Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Tipe Artikel yang Paling Banyak Dicari di Internet

  Mengenal dunia tulis-menulis di internet tentunya kita akan bertemu dengan istilah ngeblog. Ngeblog sendiri merupakan istilah orang indonesia dari kata blogging. karya tulis yang diposting di internet cukup beragam dan juga memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda pula.

Perbedaan yang paling mencolok dari blog yang satu dengan blog yang lainnya adalah Seni mereka dalam penulisan artikel. Apakah mereka menulis dengan setulus HATI atau mungkin mereka menulis karna ada udang dibalik batu.

Namun, Karya tulis di internet atau artikel di blog kita kadang ramai dan kadang juga nggak ramai dikunjungi. Entah blog dikunjungi ratusan ribu dalam sehari atau 10 kali dalam sehari dan mungkin juga dikunjungi oleh satu orang yaitu diri kita sendiri ''maklum blog baru''.

Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui dan mempelajari hal apa yang paling banyak dicari dan dibutuhkan orang/visitor di google. Dengan itu potensi vistor/pengujung yang didapatkan menjadi semakin besar dan itu berdampak pada penghasilan sang penulis konten yaitu Anda.


Berikut daftar artikel yang paling berpotensi dan paling dicari orang di internet :

12+ Tipe Artikel yang Paling Banyak Dicari di Internet

1. What This ? => Artikel yang menjelaskan tentang sesuatu

Jenis pertama yang paling dicari adalah artikel What This ? Atau Apa ini ?. Tentunya sudah tidak asing lagi bahwa wikipedia adalah yang nomor satu dalam hal pencarian di Google. Sebagai situs perpustakaan/ensiklopedia terbesar yang sukses menarik banyak pengunjung termasuk orang indonesia adalah penyumbang terbesar pertama dalam pencarian di wikipedia.


Tentu hal ini cukup menjajikan ? Apalagi sudah diketahui bahwa orang Indonesia banyak melakukan pencarian seperti Apa Ini ? Tentu ini juga menggambarkan bahwa rata-rata orang indonesia banyak tanya tentang sesuatu dibandingkan negara lain.

Lalu, Apa alasan situs Wikipedia bisa sesukses ini ? Pertama situs wikipedia sudah ada sejak tahun 2003-an dan jumlah artikel mereka sampai sekarang adalah 515.974 Artikel dan masih bertambah. Mustahil diikuti bukan !

Namun, masih ada kok! Rahasia sukses situs wikipedia selain di atas, dimana rahasia tersebut adalah mereka fokus menjelaskan tentang sesuatu secara lengkap dan mendalam. Yang mana pencarian ini sangat pupuler dan banyak dicari orang.

Anda mungkin bisa membuat artikel yang serupa dangan fokus menjelaskan tentang sesuatu secara lengkap dan mendalam. Mengapa ? Karna hal ini adalah peluang bagi Anda dalam menarik perhatian Google dan secara tidak langsung Anda telah membantu banyak orang. Khusunya pengunjung/visitor di indonesia. 

2. How To... => Artikel Cara Melakukan ini...

Artikel yang satu ini lebih dikenal sebagai artikel tutorial contohnya seperti artikel tentang bagaimana cara... beberapa cara... dan sebagainya. selain itu, artikel tutorial juga tidak kalah populer dengan tipe artikel di atas. Dimana, saat seseorang telah menemukan pengertian tentang sesuatu tentu mereka akan mencari lagi bagaimana cara melakukannya.

Misalnya Anda mencari defenisi blog dan Anda temukan. Maka Anda akan mencari lagi jalan dan petunjuk bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar. Secara sederhana Artikel How To... adalah lanjutan Artikel What This ?.

Contoh artikel cara melakukan ini... Anda bisa lihat dengan klik disini.

Memposting artikel tutorial cara melakukan sesuatu bisa membuat blog Anda kebanjiran pengunjung/visitor dan ada baiknya jika memunginkan Anda bisa memasukkan unsur video tutoriaknya. Agar penjelasan artikel Tutorial Anda lebih detail dan mudah dipahami.

Sebagai tips agar Anda dapat menguasai jenis tulisan ini adalah dengan mencoba mempraktekkannya secara langsung, kemudian meceritakannya. sehingga, kesannya tidak di ada-ada.

Namun, jika Anda hanya sekedar copas dan spin Artikel. Maka, kemungkinan besar pengujung akan merasa kecewa dan dampaknya Anda bisa dicap sebagai plegiat.

3. Tips dan Trick => Artikel Seputar Tips dan Trik

Jenis artikel selanjutnya yang cukup populer di internet adalah Tips dan Trik mengerjakan sesuatu. Secara sederhana Artikel tips dan trik adalah artikel yang mengulas cara cepat mengerjakan sesuatu dengan instan. Karna fokus artikel lebih ditujukan bagi orang/visitor yang tidak mau repot-repot dan membutuhkan waktu lama mengerjakan sesuatu. 

Misalnya saat seseorang ingin ujian sekolah atau ujian masuk perguruan tinggi. Tentu kebanyakan dari mereka akan mencari tips trik menjawab soal dengan mudah atau mereka mencari cara belajar yang cepat dan efektif dalam mengahadapi ujian. Hal ini juga berlaku di dunia kerja seperti cara tips dan trik mudah diterima wawancara kerja.

Dalam dunia Blog sendiri banyak orang mencari tips agar blog cepat terindeks google atau tips trik agar artikel berada di halaman pertama pencarian google.

Selain itu, kata tips dan trik sendiri memiliki kekuatan sugesti dalam menarik pengunjung. Jika, Anda menambahkanya dalam judul artikel kemungkinan besar orang akan tertarik karna mereka penasaran dengan tips trik Anda sajikan. kualitasnya pun tergatung dari pengalaman belajar Anda.

4. Bucket List => Artikel daftar

Artikel selanjutnya adalah artikel list atau artikel yang disusun berdasarkan tipe, jenis ataupun berdasar kategori. Artikel ini juga dikenal dengan sebutan artikel Listicle yang merupakan kombinasi antara istilah kata "list" dan "article", istilah ini sendiri berarti artikel dalam bentuk daftar. Dimana disetiap bagianya penulis akan menjelaskan deretan point-point artikel. 

Artikel ini sudah banyak kita jumpai di internet, hal ini mengungkapkan bahwa artikel jenis Bucket List memiliki jumlah peminat yang sangat tinggi. Contoh artikel Bucket List Anda bisa klik disini.

Lalu, Apakah penulisan artikel Listicle/Bucket List susah ?

Menurut saya Artikel bucket list terbilang gampang-gampang susah. gampangnya kita mudah membuat list atau point-point artikel dengan mudah dan bagian susahnya adalah cara kita menjelaskan list-list artikel. Hal ini saya alami saat menulis artikel ini. 

Jika, Anda tertarik menulis artikel jenis ini. Saya menyarankan satu tips agar artikel Anda bisa menang bersaing, caranya adalah Anda memberikan daftar lebih banyak dari pesaing. Misalnya pesaingnya memposting 7 tips maka Anda memposting 10 tips. Sederhana Bukan !

Terdengar melelahkan ! Tapi para Natizen/Visitor banyak yang menyukainya. Bahkan mereka akan membookmart artikel Anda jika terbilang lengkap dan hal ini akan memberikan signal kepada google bahwa konten blog Anda relevan.

5. Facts and Myths => Artikel Mitos dan Fakta

Tipe ke lima bisa dianggap artikel yang mengguggah minat baca para pengunjung. Mengapa ? Karna pembahasannya cukup menarik dan mengundang rasa penasaran yang tinggi. Misalnya Mitos bahwa hewan seperti kucing memiliki 9 nyawa, tentu banyak orang penasaran dan al hasil mereka akan mencari kebenarnnya. 

Pada sisi lain Anda bisa menulis fakta mengapa kucing dianggap memiliki 9 nyawa. Orang yang penasaran dengan fakta dan mitos tersebut akan terus mencari di internet, menggali berbagai info sampai mereka merasa puas. Rasa penasaranlah kunci dari niche ini dalam menarik visitor.

Selain itu, Anda bisa membuat sebuah grup/komunitas khusus di sosmed yang membahas seputar fakta dan mitos, dimana Anda akan membuat mitos dan fakta tertentu. Kemudian dengan pembahsan tersebut Anda menjawab rasa penasaran mereka dengan mengarahkan mereka ke blog Anda sendiri. 

6. Odd => Artikel Membahas hal yang tidak Biasa

Terdengar mirip dengan bagian ke 5 di atas dan yang membedakannya adalah Artikel Odd lebih kepada kejadian aneh dalam tatanan sosial. Entah itu unik, asing, ekstra, ganjil dan sebagainnya. Artikel ini juga sudah banyak di ulas dan artikel odd tentu memiliki keistimewaannya tersendiri.

Terlepas dari baik atau tidaknya artikel odd. Kemungkinan banyak orang yang membaca judul artikel odd akan mengerutkan dahi dan Berpikir ''Koko bisa, Apa Mungkin''. Oleh sebab itu  orang akan tertarik dan meluangkan waktu untuk membaca.  

Salah satu contoh judul artikel Odd adalah seperti ''Setelah ia dinyatakan hilang 5 tahun lalu, shari ini ia baru di temukan''. Artikel jenis ini juga biasanya musiman.

7. Free => Artikel Tentang Download Gratis

Kata free sendiri di Google bernilai 18 Miliyar lebih halaman pencarian sedangkan kata gratis di Google hampir 4 miliyar halaman pencarian. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa banyak orang yang menyukai gratisan atau free entah itu gratis download software, aplikasi, foto, video ataupun script lainnya. Walaupun, kita bebas download yang gratisan sana sini.

Namun, pada dasarnya apa yang kita download dan kita posting kembali. Kemungkinan postingan tersebut bisa kena klaim hak cipta apapun itu jika tidak ada konfirmasi dari situs resminya. Selain melanggar undang-undang dampaknya juga bisa merugikan orang lain.

Lalu, apa saja artikel yang dapat dibagikan di blog secara gratis tanpa kita takut kena blacklist ?

Ada banyak kok ! yang penting Anda kreatif. Artikel yang mengusung konsep gratis. Misalnya :  Download ebook gratis belajar Ngeblog, atau cara optimasi SEO dengan mudah dan gratis. Yang namanya gratisan tentu banyak orang terggiur, apalagi tulisannya cara mendapatkan Backlink gratis ''saya juga mau''.

8. Different => Artikel yang Berbada dengan Lainnya

Tampil beda tidaklah selalu buruk dan salah tapi merasa selalu benar baru itu salah. Beberapa orang telah berhasil sukses dengan rasa percaya diri dengan tampil beda. Anda pun juga bisa seperi mereka : misalnya Anda seorang penulis di blog dan Anda saat itu ingin tampil beda agar orang-orang tertarik dengan blog Anda. Maka, jawabanya adalah Anda menjadi diri Anda sendiri. 

Tidak sedikit artikel yang memliki konsep different atau berbeda yang justru mendatangkan banyak pengunjung di internet. Mengapa ? Karna belum ada artikel yang sama dibuatnya. Orang-orang pun penasaran dan senang dengan hal baru.

Contoh kecilnya Seorang yang gemar membahas dan menyajikan hal-hal berbau humor dan jenaka bisa sukses besar. Siapkah Tokoh ini ? Tidak lain adalah Raditya Dika seorang penulis yang tampil beda dan berhasil sukses besar dengan dunia blognya. Jalannya pun banyak diikuti para blogger lainnya. 

9. Entertainment => Artikel Hiburan

Sebuah jenis artikel yang membahas hal-hal populer dan ter-update entah itu seputar dunia poltik atau kehidupan para artis. Jenis blog yang membahas kehidaupan artis jumlahnya juga cukup banyak. Entah penulis kepo atau mungkin banyak orang/visitor penasaran. Ini yang membuat banyak natizen riuh di medsos.

Artikel jenis Entertainment lebih mengusung konsep yang bersifat skandal, gosip dan kehidupan. Banyak dari kita mengisi waktu kosong dengan mengomentari kehidupan orang lain. Cukup tragis bukan ! Yang namanya juga peluang.

Menurut saya pribadi, Saya nggak menyarankan artikel jenis ini kecuali, konsepnya mengusung pada prestasi, kemajuan dan manfaat positif yang tidak menjatuhkan nama orang lain. Cari aman aja ! Anti Gosip.

10. News Update => Artikel Seputar Berita Terbaru

Tipe artikel yang satu ini terbilang jarang dimainkan oleh para blogger. Jenis tulisan seperti news update kebanyakan di geluti oleh perusahaan-perusahaan media/berita yang memiliki sumber daya besar. 

Artikel News Update lebih di peruntuhkan kepada para pengunjung yang selalu ingin up-to-date. Artikel jenis ini juga saya nggak begitu menyarankan khususnya bagi Anda yang baru Ngeblog. 

Saingannya berat bro ! Walaupun bisa bersaing, tapi itu sulit. itupun jika beruntung Anda bisa menang tipis-tipis dan mendapatkan beberapa visitor.

11. Review => Artikel yang Mengulas Barang

Artikel yang tak kalah populer dari yang lain yaitu review barang. Ketika seseorang membeli suatu barang entah itu materi atau nonmateri, tentu hal pertama dilakukan adalah mencari tau kualitas barang tersebut. Apalagi barang tersebut adalah produk terbaru, hal ini dilakukan konsumen untuk mengihindari kekecewaan di kemudian hari.

Terkait artikel jenis review, tentunya kita akan mengulas keunggulan dan kekurangan barang atau tepatnya spesifikasi barang. Jika, Anda ingin membuat artikel sejenis ini, hal pertama yang harus dipahami adalah Anda harus benar-benar sudah melakukan review secara detail. Agar kesanya tidak di buat-buat.

Namun, untuk saat ini menurut saya bagi para blogger pemula di tahun ini, tahun 2020. Mungkin Agak berat bagi kita untuk bersaing di page pertama google. Mengapa ? Google tau apa yang di butuhkan orang dipencarian seputar barang.

Misalnya : kita ingin mencari review smartphone atau harga smartphone. Tentu yang muncul adalah tokopedia, bukalapak, shoope, dan lainnya. Hal ini banyak terjadi karna menurut google seseorang mencari jenis barang biasanya mereka akan membeli maka toko onlinelah solusinya. 

Sulitnya lagi di artikel jenis ini kita harus betul-betul paham dengan detail spesifikasi barang. Jika hanya asal-asalan melakukan review. kemungkinan banyak orang terjerumus dengan kesalapahaman. Namun, terkecuali jika Anda seorang pemilik toko atau distributor. Yah ! Anda layak memposting artikel jenis review.

12. Fashion => Artikel Seputar Gaya Hidup

Selanjutnya yang cukup populer adalah artikel yang mengulas kombinasi gaya dengan desain dan ini dikenal sebagai Fashion. Fashion sendiri berhubungan dengan hal-hal yang trend di masyarakat entah itu pakaian, sepatu, aksesoris ataupun gaya hidup. 

Artikel tipe Fashion juga lebih banyak menarik pengujung khususya para remaja. Gimana caranya berpakain yang trend yah ! 

Artikel jenis Fashion pun banyak sekali tersebar di internet entah itu Fashion dari barat, dari timur atau gaya berpakain ala-ala kebarat-baratan. Tentu hal ini sangat mudah ditemukan di internet. 

Jika, Anda ingin mengambil niche seperti ini, ada baiknya Anda sebagai penyaring ! yang mana layak dijadikan Fashion anak muda jaman sekarang. Bukan Semuannya diikuti tanpa pikir. Artikel jenis ini secara tidak langsung akan membentuk bagaimana masa depan anak muda Indonesia. Kita menentukan baik tidaknya. 

Catatan :

Itulah beberapa tipe artikel yang banyak di jumapai di internet. Nah, Niche mana Anda geluti saat ini ? terlepas dari blog Anda Nichenya spesifik ataupun campuran/gado-gado, semua jenis artikel di atas bisa di satukan dalam satu postingan Kok ! lebih baik juga jika artikel Anda dilengkapi dengan gambar dan video. Agar lebih menarik.

Namun, Jika Anda masih bingung menentukan Niche blog, Anda bisa mempelajarinya dengan klik Disini Cara Memilih Niche Blog yang Benar.

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.