Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Selamat datang di era modern - saat ini berbagai kegiatan harian kita sudah banyak dilakukan di internet. Salah satunya profesi/pekerjaan menjadi seorang blogger yang sedang populer. Apalagi saat-saat kondisi Covid-19, banyak orang menghabiskan waktu dirumah dengan mengisi waktu mereka di depan layar komputer. Termasuk saya sebagai penulis artikel.

Sebenarnya profesi menjadi seorang blogger sudah ada sejak lama. Namun, akhir-akhir ini profesi menjadi seorang blogger sedang naik daun. 

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan profesi sebagai seorang blogger. Tidak ada salahnya Anda mencoba membuat blog untuk menyalurkan hobi atau hanya sekedar mengisi waktu kosong Anda. 

OK ! Setelah Anda memiliki blog baru, tentunya kita perlu mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan bagi blogger pemula :

Simak !

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

1. Terlalu Fokus pada Uang

Hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan, tentunya kita mencari pemasukan dibalik pekerjaan tersebut. Memang profesi seorang blogger sangat menjanjikan untuk berpenghasilan besar. 

Namun, jika sudah fokus soal pemasukan biasanya blog yang kita buat kadang kurang berkualitas. Untuk itu sebagai seorang yang baru terjun di dunia blog, point pertama yang harus di pegang bagi blogger adalah isi konten apakah artikel kita sudah bermanfaat dan dicari banyak orang.

Mungkin hasilnya akan berbeda jika Anda bekerja untuk belajar daripada Anda bekerja untuk uang. Silahkan dicoba. atau Anda bisa membandingkan Postingan lama saya klik disini dengan postingan terbaru saya klik disini.

2. Kurang Fokus pada Kualitas Blog

Pembuatan konten yang tidak berkualitas atau asal-asalan. Yang penting Mah ! Sering Upload... Tentu ini akan membuat pengunjung tidak betah di blog. Hal ini seperti Anda memiliki rumah yang tidak memberi kenyamanan bagi pengunjung. Perlu diingat bahwa Google bisa mendeteksi berapa lama pengunjung berada di blog Anda.

Namun, bukan berarti Anda membuat artikel yang berkualitas dan sangat menarik, tapi tidak konsisten upload artikel. Yah ini juga keliru...

3. Tidak Memiliki komunitas Blogger

Sebagai blogger pemula tanpa komunitas biasanya mereka agak kesulitan membaca situasi di dunia blog. Mengapa ? karna tidak ada tempat bertanya untuk mereka mengatasi masalah yang ditemui di blog. Selain itu, komunitas seperti Facebook, Whatshap, Twiter dan sosmed lainnya bisa saja menarik pengunjung. 

Jangan pernah merasa terbaikan sebagai blogger baru. Anda bisa gabung di salah satu komunitas kami klik disini. Semoga kami bisa membantu

4. Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Kebanyakan blogger pemula biasanya langsung memposting artikel dan mereka beranggapan ''yang penting sesuai pemikiran'' Entah itu hobi, pengalaman, ataupun info lainnya. Memang ada benarnya kita memposting apa yang telah terpikir. Namun, hal ini bisa juga menjadi bumerang dalam mengurangi kualitas dan point penting artikel Anda.

Untuk itu, sebelum Upload artikel Anda bisa melakukan riset kata kunci/riset keyword. Mengapa ? Karna dengan kata kunci yang pas untuk artikel Anda, tentu membuat blog Anda akan mudah ditemukan di mesin pencari Google. Selain itu Anda dapat memperkuat point-point penting dalam artikel.

5. Niche blog yang Kurang Tepat

Bagi Anda yang sedang membangun blog, terlebih dahulu Anda harus menggali beberapa info-info yang bisa menjadi niche/topic blog, dimana niche blog ini adalah penentu arah blog Anda akan berkembang. Ketika Anda sudah fokus dengan satu niche, blog Anda akan berpeluang lebih disukai Google. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengunjung yang setia.

Namun, ada juga kok ! Blog yang membahas banyak niche dan berhasil mendapatkan iklan adsense. Lalu, gimana cara menetukan niche blog yang benar klik disini.

Catatan :
Menjadi seorang blogger tentu sangat menyenangkan jika ingin berbagi. Maka selayaknya Anda berbagi karya yang membawa pengaruh positif bagi banyak orang di dunia maya. 

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.