Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Memilih Niche Blog yang Benar di Tahun 2020

 Sebagai blogger baru tentunya hal pertama yang akan dipikirkan adalah tema blog atau niche blog. walaupun sah-sah saja sebagai blogger baru memilih tema/niche sesuka hati. Akan tetapi, blog yang memiliki niche yang spesifik tentu bisa menarik pengunjung/visitor yang lebih banyak daripada blog yang nichenya yang melebar.

Niche yang spesifik juga dapat memperkuat blog Anda menjadi lebih dipercaya. Lalu gimana cara menentukan niche blog yang benar bagi pemula ?

Berikut beberapa cara agar Anda menemukan niche blog yang sesuai :

3 Cara Memilih Niche Blog yang Benar

1. Tentukan Topik yang Anda Suka

Topik blog adalah penentu isi blog Anda akan mengarah kemana dan topik blog ini juga akan memudahkan Anda untuk mengupdate artikel setiap hari. KAN ! ''memberatkan jika membuat artikel yang tidak diminati''. 

Lalu gimana cara menentukan topik blog yang benar ?

Langkah pertama adalah mengekspos diri dengan menanyakan kepada diri Anda sendiri Seperti : Hobi, Possion ataupun aktivitas keseharian yang biasa Anda lakukan. 

Jika, merasa kurang yakin dengan pendapat sendiri, Anda bisa menanyakan kepada teman-teman terdekat, tentang pandangan mereka terhadap Anda ? pendapat ini bisa memudahkan untuk menemukan topik yang sesuai. Paling tidak teman Anda bisa menjadi patokan, topik apa yang Anda suka.

2. Memilih Topik yang Dikuasai

Topik yang dikuasai _ Pastinya penting untuk Anda dalam menulis artikel dengan mudah. Niche seperti ini juga akan membuat Anda tidak mudah bosan dan putus asa menulis artikel. Sehingga blog Anda terus berkembang dan akhirnya sukses.

Namun, ada juga blogger yang tidak memiliki niche yang dikuasai tapi mereka memiliki niche yang disuka. Lalu gimana dengan blogger yang seperti ini ?

Sederhananya, Anda bisa mempelajari niche yang disukai, paling tidak Anda bisa menulis artikel tiap hari. Sehingga, dengan seringnya Anda menulis, Anda telah berhasil membangun penguasaan terhadap suatu niche/topik tertentu. Mulai Aja ! jawaban akan muncul.

3. Menentukan Niche Blog Sesuai Hot Topik

Sebagai blogger baru tentu bisa gagal ''tidak prfesional '' bila tak tau cara menentukan niche yang pas dalam pembuatan blog. Inilah bagian penting dalam menarik pengunjung dan mengahasilkan traffic yang tinggi di blog. Dengan begitu blog Anda bisa di monitisasi dengan cepat dan mulai menghasilkan.

Lalu, gimana cara mudah untuk menentukan niche blog yang sesuai hot topik :

Simak !

- Gunakan Topik yang paling sering atau yang paling banyak dikunjungi orang di internet. Misalnya : Traveling, Bisnis ataupun Tutorial blogging. Hal ini bertujuan untuk menarik pangsa pasar yang lagi populer.

- Melakukan riset kecil-kecilan untuk topik-topik yang lagi booming atau sedang dicari di internet. Setelah itu, Anda memikirkan cara menentukan promosi dan pangsa pasar yang tepat.

- Buatlah artikel tertentu secara khusus dan berbeda. walaupun masih belum banyak dicari. paling tidak suatu saat bisa menguasai kata kunci dan halaman pencarian pertama di google. 

Bisa di bilang ini rencana cadangan. Karna berhubung terlalu banyak pembuat artikel dengan pembahasan yang umum. Misalnya kompas, News, Liputan 6 dan sejenisnya. Mereka sudah menguasai kata kunci umum. Coba Anda perhatikan dengan seksama, mereka selalu mengupdate artikel yang banyak setiap hari.

Kesimpulan :

Memang menentukan niche blog bisa memberi dampak besar untuk masa depan blog kita. Namun, ada juga blogger yang sukses dengan memiliki banyak niche dalam satu blog Seperti Mastimon. Coba berkunjung di blognya klik disini Anda akan menemukan banyak pembahasan dengan berbagai topik. 

Mungkin blog kami juga akan membahas banyak topik. Namun, seiring berjalanya waktu blog kami suatu saat fokus pada beberapa niche. Mengapa ? 

Sebagai upaya meningkatkan kepercayaan pengunjung dan menjadi blog yang beridentitas.


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.