Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Kriteria Tipe Blog yang Disukai Google - Terbaru Blogger Harus Tau

 Menggeluti dunia blog atau ngeblog dan menjadikannya sebagai salah satu pekerjaan, tentunya Anda akan mempelajari berbagai macam algoritma seputar ngeblog, khususnya algoritma Google. Google sendiri adalah salah satu mesin pencari yang paling banyak diminati selain bing, yahoo, baidu dan sejenisnya. 

Sebagai mesin telusur yang paling populer, sekali klik ''satu kata'' muncul jutaan sampai miliyaran jawaban. Bagian unik pada mesin telusur ini yaitu tampilan halaman utama yang diberikan google hanya berisi 10 judul blog/artikel yang tampil sebagai jawaban - tampilan ini dikenal sebagai pageone Google.

Bahasa pageone Google sendiri sudah menjadi target tertinggi bagi para blogger baru ataupun blogger tulen entah itu Anda ataupun Saya sendiri.

Namun, untuk sampai kesana kita akan melakukan berbagai macam cara entah ini itu atau bahkan ada diantara kita yang menggunakan seribu satu cara untuk berhasil tampil di pageone Google.

pageone google juga adalah tanda bagi blog atau konten Anda diakui dan disukai google. Lalu gimana cara agar blog kita di sukai google. Berikut beberapa kriteria yang bisa Anda coba agar blog disukai google : 

DAFTAR ISI

12+ Kriteria Tipe Blog yang Disukai Google - Terbaru

1. Blog Granat

Blog Granat

Blog granat atau blog yang memiliki banyak niche. Blog jenis ini umumnya dikenal sebagai blog gado-gado atau blog campuran, yang mana topik blog ini bermacam-macam dari topik kesehatan, olahraga, teknologi, dan hal baru lainnya.

Granat sendiri adalah jenis bom yang meledak kemana-mana. Sehingga blog granat berarti jenis blog yang tidak fokus pada satu konten maupun topik tertentu. akan tetapi tujuan blog granat hanya menginginkan kaya konten dan selalu update info setiap hari. Entah satu, dua, tiga ataupun sepuluh artikel di upload setiap harinya. 

Sehingga, tipe blog granat biasa kita jumpai hanya berisi 300 - 600 kata pada postinganya. Contohnya detik.com, kompas.com, tribun dll.

Lalu, mengapa google suka dengan blog granat ?

Sebagai mesin pencari yang selalu exis di internet, tentu google juga ingin selalu update info-info terbaru. Jadi, sebagai jalan yang pas agar tetap exis google lebih memilih dan menyukai jenis blog yang selalu update. Maka, blog-blog beritalah yang menjadi sasaran.

Hal ini menjadikan pengalaman kita saat berselancar di internet, kita lebih banyak mendapatkan jawaban dari blog-blog berita seperti detik.com, kompas.com dan sejenisnya.

Namun, tidak jarang juga kita temui blog-blog pribadi berada di pageone google. 

Untuk saat ini di tahun 2020 bagi blogger-blogger baru, blog berita menjadi saingan terberat jika dilihat perbandingan SDM yang berat sebelah.

Ini juga membuat saya berpikir dua kali untuk bersaing, tapi tidak ada salahya jika Anda memiliki kemampuan update banyak artikel original tiap harinya. Namun, Saya nggak begitu menyarangkan bagi Anda blogger baru yang mau fokus pada Niche jenis ini. ''saran aja''

Jika masih bingun menentukan Niche blog sampai sekarang. Tidak ada salahnya Anda menyimak 3 Cara Memilih Niche Blog yang Benar di Tahun 2020.

2. Blog Sniper

Blog Sniper

Selanjutnya Blog sniper - termasuk blog yang disukai google. Blog sniper sendiri memiliki niche yang terfokus pada satu topik entah itu teknologi saja, kesehatan saja, yang penting pembahasanya mendalam dan mendetail.

Blog tipe sniper biasanya dikelolah oleh para ahli dibidang tertentu ataupun mereka yang memiliki hobi pada bagian tersebut. 

Blog sniper juga terbilang jarang upload artikel daripada blog granat. Entah mereka mengupload satu artikel selama tiga hari atau satu artikel selama sepekan dan mungkin juga mereka baru upload sebulan sekali. ''tergantung mereka''.

Blog jenis ini biasa kita temui memiliki seribu, duaribu dan bahkan ribuan kata dalam satu artikel. Sehingga, pembahasan topik blog luas, mendalam dan tidak jarang juga mereka melengkapi artikelnya dengan gambar, video, backlik internal maupun backlink eksternal.

Pembahasan mereka juga lebih kepada tutorial, tips trik dan Artikel mereka tidak mudah di telan waktu, dalam artian artikel mereka tidak mudah basi.

''Lalu, mengapa google suka dengan blog sniper ?

Anggap aja jika Anda memiliki perusahaan besar yang menyediakan produk tertentu dan saat itu Anda berusaha agar perusahaan tetap berkembang. Tentunya hal yang pertama dilakukan adalah menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan misalnya kualitas produk perusahaan yang terjamin bagus.

Hal ini pun yang di lakukan Google agar para pengunjung atau peselancar dunia maya bisa merasa puas dengan kualitas konten yang diberikan Google. ''Google ingin yang terbaik untuk pelanggan - Anda pun memberikan konten berkualitas untuk Google''.

Untuk Anda yang tertarik pada blog jenis sniper dan masih baru di dunia blog. Ada baiknya pertama-tama Anda mulai konsisten dulu upload artikel tiap harinya. Jika, sudah bisa. Selanjutnya, Anda baru mulai menulis artikel yang panjang dan mendetail.

''Mengapa harus seperti ini''

Jawabannya adalah biasanya di awal ngeblog tidak jarang blogger baru tidak bisa bertahan menulis. dikarnakan masih banyak hal yang perlu mereka pelajari. dari pengaturan blog, bentuk postingan, kata kunci dan masih banyak lagi. 

Pada saat bersamaan mereka ingin mengupdate artikel yang berkuliatas agar tampil di pageone, al hasil berhari-hari search sana, sini, banyak mikir, sampai menunda-nunda dan akhirnya meraka upload artikel yang mengecewakan untuk google dan diri mereka sendiri.

Untuk itu, sangat penting membuat target yang mudah di awal-awal agar Anda bisa bertahan. Dari posting artikel 300 kata tiap hari lama-lama meningkat dan secara bersamaan Anda memperbaiki sedikit-demi-sedikit tampilan blog. ''Paling tidak ada kepuasan menyelesaikan hal kecil''

Ini juga saya alami saat ngeblog. Anda bisa lihat perbandingan potingan ini dengan postingan saya di awal-awal ngeblog disini. Beda bukan !

3. Blog TLD 

Blog TLD Khusus

Blog TLD adalah jenis blog yang menggunakan TLD (Top Level Domain) dan sudah tidak menggunakan blogspot dan wordpress dibelakangnya. Bukan berarti Google mengabaikan blogspot dan wordpress. Akan tetapi google memberi layanan khusus bagi meraka yang menggunakan TLD.

Contoh perubahan blog gratisan menjadi berbayar : ''Hicul.blogspot.com = Hicul.my.id''. Selain terlihat profesional google juga mempermudah jenis blog TLD diterima mendaftar Google Adsense.

Lalu, mengapa google lebih menyukai blog yang menggunakan TLD Khusus ?

Jawabanya sederhana, dimana-mana yang namanya berbayar tentu akan didahulukan tak terkecuali ngeblog. Selain itu Google menganggap blog-blog yang menggunakan TLD atau domain khusus merupakan blog yang memang cukup serius ngeblog. ''kesan pertama - tidak asal-aslan''.

Namun, tidak menutup kemungkinan blog gratisan bisa menandingi blog berbayar, Jika blog Anda berkualitas Seperti blog strukturkode.blogspot.com dan buka.rahasia.blogspot.com - kedua blog ini berhasil menarik perhatian google dengan konten mereka yang berkualias.

Untuk itu, tidak ada salahnya kalau ada modal sedikit Anda bisa menggunkan TLD. Jika, kurang modal pakai aja yang tejangaku seperti saya pemula menggunakan TLD - my.id. Nggak cukup 50 ribu kita sudah mendapatkan TLD ini. 

Tapi, kalau ada modal Anda bisa menggunakan TLD populer seperti .com - mengapa ? karna mudah diingat dan bahkan terdapat keyword khusus untuk sekali klik .com di Smartphone. Kan ribet kalau domain kita kepanjagan.

Note : TLD ini saya beli di rumahweb.com

4. Template SEO Friendly

Template SEO Friendly adalah template atau thema yang digunakan blog sesuai dengan ketentuan mesin pencari. Dengan itu, template SEO friendly yang Anda gunakan akan memberi peluang besar agar blog tampil di pageone google. 

Template SEO Friendly

Ini juga menjadi keharusan bagi para blogger agar mengoptimasi template yang digunakan untuk memudahkan pengujung/vistor.

Gimana cara optimasi template ?

Hari ini sudah banyak kok ! Devolover blog yang menyediakan template blog gratisan sampai berbayar. 

Namun, saya tidak begitu menyarankan template-template gratisan. Tapi, kalau ada modal - Tidak ada salahnya Anda membeli template pro atau berbayar. Ingat hari ini kita bersaing menjadi yang terbaik di pageone google.

Mengapa Google suka Template SEO Friendly ?

Anggap aja Anda memiliki sepeda motor dan saat itu Anda ingin memparkirnya. Entah dipinggir jalan atau di lahan parkir berbayar. Mungkin Anda bisa memparkirnya di pinggir jalan karna gratis. Tapi, keamanannya tidak terjamin. Akan tetapi, jika Anda memparkir motor di lahan parkir berbayar, peluang besar motor Anda akan dijaga dan diberi perlakuan khusus.

Hal ini juga dilakukan google jika blog Anda menggunakan Template SEO Friendly. Nggak kebayang suatu hari Anda ingin membeli produk dengan harga yang cukup mahal. Apakah Anda percaya membeli di website yang tampilannya acak-acakan !

Tidak bukan, malahan kemungkinan besar nggak jadi beli di website tersebut karna tidak yakin ! Saya pun demikian.

Untuk itu, sangat penting bagi kita melakukan investasi dengan membeli barang yang bermanfaat dan mendukung di dunia ngeblog salah satunya adalah Anda menggunakan template pro atau berbayar.

Sebelum membeli Template SEO Friendly, Anda cek dulu pada tools Pengujian User Friendly Dari Google. jika, sudah SEO Friendly Anda bisa membeli templete tersebut.

5. Kecepatan blog 

Kecepatan Versi Mobile

Kecepatan blog merupakan salah satu faktor terpenting google dalam menyusun peringkat di hasil pencarian. Google sendiri menyukai blog yang mudah di akses melalui berbagai device entah itu lewat Tablet, Handphone, Laptop maupun media komputer lainnya.

Selain itu google juga tau blog-blog yang berat dalam pemprosesan data. Hal ini dapat dideteksi google lewat para pengunjung blog. 

Contohnya Anda membuka sebuah website/blog dan sebelum konten terbuka Anda sudah meninggalkan halaman tersebut. Secara tidak langsung Anda sudah memberi sinyal ke google bahwa website/blog tersebut lambat loading, dalam artian blog yang dibuka berat.

Mudahnya akses ke blog Anda bukan hanya menjadi nilai plus bagi google tetapi pengunjung juga ikut puas dengan keberadaan blog Anda.

Lalu bagaimana dengan blog-blog berita seperti tribun.com, detik.com, kompas.com dan sejenisnya yang kecepatan aksesnya terbilang masih minim. Tapi, masih punya tempat di halaman utama google. Nah, kita kembali lagi di point pertama. baca, mengapa google memperioritaskan mereka.

Kecepatan Versi Dekstop

Walaupun sekarang banyak peselancar di internet menggunakan smartphone, tapi Anda juga perlu mengoptimalkan akses blog versi desktop. Apalagi bagi Anda yang memilih niche tutorial.

Saya pun sebagai seorang pengunjung blog kalau dipikir-pikir itu adalah hal yang sangat membantu.

6. Template Blog Resposif

Bedahalnya beberapa tahun lalu sekitar tahun 2016 penggunaan Handphone masih terbilang rendah. Masa dimana kebanyakan pembaca internet di indonesia masih menggunakan komputer, laptop dan meraka masih jarang menggunakan mobile/handphone.

Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019

Statistik Pengguna Mobile

Nah, di tahun 2020 kita berada pada statistik pengguna mobile terbanyak dan Bahkan tidak sedikit dari kita yang menggunakan dua handphone Salah satunya saya menggunkan dua handphone/smartphone dalam beraktivitas.

Template Blog Resposif adalah salah satu kunci utama untuk bersaing di tahun 2020. ditahun ini jika template Anda tidak responsive dalam penyesuaian di berbagai layar maka siap-siap saja blog Anda diabaikan Mr.Google.

Mengapa google tidak menyukai blog yang tidak responsive ?

Salah satu contohnya google mendapatkan banyak unpan balik dari pengguna dalam aktivitas zoom pada website.

Nggak kebayang jika kita membaca artikel blog di smartphone dengan tampilan dekstop. Kan repot zoomnya sana sini. 

Untuk itu penting bagi kita mengetahui dan menggunakan Template Blog yang Resposif. 

Apa bedanya dengan point nomor 5 - kecepatan blog. Pada point ini lebih kepada akses bagian dalam blog sedangkan point nomor 5 lebih kepada akses awal masuk blog.

Template Blog Resposif pada Versi mobile juga salah satu rahasia dan kunci penting agar blog Anda bisa menyaingi blog-blog besar dan yang sudah tua.

Coba aja kalau nggak percaya. Cek satu-persatu blog yang ada di pageone google, sebagian blog ada yang tidak responsif dalam Versi Mobile. 

Ceknya bisa di PageSpeed Insights. Masukkan satu-persatu URL blog-blog di pageone google. Anda juga bisa masukkan URL blog saya hehehe...

7. Blog Tua

Blog Berpengalaman

Blog tua termasuk jenis blog yang paling disukai google pasalnya google menganggap mereka sudah berpengalaman. blog tua biasanya berumur 3 tahun ke atas dan dibawah 3 tahun masih di anggap blog muda/baru. Semakin tua suatu blog maka nilai kematangannya juga lebih tinggi.

Mengapa demikian,

Anggap aja jika Anda ingin meminta sesorang untuk belanja barang di super market dan saat bersamaan ada dua pilihan untuk Anda. pertama apakah Anda meminta kepada orang yang berpengalaman/dewasa untuk berbelanja dan yang kedua Anda memilih anak-anak yang masih butuh pengalaman pergi belanja.

Tentu Anda akan memilih yang berpengalaman agar keinginan dan tujuan Anda tercapai. Begitupun google telah memberi kepercayaan kepada mereka yang berpengalaman atau blog-blog yang sudah tua. 

Percaya atau tidak Anda bisa melihat jejeran blog-blog yang dipercayakan google dihalaman utama. Syaratnya, blog yang sudah berumur tersebut kaya akan konten dan masih aktif. Sehingga blog tua yang tidak memiliki konten berkualitas Out. 

Alasan lainnya google menyukai blog tua adalah kebiasaan mereka konsisten update artikel yang mengonfirmasi ke google bahwa mereka aktif, sehingga secara konsisten crawler google mengunjungi blog tersebut.

Namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa menemui blog-blog baru di halaman utama google. 

Mengapa ? 

Karna mereka rajin mempoting 1 sampai 3 artikel setiap hari, banyaknya artikel yang Anda posting maka google juga akan banyak menjelajahi situs Anda untuk di crawel. Catatan konten Anda mesti berkulaitas dan Original.

Hal ini pun tergantung kemampuan Anda. Misalnya Anda mampu posting banyak artikel dalam sehari - kenapa tidak. Anda bisa juga memposting artikel sekali dalam 3 hari ataupun sekali sepekan. Apapun pilihanya tetaplah konsisten aktif ngeblog.

''Pada akhirnya semua orang akan mendapatkan gilirannya - Welcome Adsense Hehehe..''

Note : Saya menyarangkan bagi Blogger baru - Daftar adsensenya lebih berpeluang diterima jika usia blog Anda sudah 6 bulanan dan sudah punya pengunjung 100 perhari. ''Idealnya Aja''

8. Blog dengan Postingan Berkualitas

Konten Berkulaitas

Dimana-mana yang namanya berkualitas tentu semua orang mau, tidak terkecuali google suka dengan yang berkualitas Saya pun demikian.

Enggak etis juga kalau banyak postingan tapi tidak berkualitas. Google itu selektif memilih mana konten yang berkualitas dan tau mana konten yang tidak berkualitas.

Selain harus banyak, mesti juga postingannya berkualitas.

Salah satu faktor agar postingan Anda berkulitas adalah tidak copy paste (copas). Namun, hal ini terbilang sulit bagi kita saat awal-awal ngeblog ''apa yah... yang akan diposting, bahasanya gimana..!''.

''Gimana cara membuat postingan berkualitas yang disukai google''

Nih ! tips agar Anda bisa memposting artikel berkualitas. Berdasarkan pengalaman pribadi. Pertama-tama temukan 3 sampai 5 artikel yang mendukung kata kunci topik Anda. Setelah itu amati baik-baik, apa yang menjadikan artikel blog mereka bisa berada di pageone google.

Hal ini saya lakukan saat menyusun artikel dan saya perhatikan komponen-komponen Artikel mereka entah kata kunci mereka gunakan, bahasa mereka, struktur artikel ataupun pemahaman mereka. Hingga saya menulis dan akhirnya saya berhasil merangkumnya dalam satu artikel sesuai versi sendiri.

Seringnya saya membiasakan hal ini, tanpa sadar tulisan blog saya sudah mulai memiliki ciri khas tersendiri. Anda juga bisa melakukan hal ini secara bertahap untuk menemukan ciri khas Anda sendiri.

Kebiasaan ini tentu membutuhkan waktu dan kesabaran. Hingga saatnya Anda benar-benar memposting artikel yang berkualitas tinggi - High Quality.

9. Blog yang Disukai Pembaca

Disukai Pembaca

Sebuah blog dikatakan disukai pembaca adalah blog yang mampu mempertahankan pengunjungnya diatas 20 detik. Namun, jika waktu kunjungan visitor kurang dari 20 detik maka hal ini akan berakibat buruk bagi blog.

Mengapa ?

Jawabanya karna saat ini algoritma google menentukan berkualitas tidaknya suatu konten itu berdasarkan perilaku pengunjungnya. Apakah vistor betah berlama-lama membaca topik blog Anda atau malah sebaliknya.

Panjang dan lebarnya pembahasan topik bukanlah penentu bahwa konten tersebut berkualitas, apalah daya kalau udah panjang x lebar tapi, pembaca bosan. al hasil google menurunkan peringkat situs web kita dan bahkan menhilangkannya di pageone.

Pada dasarnya ada banyak faktor yang membuat visitor tidak betah berlama-lama berada di blog seperti: terlalu banyak iklan, info yang disajikan belum lengkap, judul artikel berbeda dengan isinya, apa yang meraka cari tidak ada di blog dan sebagainnya.

Lalu, Gimana cara agar artikel blog kita disukai pembaca dan disukai google ?

Coba pikirkan bagaimana cara agar tulisan Anda memberikan kesan, solusi, inspirasi dan memberi hal baru bagi pengunjung. 

kebanyakan peselancar dunia maya mengakses internet karna mereka membutuhkan solusi dari masalah yang dihadapi atau mereka mencari referensi tertentu yang lengkap bukan materi setengah-tengah dan apa adanya.

''Sebagai pemilik blog kita biasanya bingung dengan standar artikel berkualitas''

Beberapa hal yang bisa Anda coba untuk meningkatan kualitas artikel :

- Pembahasan topik yang lengkap dan memberikan solusi

Artikel yang lengkap tidak selamanya panjang, paling tidak Anda melengkapi berbagai data dukungan seperti: study kasus, pengalaman pribadi, gambar pendukung ataupun video tutorial agar blog Anda semakin berbobot.

-Menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami

Menulis sebuah atrikel tidaklah sepenuhnya menggunakan bahasa baku, cukup menulis dengan bahasa yang mengalir tersusun dari awal pembahasan, inti masalah sampai dengan solusi penyelesaian.

Nggak perlu banyak basa-basi menceritakan pengalaman si A, si B sampai si  Z, yang tidak ada kaitanya dengan artikel. Saya sendiri termasuk pembaca yang langung mencari inti cerita dan tidak tertarik dengan pembahasan yang nggak penting

-Struktur penulisan yang baik

kebanyakan blog-blog baru berkebiasaan menulis artikel dengan paragraf memanjang kebawah tanpa spasi dan pemisah tertentu. 

ketahuilah bahwa pembaca akan jenuh memperhatikan tulisan yang tidak memiliki pemisah/spasi, huruf tebal, kalimat digaris bawah, kata dicetak miring dan format penulisan lainnya.

10. Backlink yang Sehat

Backlink Sehat

Backlink yang Sehat adalah salah satu faktor penting bagi para blogger dalam mendapatkan rangking di google. Hal ini juga menjadi peluang bagi para blogger dalam menaikkan popularitas
 situs mereka Entah secara sehat ataupun dengan lewat pintu belakang hhehehe...

memang memiliki banyak backlink termasuk komponen penting agar situs kita bisa berada di pageone google. Namun, cara yang digunakan untuk mendapatkan backlink melalui spam komentar di blog-blog besar. Yah ! sudah tentu hasilnya bisa merugikan.

perlu diingat bahwa link-link yang berkualitas rendah dapat berpengaruh buruk dan merusak website yang kita bangun.

Lalu gimana bentuk backlink yang disukai google ?

Sejatinya google lebih menyukai blog dengan link alami, yaitu link yang dibuat secara ikhlas dan sukarela oleh blogger lain.

Untuk saat ini, google telah menerapkan sistem link nofollow dengan kebijakan ini, google tidak serta-merta menempatkan blog dengan backlink yang banyak berada di halaman utama kecuali blog dengan backlink yang sehat.

Walaupun sebenarnya kita bisa membeli backlink di website-website besar. Tapi hal ini kurang baik menurut saya apalagi bagi Anda yang baru ngeblog.

Mengapa ?

Alasannya karna trafik pengunjung tidak konstan naik dari penyedia backlink ''palingan trafik pengunjung bisa bertahan beberapa pekan dan jika beruntung bisa sampai satu bulanan''. Setelah itu trafik kembali sunyi kayak kuburan. 

Kejadian ini Saya alami sesudah membeli backlink dari blog besar seharga 200 ribu untuk uji coba aja dan ternyata sebagai blogger baru Yah ! trafiknya hanya main sekitar 50-an dari backlik berbayar. Kemudian, selang beberapa hari trafik mulai turun bro. Kecewa > tentunya tapi, namanya pengalaman > tidak gratis heheh..

Baru-baru ini beberapa bulan lalu website search engine journal menerbitkan fakta ada pemilik website asal USA terkena penalty karna terindikasi menjual backlink kepada website lain.

Solusi masalah ini Anda bisa memasang kode atribut rel=”sponsored” di anchor text agar web crawl mendeteksi adanya aktivitas sponsored backlink.

Bagi saya backlink bukanlah kunci utama blog kita top treanding buat google. walaupun hal itu memiliki peluang. Tapi Saya ingin menekankan kunci utama kesuksesan blog Anda adalah konten Anda.

''Kita perlu memegang teguh prinsip Content Is King yang dapat menarik backlink sendiri''

11. Bukan Blog Spammer

No. Blog Spammer

Blog Spammer merupakan jenis blog yang dibenci google. Tecatat lebih dari 25 Miliar halaman spam yang temukan google setiap harinya. Hal ini tidak bisa dipunkiri bahwa keberadaan aktor jahat yang mencoba memanipulasi peringkat penelusuran akan selalu ada. 

Tentu keberadaan blog spammer membuat google kerepotan dan dilain sisi para peselancar internet 
akan dirugikan seperti tombol palsu, iklan yang berlebih, pengalihan yang mencurigakan, dan bahkan malware.

hal inilah yang menyebabkan google membenci blog-blog spammer dan mempersulit mereka mendaftar adsense. Makanya, hampir setiap saat google memperbaharui algoritmanya untuk memberi kenyamanan para peselancar dunia maya.

Salah satu contoh kecil blog spammer adalah membuat postingan yang berulang-ulang dengan isi artikel yang hampir sama dengan postingan sebelumnya - duplicate konten.

Beberapa ciri-ciri blog spammer yang akan ditendang alias ditutup google :
- jumlah artikel duplikat terlalu banyak.
- tidak menyempatkan mengedit konten.
- tidak ada tambahan opini sendiri.
- tidak mencatumkan sumber.
- berorientasi pada kata kunci saja.
- copas artikel orang.
Waspadalah ... !

Lalu, Gimana konten duplikat yang baik di mata Google dan aman bagi Adsense?

Nih ! Cara yang Anda bisa lakukan agar bisa bermain aman dengan google Adsense !

Konten terjemahan - mengambil konten dari website berbahasa asing kemudian dialihbahasakan dengan versi Anda sendiri. Misalnya Anda menemukan konten menarik dari bahasa asing dan saat itu Anda ingin menulis artikel unik dan original. Maka, tidak ada salahnya mencomot beberapa - istilahnya dialihbahasakan.

Walaupun sebenarnya Anda bisa menggunakan google translate untuk mendapatkan konten tanpa modif. Namun, hal ini bisa berdampak buruk bagi pengunjug/visitor. Karna artikel tersebut tidak memiliki keunikan versi sendiri.

Tidak menduplikasi keseluruhan : Mencomot atau mengkopas artikel website lain dengan menggunakan bahasa sendiri ''tapi jangan juga kata perkata dikopas''. Mengkopas itu tidak masalah yang penting porsi yang wajar aja. 

Walaupun ada juga mengatakan copas satu paragraf full nggak masalah. Tapi, saya nggak menyarankan hal tersebut.

Saya sendiri mencopas website orang hanya beberapa kata saja dan satu dua kalimat aja. artikel ini buktinya ''tapi perbanyak bahasa sendiri''.

Note : Cara kopas artikel yang baik: klik copy kata/kalimat > pindahkan ke Notepad untuk penormalan > paste ke laman draf blog Anda.

12. Konten Unik

Cek Keunikan Blog

Konten unik adalah konten yang terbilang jarang di bahas oleh blogger lain. Meskipun trafik untuk keyword jenis ini jarang. Tapi ini bisa menjadi tabungan Anda untuk mendapatkan page onegoogle. Paling tidak butuh waktu 2-3 bulan Konten Anda bisa berada di pageone google.

Mendominasi kata kunci populer dihalaman utama adalah hal yang cukup sulit apalagi bagi blogger-blogger baru atau pemula. 

Mengapa demikian,

Yah, logisnya saingannya ketat. Solusinya: carilah kata kunci yang sainganya menengah kebawah. 

Lalu, Gimana agar konten kita unik dan berbeda dengan yang lain ?

Di internet kita melihat banyak sekali blogger-blogger menyajikan konten-konten yang super luar biasa keren. Maka, sangat penting bagi kita untuk membuat konten yang unik dan berbeda dengan yang lain. Agar konten kita tidak tenggelam diantara blog-blog lain.

Cara terbaik menjadi unik, berebeda, lain daripada yang lain adalah menjadi diri sendiri. Tidak masalah jika Anda ngeblog membahas topik yang sudah basi/lama. Yang penting Anda bisa mengemasnya dengan gaya bahasa sendiri, dengan pemahaman sendiri, maka blog yang kita bangun menjadi unik lain dari yang lain.

Hal ini mulai saya lakukan karna saya sulit menjadi orang lain.

Note : Anda bisa mengecek seberapa unik konten Anda lewat Siteliner.com

Kesimpulan :

Banyak jalan menuju roma - Banyak jalan menuju adsense

Tiketnya bisa Anda pilih diatas > 12+ Kriteria Tipe Blog yang Disukai Google

''Kesuksesan ada ditangan Anda - Kami hanya menginfokan jalannya hehehe...''

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.