saat kamu tidak sehat, tentunya banyak kesulitan dan penderitaan hidup yang harus kamu jalani.

Segala makanan yang biasa kita komsumsi akan memilki pengaruh pada tubuh, entah berpengaruh baik ataupun sebaliknya, itu tergantung dari pola makan. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa saran, agar kamu terhindar dari persoalan kesehatan karna buruknya pola makan.

Simak !

6 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat dengan Sederhana

1. Jangan Biarkan Terlalu lapar dan Terlalu kenyang

Makan saat terlalu lapar mungkin membuat kita merasa makanan menjadi terasa sangat enak. Namun, saat seperti ini juga kamu bisa saja memilih makanan yang keliru dan bahkan bisa terlalu kekenyangan. 

Jika, terlalu kekenyangan. Rasa-rasanya kita seperti mengantuk dan ingin rebahan. Hingga, malas bergerak "Mager", yang seharusnya kita makan untuk beraktivitas lagi.
 "Adu...Makanpi baru berkeringat"

2. Makan dengan Jumlah sedikit Namun Sering

Saya pernah membaca bahwa apabila seseorang tidak makan selama 3 jam maka, hormon stres akan meningkat. Jadi, makanlah dalam jumlah yang sedikit, tetapi sering. Misalnya kamu kemarin makan 3× sehari dan Sekarang Coba 5× sehari. Tidak ada salahnya mencoba, untuk mendapatkan perubahan.

3. Hindari Makan Makanan Olahan

Makanan olahan umumnya mudah didapatkan dan simple penyajiannya. Namun, berdampak buruk bagi kesehatan di masa mendatang. Anda  pernah mendengar dari seorang dokter bahwa Mie adalah makanan sampah.

Cobalah menghindarinya, jika memang terpaksa dan itu satu-satunya makanan di kamar atau di kos maka, Makanlah (saran pribadi jika darurat anak kos). Tapi, jangan selalu terpaksa setiap hari...!

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Makan sayur dan buah sangat dianjurkan dan sudah tepat sasaran untuk pola makan sehat. Karna banyaknya kandungan serat dan antioksidan sayur dan buah, tentu sangat di butuhkan oleh tubuh.

Namun, cukup sulit bagi kita untuk memenuhinya jika, belum terbiasa. Untuk itu, Kamu bisa coba cara ini :

Misalnya kamu punya uang 5.000 dan saat itu kamu haus. apakah kamu langsung mengambil minuman cepat saji di mini market atau pergi memesan jus buah dan menunggu sebentar. Saat itu, coba paksakan pilih yang sehat.

"sehat itu pilihan"

5. Tidak Terlalu Menghitung Kalori yang Masuk

Pola makan yang sehat selanjutnya adalah tidak menghitung asupan kalori yang dikomsumsi. Terdengar aneh ! Tapi saya maksud, ini berlaku bagi kamu yang sudah makan lebih banyak makanan sehat daripada yang tidak sehat.

Kenapa nggak di hitung ? daripada ambil pusing dan banyak mikir, buat apa lagi menghitung-hitung kalau perbandingannya sudah terlihat.

6. Minum Air Putih

Terakhir jangan lupa minum air putih, mungkin ini sudah tidak perlu lagi di jelaskan apa manfaatnya. Cukup sediakan saja segelas atau dua gelas air putih di sampingmu, entah kamu di perjalanan atau sedang bekerja.

Semoga bermanfaat !

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.