Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Website Gratis - Terbaru dan Terlengkap

Saat ini kita sudah berada di era digital, Yah ! yang namanya zaman udah berubah dari manusia dahulu menulis di depan batu dan sekarang kita manusia sudah menulis di depan komputer.

Sebuah hal yang nggak bisa dipungkiri bahwa hampir semua kebutuhan akan kita cari di internet. Ada penyedia ada penerima, Ada barang ada pembeli dan ada penulis ada pembaca.

Anda dan saya atau siapapun tentu akan menjadi salah satu diantara kedua hal di atas entah Anda penulis atau pembaca.

Memiliki sebuah website merupakan keharusan bagi setiap orang yang hidup di era digital dewasa ini. Entah Anda seorang pebisnis besar atau pemula atau mungkin ingin mendapatkan penghasilan lewat internet.

Nah ! inilah jawaban yang tepat mengapa memiliki website sangat penting di era ini :

- Website adalah tempat promosi yang mudah dan menyeluruh (Apalagi Anda pebisnis).

- Website tidak pernah tidur (Bisnis Anda bisa diakses 24 jam/full time).

- Website bisa diakses dimana saja dan kapan saja (kecuali daerah terpencil/no akses internet).

Secara pribadi memiliki sebuah website/situs web tentu memiliki beberapa manfaat sbb :

- Media berbagi seperti menyelesaikan masalah atau tempat curhat.

- Pengembangan diri khususnya kreativitas menulis.

- Menambah ilmu dan bertemu dengan teman baru dan bahkan Anda bisa terkenal heheheee..

Terakhir Anda bisa berpenghasilan dengan modal yang minim dan bahkan bisa gratis.

Lalu, gimana cara untuk membuat/buat Website secara gratis :

Cara Buat Website Gratis - Terbaru dan Terlengkap

1. Menentukan Nama Website


Menentukan nama Website adalah komponen utama dan pertama bagi Anda untuk memperkenalkan diri di internet. Tentunya hal ini memiliki dampak besar bagi perkembangan website dan identitas Anda di dunia maya.

Lalu, Gimana cara menentukan nama website dengan baik dan benar !

Nama Website yang Berkesan

Sebuah nama yang baik tentu memiliki kesan tersendiri atau kesan pertama yang mudah diingat, misalnya saja nama Anda memiliki kesan yang mudah diingat dan memiliki makna tertentu. Tak terkecuali website Anda memerlukan nama baik.

Usahakan nama situs atau website yang Anda bangun mudah diingat dan tidak memiliki simbol-simbol yang tidak penting. Nama yang sederhana dan mudah diingat akan memudahkan pengunjung kembali ke website Anda.

Contohnya website Saya menggunakan nama Hicul yang hanya terdiri lima huruf saja. Mudah di ingat. Sekilas : H artinya History atau sejarah dan icul sendiri nama kecil saya dari teman-teman kampus. Jadi, Hicul adalah sejarah atau kisah saya di internet. Sederhana bukan !

Anda juga bisa kok ! Melakukan hal yang serupa dengan menggunakan nama, kota, hobi ataupun perusahaan untuk nama website. Yang penting nggak kepanjangan. Seperti Duniacarabelajar.blogspot.com, Belajarislamdarinol.wordpress.com dan namaa lainnya.

Kan ! repot mengejanya apalagi ingin diketik tentu kepanjangan. Kecuali, Anda bisa kreatif menentukan nama website seperti website/blog besar seperti strukturkode.blogspot.com dan buka.rahasia.blogspot.com. Terlihat nyambung dengan domain belakangnya dan isi blognya juga sesuai topik.

Selanjutnya - Eksistensi yang tepat untuk website Anda atau domain (nama belakang sesudah nama utama). Ada beberapa eksistensi domain yang Anda bisa gunakan sbb :

- .com : domain yang paling banyak digunakan atau terpopuler. Domain .com digunakan untuk keperluan website komersial atau perusahaan. Tak terkecuali Anda bisa mendapatkannya dengan harga berkisar Rp125.000 per Tahun.

- .id : domain yang berbasis/berada di indonesia dan bersifat lebih personal. Harganya pun cukup mahal yaitu Rp200.000 per Tahun.

- .net : domain yang berbasis jaringan, organisasi ataupun institusi tertentu. Harganya berkisar Rp155.000 per Tahun.

- .org : domain yang banyak digunakan dalam komunitas, lembaga, forum, sekolah ataupun organisasi nirlaba. Harga berkisar Rp175.000 per Tahun.

- .xyz : domain yang terbilang baru karna permintaan domain yang banyak. Maka, domain ini menjadi tambahan dari banyaknya domain lain. Domain ini banyak digunakan untuk website ataupun blog pribadi. Harganya pun sangat terjangkau yaitu berkisar Rp15.000 per Tahun.

- .my.id : domain saya. Jenis domain ini diperuntukan untuk website personal, seperti blog pribadi. Harganya juga terjangkau bagi Anda yang baru mengenal dunia website. Harga berkisar Rp25.000 per Tahun.

Itulah beberapa jenis domain yang bisa Anda gunakan untuk membangun website. Tentukan dan sesuaikan nama website Anda agar perkembangannya lebih terarah. 

Note : Terdapat dua bagian dalam domain yaitu SLD dan TLD. SLD (second level domain) adalah nama depan website dan TLD (Top Level Domain) adalah nama belakang website. Contohnya Facebook.com dan Google.com. Dimana SLDnya : Facebook dan Google sedangkan TLDnya : .com.

2. Menentukan Jenis Website


Sebelum Anda menentukan jenis website, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu blog dan website. Mengingat apakah Anda ingin membuat blog ? atau Anda ingin membuat website ? Inilah pertanyaan yang sering muncul bagi pemula dan masyarakat awam. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya kedua hal ini sama ! 

Lalu, apakah blog bisa disebut sebagai website ?

Secara sederhana, website merupakan istilah umum yang digunakan masyarakat dalam menyebutkan semua situs web yang ada di internet. Seperti www.google.co.id, www.facebook.com, www.hicul.my.id, ataupun www.youtube.com termasuk juga wordpress.com dan blogspot.com.

Terlepas dari semua tipe website yang ada di internet. Blog adalah salah satu tipe/jenis website yang paling populer di Indonesia dan sangat mudah dikenali oleh kebanyakan orang indonesia. Umumnya website ini dianggap sebagai website pribadi.

Bingung apa itu website !

Gambaran sederhannya seperti semua kucing adalah hewan, tapi tidak semua hewan adalah kucing. Sama halnya semua blog adalah website, tapi tidak semua website adalah blog. Jadi, bisa dibilang blog atau blogspot adalah salah satu jenis website diantara ribuan jenis webstie yang terus bertambah.

Selengkapnya jenis-jenis website yang ada di internet :

Website Pribadi atau blog
Jenis website yang ditujukan untuk kepentingan pribadi atau identitas online seseorang. Website ini biasa digunakan untuk menyalurkan hobi, sharing pengalaman, mereview produk atau sekedar tempat menyalurkan karya tulis.

Website Pendidikan atau sekolah
Jenis website yang fokus pada kegiatan berupa pendidikan ataupun kegiatan sosial yang ada di sekolah. Biasanya menggunakan TLD ac.id dan TLD .edu pada tingkat universitas. Hari ini sudah banyak sekolah yang memiliki website untuk mempermudah akses informasi. Contoh sekolah saya SMAN 3 PINRANG.

Content marketing atau ngeblog
Jenis Website ini selalu memberikan informasi yang up-to-date. Konten website berisikan tutorial, tips-trik dan target pertama mereka adalah pageone google. Blog biasa dikelolah oleh satu dua orang atau lebih dan biasa juga dikelolah oleh perusahaan-perusahaan tertentu. Contoh blog yang dikelolah secara pribadi : www.hicul.my.id dan blog/website yang dikelolah perusahaan : www.niagahoster.co.id.

Website E-Comerce atau toko online
Jenis website yang digunakan dalam berjualan online. Seperti penjualan barang semisal baju, sepatu, celana, barang elektronik dan semua barang yang bisa diuangkan. Contohnya yang ada di Indonesia : www.shopee.co.id dan www.bukalapak.com. Adapun di skala internasional : www.amazon.com dan www.ebay.com.

Website Instansi atau lembaga pemerintah
Website yang banyak digunakan untuk keterbukaan pemerintah ''mungkin'' khususnya informasi publik. Biasanya berisikan info uraian kegitan dan transparansi anggaran ''mungkin''. Pada TLDnya biasa menggunakan .go.id, .org dan .gov. Contoh kecilnya : www.kemendikbud.go.id dan www.kominfo.go.id.

Website Berita atau Informasi
Website yang sesuai dengan namanya sudah bisa ditebak. Yap ! Website yang selalu menyajikan info terbaru seputar teknologi, bisnis, politik, sosial, investasi dan masih banyak lagi (sesuai trend). Contoh website seperti ini tidak lain : www.kompas.com, www.tribunnews.com dan sejenisnya. Terlepas dari itu Anda juga bisa mendaftarkan website, yang Anda peruntukan khusus berita di google news.

Website Komunitas atau forum
Jenis Website yang diperuntukan untuk komunitas tertentu. Website ini adalah tempat diskusi dan tempat jual beli ataupun sekedar berbagi info entah itu penjualan, motor, hobi, pekerjaan dan sebagiannya, ini semua tergantung dari komunitas itu sendiri. salah satu contohnya komunitas pembaca online goodreads.com.

Website/Media Sharing
Jenis website yang berskala besar/intenasional yang bertujuan menghubungkan semua orang di internet khususnya dalam hal berbagi. Seperti berbagi foto, cerita, video dan file lainnya. Contohnya Youtube, twitter, facebook, whatsapp dan sejenisnya.

Website Cloud
Sejenis website yang menyediakan layanan penyimpanan data pribadi atau data tertentu di internet. Penyimpanan online ini bisa berupa Foto, Video, PDF, suara, dan dokumen lainnya. Contoh website yang menyediakan layanan ini yaitu mediafire, google drive, iCloude, One Drive dan sejenisnya.

Website Search Engine
Terakhir Website tertua dan asal mula website muncul yaitu website yang digunakan untuk mencari berbagai informasi sesuai dengan kata kunci tertentu. Contohnya Google, Bing, Baidu, Yahoo dan sebagainnya.

Itulah, berbagai website yang ada di internet. Anda bisa menentukan jenis website yang ingin dibuat. Apakah untuk bisnis besar, bisnis kecil-kecilan atau hanya sekedar menyalurkan bakat dan hobi di internet.

3. Pilih Blogspot atau Wordpress


Menentukan dan membandingkan Blogspot.com dan WordPress (.org dan .com) yang saat ini Anda masih ragu memilih mana yang terbaik. Anda bisa simak ulasan kami, mana platform yang cocok untuk website Anda :

Selengkapnya kelebihan dan kekurangan dari kedua platform ini

Dari Segi Tampilan

Wordpress
Keuntungan dari pengguna wordpress adalah tersediannya ribuan template/thema yang menarik dan populer dari yang gratis sampai berbayar. Anda tinggal pilih kategori yang sesuai dengan website kalian. misal kita ingin membangun website berita, kuliner, fotografi, atau sekedar tampilan biasa untuk diary, semuanya tersedia dengan lengkap.

Anda tinggal pilih di repository template WordPress, lalu install dan aktifkan/terapkan ke website kalian. Sehingga website kalian terlihat fleksibel dan profesional.

Blogspot
Lain halnya dengan blogspot - Apalagi kita baru belajar ngeblog, pasti kalian akan menggunakan template/thema bawaan blogspot yang pilihanya masih sangat sedikit ketimbang wordpress dan bahkan tampilan blogger udah agak ketinggalan zaman.

Namun, jangan kahwatir kalian bisa mengganti template bawaan blogspot dengan mesearch di google dan mencari template yang sesuai selera, tersedia kok ! banyak template dari yang gratisan sampai berbayar. Akan lebih baik jika Anda menggunakan berbayar, Why ! Saat ini kita perlu bersaing di internet.

Caranya pun cukup mudah untuk mengganti template. Pertama masuk ke Tema kemudian, pilih Edit HTML lalu, pastekan kode pemrograman template yang sudah kalian download. ''kodenya bisa Anda normalkan dulu di Notepad''.

Note : Pada dasarnya dari segi tampilan kedua platform ini memiliki keunggulannya masing-masing. Di worpress kita sangat mudah menentukan template di pengataruan bawaannya sendiri sedangkan di blogspot kalian memerlukan sedikit usaha untuk mencari template di berbagai website tertentu. Yap ! dari segi tampilan awal wordpress lebih unggul.

Dari Segi Kontrol

Wordpress
Pada bagian kontrol wordpress memiliki sistem yang open source, Sehingga hal ini memudahkan penggunannya dalam menambahkan fitur baru tanpa menguasai pemrograman. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menginstal plugin sesuai jenis fitur yang dibutuhkan.

Kelengkapan fitur, tool dan opsi yang disediakan wordpress memudahkan penggunanya dalam memanejemen website. Platform ini juga menyediakan tool untuk mengimpor konten dari platform website lainnya. Contohnya Anda bisa berpindah dari Blogger ke WordPress. 

Blogspot
Beda dengan wordpress - Blogspot bersifat hosted, sehingga kepemilikan website tidak 100%.  Karna bukan milik pribadi maka kita tidak memiliki kontrol penuh dalam mengelolah website. Alhasil ada banyak keterbatasan salah satunya permaklink yang bersifat default artinya kita tidak bisa membuat struktur permalink sesuai keinginan.

Walaupun blogspot memiliki keterbatasan fitur-fitur daripada wordpress. Tapi ini sudah cukup kok ! Untuk digunakan bersaing di duni maya. Apalagi baru mengenal website. Buktinya saya sendiri sudah berhasil tampil di pageone google lewat optimasi SEO dari blogspot. 

Note : Dari segi kontrol wordpress jauh lebih unggul ketimbang blogspot. Namun sebagai pemula blogspot adalah penyedia website yang bagus. Karna pengaturannya yang terbilang mudah daripada wordpress. Selain itu Anda juga bisa  berpindah ''mengimpor konten'' dari blogspot ke wordpress lewat pengaturan wordpress sendiri.

Tingkat Keamanan

Wordpress
Keberadaan wordpress yang bersifat open-source merupakan salah satu penyebab isu, mengapa banyak hackers mengincar website ini.

Namun, tidak perlu khawatir karna wordpress sendiri telah menyediakan layanan keamanan website yang dapat diatur dan dikelola langsung oleh Anda. Pengaturan ini bisa Anda lakukan secara manual atau dengan menginstall plugin keamanan yang gratisan sampai berbayar. Tapi, hal ini hanya berlaku di wordpress.org sedangkan wordpress.com kemanannya dikelola langsung oleh WordPress sendiri.

Selain itu, WordPress.org selalu melakukan update rutin untuk mengamankan website Anda secara maksimal. Dengan catatan, Anda tidak memasang plugin/aplikasi pihak ketiga yang sumbernya nggak jelas.

Blogspot
Dari segi keamanan - Blogspot sendiri telah di-support langsung oleh google. Sehingga, tingkat kemanan di website Anda tidak diragukan lagi, dengan catatan Anda tidak menyalahi aturan google. Selain itu, jarang kok ada kasus atau isu hacking dalam dunia blogspot. 

Hanya saja pengaturan sistem keamanan blogspot yang notabenenya default yang bersifat closed platform atau tidak bisa di-custom sesuai keinginan. Yah ! Ini nggak perlu dipusingkan yang penting website kita tetap aman.

Biaya Pengeluaran Awal

Wordpress
Sebalum membahas biaya pengeluaran untuk website. Alangkah baiknya kita melakukan perbandingan  antara wordpress.com dengan wordpress.org. Karna kedua platform ini memiliki biaya pengembangan yang berbeda.

Wordpress.com - Khusus wordpress.com dibagian pembuatan website Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Cukup membuat akun di wordpress.com kemudian menentukan nama subdomain (namawebsite.wordpress.com) pilih template sesuai kebutuhan dan Anda bisa langsung upload artikel. Tapi, yang namanya gratisan tentu terbatas.

Misalnya penyimpanan awal 3 GB. Anda bisa beralih ke penyimpanan yang lebih besar dengan paket berbayar. Selain itu, jika Anda ingin berpindah dari mode terbatas ke mode custom, Anda perlu modal seperti paket-paket wordpress.com : personal ($60 per tahun), premium ($132 per tahun), business ($429 per tahun).

Belum lagi Anda tidak bisa upload template kecuali versi bawaan yang gratis dan tak lupa iklan yang selalu tampil di website jika wordpress masih gratisan. Semua ini Anda bisa hilangkan dengan mengeluarkan  beberapa biaya tertentu.

Wordpress.org - Pada versi wordpress.org Anda harus mengeluarkan modal awal untuk membeli hosting dan domain karna sifatnya CMS (Content Management System) yaitu hanya bisa digunakan bila Anda sudah mempunyai server/hosting (penyimpanan) dan alamat domain sendiri.

Dengan modal tersebut Anda sudah bebas untuk berkreasi, memodifikasi, menambahkan plugin, gonta-ganti template dan membuat jenis blog sesuka hati. Namun, jika Anda ingin fitur lengkap dan kontrol penuh Anda harus berpindah ke paket bisnis yaitu $429 per tahun atau sekitar 6.006.000 (jika 1 dolar : 14.000 ribu).

Note : Wordpress.com tidak butuh modal awal sedangkan Wordpress.org Anda harus mengeluarkan modal untuk membeli hosting dan domain. Namun, dalam perkembangannya nanti, WordPress.org jadi lebih murah.

Blogspot
Cukup dengan memiliki akun google Anda sudah bisa memiliki website dengan penyimpanan sebesar 15 Gb di blogspot, tanpa repot-repot Anda mengeluarkan biaya awal.

Selain itu Anda sudah dapat mengakses semua fitur-fitur yang disediakan google di blogspot. Walaupun terbatas, ini sudah cukup memadai untuk membuat sebuah website.

Namun untuk pengembangan seperti template dan domain Anda perlu mengeluarkan biaya tertentu untuk meningkatkan kualitas website. Pengeluaran ini terbilang murah ketimbang wordpress.

Note : Wordpress.org butuh modal awal sedangkan wordpress.com dan blogspot.com tidak butuh modal awal.

Ketersediaan Iklan

Wordpress
Untuk Wordpress.org Anda bebas memasang iklan entah itu adsense, WordAds dan sejenisnya sedangkan Wordpress.com tidak mengijinkan iklan dari google adsense keculai iklan WordAds milik WordPress (iklan ini pun tampil tanpa membayar Anda).

Blogspot
Khusus blogspot karna milik google, sudah pasti bisa pasang iklan adsense. Sebagai calon publisher Google Adsense Anda akan mendapatkan dua pilihan saat monetisasi :

Pertama - Jika Anda memiliki subdomain blogspot.com, Anda akan mendapatkan akun adsense hosted.
kedua - Jika Anda memiliki custom domain TLD (Top Level Domain) seperti .com .id .net, kalian akan mendapatkan akun adsense non hosted.

Kesimpulan
Perbedaan antara wordpress dengan blogspot dan lebih spesifik lagi Anda akan menemukan banyak sekali perbedaan antara wordpress dengan blogspot yang tidak ada habisnya.

Lalu mana yang terbaik !

Secara umum keduanya memiliki peluang bersaing di internet. Namun hal ini kembali lagi ke Anda untuk menyesuaikan budget dan tujuan Anda memiliki website.

Blogspot atau blogger cocok untuk pemula atau mereka yang belum paham secara mendalam tentang website. Selain itu blogger cukup mudah dikelolah oleh orang awam. dilain sisi Anda sudah tidak perlu repot-repot memikirkan hosting dan keamanan karna sudah dihendel langsung oleh google.

Bila Anda sudah berpengalaman ngeblog atau mengolah website, Anda bisa beralih kemode yang lebih profsional yaitu wordpress. 

Walaupun, sebenarnya dari segi tampilan, dan fleksibilitas yang disediakan oleh WordPress lebih unggul dibanding platform lainnya.

Tapi, yang utama dan terpenting adalah isinya - Bagaimana kita menyajikan konten yang berkualitas untuk pelanggan atau visitor di dunia maya. kapan pun dimana pun konten adalah raja.

Jika, kalian sudah memilih dan pilihan kalian jatuh pada blogspot. Maka, silahkan lanjut... untuk menyimak artikel kami tentang cara membuat website gratisan lewat platform blogspot.

4. Membuat Akun Blogger

Website ini pas buat Anda pemula dengan layanan gratis dan sangat mudah digunakan.

Berikut cara daftar blogger dan membuat website gratis:



Lalu, Anda klik Buat Blog

Karna blogger di support langsung google, Anda tinggal masuk lewat akun google untuk mempermudah registrasi.

Jika, belum punya akun google. Silahkan buat dulu - Caranya nggak perlu lagi saya jelaskan !


Sesudah login, Anda akan memilih identitas sesuai keinginan. Kemudian Lanjutkan ke Blogger.

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman selamat datang dan di sana Anda klik Buat blog Baru. 


Silahkan masukkan judul website/blog Anda di kolom judul - Judul ini akan tampil di menu utama website. Selanjutnya Anda menentukan domain atau alamat website/URL di kolom Alamat. Pastikan Judul dan Alamat sama. Karna masih gratisan Alamat website Anda masih di ikuti blogspot.com. Nanti Anda bisa menghilangkanya jika sudah membeli domain TLD.

Langkah selanjutnya pilih tema yang sesuai keinginan. Anda juga bisa mengubahnya nanti. Lalu klik buat blog.

Selamat ! Anda telah berhasil membuat website. Penjelasan lebih lanjut Anda bisa simak selengkapnya beberapa hal penting saat membangun website/ngeblog.

5. Menentukan Niche

Niche blog/website merupakan komponen utama yang menentukan website Anda akan berkembang kemana dan apa target Anda ngeblog. 

Dengan niche yang terfokus blog Anda akan mudah diterima Adsense karna Google akan meyesuaikan iklan apa yang cocok tampil di website Anda.

Tapi jika Anda ingin website dengan konten kombinasi, saya sarankan jangan dulu sebelum daftar adsesnse nanti keburu di tolak gang.

Jika masih bingung menentukan niche blog/website, Anda silahkan klik Cara Memilih Niche Blog yang Benar di Tahun 2020.

6. Menentukan templeate

Template merupakan tampilan utama dari halaman blog atau website Anda. Disni Anda menentukan tata letak, warna, jenis huruf dan pengaturan lainnya terkait dengan tampilan halaman blog.

Sebagai saran, Anda lebih baik mengganti template bawaan blogger karna udah ketinggalan. Beralihnya pun harus yang berbayar bukan gratisan karna ada isu bahwa template gratisan atau nggak jelas akan mudah di hack orang.

Kan ! tidak ada salahnya Anda mengeluarkan biaya untuk tampilan website yang lebih profesional. Ingat kita bersaing di dunia maya.

Lalu, gimana cara memilih template yang baik dan sesuai keinginan

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilh template premium :

Responsive
Template responsive - Yap ! Template yang bisa menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat mobile entah itu tablet, Hanphone, laptop, notebook ataupun perangkat mobile lainnya.

Anggap website Anda dikunjungi melalui salah satu prangkat mobile diatas. Maka, Tampilan website Anda akan menyesuaikan. Kan ! repot jika pengunjung melakukan Zoom sana sini bila templatenya tidak responive dan yang tampil hanya versi dekstop.

Clean & User Friendly
Tampilan yang simple dan tidak ribet adalah salah satu komponen utama untuk mengikat pengunjung agar betah berlama-lama di website Anda. 

Lamanya pengunjung berada di website Anda akan memberi sinyal ke google bahwa website Anda relevan. Walhasil Google sendiri akan menaikkan reating website yang mudah diakses oleh siapapun.

Kan! nggak kebayang kita berkunjung di sebuah website yang tampilannya Aja berantakan enntah gimana cara menavigasinya dengan benar. Anda pun juga akan berpikir demikian. 

Fast loading
Template yang tidak lambat loading merupakan contoh website yang dsukai google dan pengunjung. Pada dasarnya orang mencari sesuatu di internet itu rata-rata ingin menyelesaikan masalah dengan cepat dan bisa dibilang mendesak.

Untuk itu sangat penting bagi Anda, saya ataupun Google sendiri menyediakan layanan cepat tanggap bagi peselancar dunia maya. Template yang lambat loading akan memperburuk SEO website kita seperti ketidak sabaran pengunjung menunggu.

Inilah beberapa, point dasar untuk Anda sebelum memilih template blog yang bagus. Namun, jika masih ingin tambahan informasi, apalagi Anda ingin bersaing di internet. Maka, tidak ada salahnya Anda melihat sekilas Tipe Blog/Website yang Disukai Google.

7. Domain

Domain adalah identitas kita di internet. Identitas yang bagus atau nama baik merupakan kunci untuk memberikan kepercayaan bagi calon pengunjung/pelanggang website. Terutama saat mereka ingin mengambil informasi ataupun membeli suatu produk.

Identitas yang profesional dan dapat dipercaya dapat dilihat dari keseriusan Anda dalam memiliki Website. Salah satu contoh website yang serius dapat dilihat dari penggunaan TLD khsusus yaitu bukan lagi blogspot.com atau wordpress.com.

Coba bayangkan jika seseorang ingin membeli suatu produk atau barang yang ada di suatu website, yang pertama mereka perhatikan adalah nama atau alamat URL website. Jika, masih menggunakan domain gratisan atau bawaan tentu mereka tidak akan percaya dan bahkan tidak jadi membeli barang di website tersebut. Anda atau Saya sendiri jika di posisi ini mungkin akan ragu membeli barang.

8. Tujuan Abadi


Membangun sebuah website di internet tidaklah mudah dan tidak pula terlalu sulit. Namun, akan terasa sangat sulit jika membangunya tanpa pondasi yang kokoh seperti alasan dan tujuan membuat website.

Mengembangkan website dari awal sampai berhasil sangatlah dibutuhkan kesabaran. Inilah mengapa banyak sekali orang yang kandas di saat-saat proses membangun website. Mengapa ?

Karna mereka hanya ikut-ikutan seperti slogan mereka yang berbunyi hari ini ramai ngeblog ikut, hari ini ramai bisnis ikut, ikut-ikut dan ikuti aja.

Untuk itu, sangat penting untuk Anda menentukan tujuan abadi yaitu tujuan yang tidak ada habisnya. Dimana Anda bergelut di dunia maya untuk berbagi hal positif dan mengurangi krisis moral di negara kita.

Dengan ini Anda akan terus belajar dan terus berkarya dan terus bertahan membangun website. Bill Gates memiliki masalah keuangan; gelandangan payah tergeletak di pinggir jalan juga punya masalah keuangan. Bedanya masalah keuangan Bill Gates 'lebih baik'' dari gelandangan tersebut.

Tinggal pilih dimana Anda akan mederita dan menikmati penderitaan itu

9. Penutup

Semoga artikel ini bisa membatu Anda untuk selektif memilih Platform yang tepat dalam membuat website. Paling tidak Anda tau apa itu website dan dimana Anda bisa Membuat Website.
 
Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.