Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesalahan Kecil Blogger Pemula yang Berdampak Besar

 Sebagai blogger pemula kita biasanya banyak melakukan eksperimen untuk belajar dari kesalahan. Seringnya Anda melakukan eksperimen blog, tentunya hal ini dapat mengurangi peluang Anda membuat kesalahan besar ngeblog. 

Namun, kadang kala kita juga tidak melihat kesalahan-kesalahan kecil saat memposting artikel dan kesalahan kecil ini bisa saja berdampak buruk bagi blog kita. Untuk menghindari kesalahan yang serupa, tidak ada salahnya Anda menyimak beberapa kesalahan kecil yang biasa dilakukan para blogger pemula :

Simak !

5 Kesalahan Kecil Blogger Pemula yang Berdampak Besar

1. Mengabaikan Meta Deskripsi

Mengabaikan meta deskripsi atau deskripsi tentang blog, dimana meta deskripsi adalah point penting agar artikel Anda muda terindeks oleh mesin telusur. Hal ini juga, sangat penting bagi Anda Sebagai blogger baru, agar artikel Anda mampu menarik banyak pengunjung. 

Namun, tidak semua blogger jeli dalam melihat peluang ini dan biasanya mereka kurang mengoptimalkan Meta deskripsi mereka.

Nah ! Bagi Anda yang ingin mengisi dan mengaktifkan meta deskripsi, silahkan Anda masuk di pengaturan/Setting > Deskripsi/Search Perferences, selanjutnya isi kolom deskripsi dengan kalimat yang menggambarkan isi blog Anda.

2. Terlalu Sibuk dengan Tampilan

Kesalahan selanjutnya adalah mereka terlalu sibuk dengan tampilan blog. Memang tampilan blog penting tapi, bukan berarti Anda bebas gonta-ganti template. Jika ada modal tidak ada salahnya Anda menggunakan template premium yang responsif ''nggak lambat loading''. Hal ini juga memudahkan pengunjung untuk mengakses blog Anda. 

Bagi Anda yang tertarik mengganti template bawaan menjadi template premium yang resposif silahkan Klik disini. Contohnya Saya menggunakan template premium Viomagz terbaru dan responsif (bisa Anda klik disini untuk melihat kecepatan akses blog saya).

Namun, tampilan blog bukanlah sepenuhnya komponen yang membuat blog Anda populer dan banyak diminati. Akan tetapi, Anda juga perlu meningkatkan kualitas konten yang disajikan.

3. Banyak Membaca Info tapi Kurang Pengalaman

Rata-rata blogger pemula saat awal-awal membangun blog, mereka memiliki semangat yang tinggi baca ini ! baca itu ! Hingga terlalu banyak ide dan akhirnya bingung ide siapa yang akan dipraktikkan. 

Tentu banyak ide memang bagus ! Namun, alangkah baiknya sedikit ide tapi banyak praktik daripada banyak ide tapi Anda tidak bisa menggunakannya sama sekali.

Contohnya, artikel ini ''Saya tulis dengan beberapa ide saja dan menambahkan beberapa pengalaman dibantu dengan search kecil-kecilan di google untuk penguatan''.

4. Telalu Sering Melihat Statistik Blog

Statistik blog adalah bagian terpenting dalam memantau perkembangan blog kita. Namun, kesering an melihat statistik blog tentu tidak akan meningkatkan jumlah pengunjung. Yah ! namanya juga penasaran. 

Nggak ada salahnya jika hanya sekali-kali ''Boleh Kok'' yang penting Anda tidak banyak membuang-buang waktu di sini.

Contohnya : Saya biasa melihat statistik blog jika sudah memposting artikel terlebih dahulu.

5. Tidak belajar SEO (link)

Jika blog hanya tempat mengisi catatan harian dan curhatan saja maka, Anda tidak perlu belajar SEO. Apa itu SEO ?

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimalkan blog Anda agar berada di halaman utama google. Tentu hal ini sangat penting untuk mendatangkan pengunjung yang banyak. Jika tertarik maka mulailah belajar SEO.

Kesimpulan :
Menjadi seorang blogger baru tentu adalah hal yang susah-susah gampang, apalagi baru meraba-raba di dunia blog. Untuk itu, sebagai seorang blogger nggak boleh malas menulis. Karna menulis dan memposting artikel adalah inti menjadi seorang blogger. Jangan Mudah Malas.

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.