Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Website dan Contohnya - Terbaru dan Terlengkap 2020

Situs web atau dikenal luas dengan istilah website dalam bahasa inggris. Pada sejarahnya Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee dan situs web baru terhubung melalui jaringan di tahun 1991. 

Situs web sendiri menurut Tim hanya dirancang untuk tempat tukar menukar informasi khusus tempat kerjanya di CERN. Seiring perkembangan tepat di 30 April 1993, CERN telah resmi mengumumkan bahwa website bisa di gunakan gratis oleh public dan bisa digunakan secara luas oleh siapapun.

Hingga, di tahun 2019 jumlah situs web mencapai 1,71 miliyar dengan 200 juta yang aktif. Dari sini bisa diperkirakan statistik di tahun 2020 nantinya tidak beda jauh dengan tahun 2019 walaupun statistiknya belum muncul. Disisi lain separuh dari jumlah penduduk dunia sudah terhubung ke internet yaitu 4,540 milyar dari 7,75 miliyar penduduk di tahun 2020.

Anda bisa menjadi salah satu dari kedua hal diatas apakah pengunjung website atau penyedia/pembuat website.

Nih, sebenarnya ngebahas apa ! 

Oke, ringkas cerita. sebelum membuat website, tentunya kita perlu mengetahui dan bisa membedakan jenis-jenis website di internet agar bisa menentukan spesifikasi apa yang tepat untuk membuat website.

Membangun sesuatu apapun itu tak terkecuali website, akan selalu dibutuhkan penunjuk jalan atau mentor/contoh yang memberikan kita cara melakukan sesuatu dengan baik dan benar.

Daftar Isi :

Beberapa website yang biasa Anda temui di internet berdasarkan Sifat, Jenis dan Platformnya :

1. Berdasarkan Sifat Website

Sebelum membangun suatu website seseorang bertanya kepada Anda ''Ini website mau dibangun untuk apa''. Pertanyaan umum tapi sangat penting sebagai penentu desaing website, Apakah website Anda akan digunakan sebagai blog pribadi, tempat berbisnis, penyebar berita atau hanya sekedar mengisi waktu sambil mendapatkan penghasilan Adsense.

Pertanyaan dasar ini yang akan menentukan apakah website Anda membutuhkan halaman statis atau halaman dinamis. Berikut penjelasan, apa itu website statis dan website dinamis :

a. website statis

Website statis Hugo

Website statis adalah website yang sifat kontenya tidak berubah-ubah dan disetiap tampilan halaman dibuat dengan menggunakan kode HTML. Website statis sendiri hanya di kelolah oleh webmaster atau developer yang paham tentang HTML dan CSS dalam melakukan pemrograman dan coding.

Sehingga untuk melakukan perubahan atau update informasi dalam website statis mesti, diperlukan bantuan program text editor atau program desain website seperti Adobe Dreamweaver. itu pun hanya dapat dilakukan melalui web designer/web programmer.

Dalam kepemilikannya website statis banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media berbagi informasi, alamat perusahaan, promosi produk dan sejarah perusahaan yang itu semua tidak berubah kecuali diwaktu-waktu tertentu. Dimana perusahaan tidak membutuhkan banyak postingan dan tidak butuh database.

Lewat ini semua website statis memiliki tampilan yang terbilang sederhana, aman dari peretas dan sangat mudah dibaca oleh mesin telusur. 

Kekurangan
- Membutuhkan tenaga Ahli untuk melakukan perubahan. Seperti harus mengedit kode web.
- Sulit melakukan interaksi dengan visitor/pengunjung.
- tidak butuh database sehingga konten hampir tidak pernah update - konten terbilang usang.

Kelebihan
- Sangat efisian untuk melakukan penyimpanan pada web hosting
- Tidak mudah diretas.
- Mudah dideteksi oleh web browser/ mesin pencari.

Yap ! bisa dibilang website statis nggak cocok untuk pemula, orang awam dan mereka yang belum mengenal bahasa pemrograman. Saya sendiri merasa tidak cocok memiliki website statis untuk saat ini heheehe...
Contoh Website statis Sugeng.id

Jika, Anda ingin mengubah halamanya Anda harus mengubah script kodenya terlebih dahulu.

b. Website Dinamis

Website Dinamis Saya

Website dinamis adalah kebalikan website statatis, dimana konten web statis selalu melakukan update konten. Dari namanya sendiri website dinamis. Adanya konten yang berubah-ubah dan selalu update tentu didalam website dinamis membutuhkan program yang dapat berjalan untuk mengatur perubahan data yang ditampilkan.

Adapun perubahan-perubahan data atau konten dapat dilakukan dengan banyak jalur bahasa pemrograman web seperti Javascript, ActionScript, DHTML. Teknik ini dikenal sebagai teknik client-side scripting untuk melakukan perubahan.

Pada bagian update konten website dinamis juga tidak akan mengalami peerubahan tampilan jika Anda/usernya melakukan update konten. 

Disisi lain website dinamis kebanyakan di kembangkan dan dijalankan oleh web server dengan bahasa pemrograman server-side scripting seperti ASP, JSP, Perl, PHP, Python

Namun, website dinamis saat di awal-awal pembuatan biasanya lama dideteksi oleh mesin pencari dan hal ini hanya bisa dilakukan dengan optimasi-optimasi tertentu agar cepat dideteksi di mesin pencari. Optimasi ini dikenal sebagai SEO (Search Engine Optimation) website.

Kekurangan
- Membutuhkan biaya penyimpanan pada web hosting - ini tergantung dimana Anda memilih penyedia layanan website seperti wordpress.com penyimpanan gartis sampai 3 GB dan Blogspot.com penyimpanan gratis sampai 15 GB. Jika melebihi batas maka dikenakan biaya-biaya dan paket-paket tertentu.
- Harus melakukan optimasi setiap update konten. Misalnya habis membuat artikel Anda riset kata kuncilah, optimasi tagmeta, permaklink dan masih banyak lagi.

Kelebihan
- Memiliki banyak fitur yang bisa diubah sesuai keinginan.
- Jauh lebih mudah dikembangkan.
- lebih mudah update konten untuk menarik visitor/pengunjung.
- Mudah dikelolah dan bersahabat.
- Konten halaman dan Layout halaman dibuat terpisah, agar loading halaman bisa lebih cepat.
- Tampilan menarik

Nah ! Sifat website ini cocok buat kita yang ingin menuangkan karya tulis, berbisnis, berjualan, berbagi info ataupun media curhat. Hingga bisa meraup keuntungan lewat adsense ataupun media pengiklanan lainnya.

2. Berdasarkan Platform Website

Salah satu kompunen penting untuk Anda dalam membangun webiste adalah jenis Platform yang Anda gunakan. Setidaknya ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan dalam membagun website dengan baik dan benar :

a. CMS

CMS atau Content Manajemen System adalah sejenis perangkat lunak yang berkuasa memanejemen sistem khususnya mengatur konten dalam suatu website. Yap ! CMS adalah pengatur dan pembuat konten digital Anda entah website Anda berupa e-commerce, blog ataupun sejenisnya. 

Anda pun dapat menjalankan CMS tanpa mengetahu bahasa pembrograman, itu pun Anda juga belum sadar bahwa Anda sudah memakai CMS sampai sekarang. Beberapa yang bisa Anda temui adalah WordPress, Joomla!, Blogger Ataupun Prestashop (untuk toko online).

Pada kategori CMS terbaik dan terbanyak digunakan jatuh pada wordpress. Tapi Blogger paling di kenal di Indonesia Hehehhe..

CMS populer 2020

sehingga, untuk pengguna CMS Wordpress Anda akan dengan mudah mendapatkan tutorial dan cara mengembankannya tapi dengan skala internasional. Sedehananya Anda mesti paham bahasa inggris untuk mendapatkan akses terbaiknya. Saya sendiri di blogger karna orang indonesia hehehe...

Walaupun pada dasarnya membuat website dengan CMS terbilang mudah akan tetapi Anda perlu mempelajarinya. masing-masing CMS memiliki cara kerja yang berbeda-beda dan kembali lagi ke Anda yang mana mudah dan cocok.

Kelebihan
- Biaya pembuatan terbilang murah dan bahkan gratis Beberapa CMS gratisan : Drupal, EZ Publish, Blogger, Joomla, dan WordPress.com. Lainnya mungkin terjangkau dan membutuhkan biaya besar tergantung ukuran berlangganan.
- Mudah untuk melakukan perubahan atau costum Seperti melakaukan perubahan tataletak, membuat halaman, memilih tema dan desain tertentu tanpa banyak kode atupun tanpa kode.
- Mudah untuk pengoperasiannya Bisa dibilang CMS dirancang bagi orang non-teknisi atau orang awam yang belum mengenal banyak tentang website. Karna kederhanaannya seorang admin nggak perlu repot-repot memahami aspek teknis pemeliharaan sistem dalam melakukan pembaharuan konten.

Kekurangan
- Entah ini kekurangan atau apa. Tapi untuk biaya implementasi atau penerapan dalam skala besar Anda memerlukan pelatihan, perencanaan, dan sertifikasi. Bisa dibilang jika memakai lisensi Anda perlu biaya. Khusunya penambahan fitur yang lebih lengkap dan tanda kepemilikan 100%.
-Biaya pemeliharaan seperti saat Anda ingin mempertahankan CMS, biasanya Anda mebutuhkan biaya pembharuan lisensi.
- Kecepatan - Khusus CMS yang besar biasanya mengalami masalah kecepatan ini dikarnakan database atau penyimpanan harus disesuaikan.

Note : Pada dasarnya kekurangan CMS hanya untuk orang awam. Tapi bagi mereka yang profesional ini sudah bukanlah kekurangan melainkan ini adalah pengeluaran yang masuk akal untuk investasi yang lebih besar.

b. Website Builder

Website builder

Website builder adalah sebuah aplikasi atau software pembuat website instan dan tanpa Anda harus repot-repot membuat kode-kode seperti PHP, CSS, HTML, dan JavaScript karna website builder sendiri sudah menyediakannya. 

Website builder pas bagi mereka yang baru saja mengenal website. Dengan Website builder Anda akan menghemat waktu dan mengurangi pengeluaran untuk memiliki sebuah website. untuk pengguna website ini memang diperuntuhkan dimimki perorangan seperti blogger, web desainer dan pebisnis yang membutuhkan biaya murah.

Beberapa website builder murah dan gratis yang bisa Anda temui seperti Wix, Site123 dan Simplesite.

Kelebihan
- Anda bisa menghemat waktu dan biaya pengeluaran karna website builder sudah menyediakan fitur-fitur yang memdai dalam membuat website walaupun terbatas.
- Tidak membutuhkan keterampilan teknis di bagian IT karna Template yang disdediakan mudah digunakan Anda tinggal pilih aja.
- Tersedia banyak fitur walaupun gratis ini sudah cukup lengkap seperti adanya layanan untuk Anda bisa menambahkan tulisan, gambar, video, plug in ataupun template gratis.

Kekurangan
- Jumlah halaman sangat terbatas sehingga ini tidak cocok bagi Anda yang ingin membangun website e-commerce dan konten edukasi yang membutuhkan banyak halaman.
- Adanya tanda atau penambahan nama domain dari website builder yang menandakan dimana Anda membuat website. 
- Sulit ditemukan mesin telusur karna Anda harus melakukan optimasi-optimasi tertentu setiap update konten atau SEO. Hal ini bisa saja menghambat perkemabangan bisnis karna kurangnya pengujung atau konsumen.
- Fitur yang terbatas bagi Anda yang suka otak-atik pengaturan dan ingin tampil profesional. Bisa dibilang ini kurang pas bagi Anda yang sudah profesional.

b. HTML dan CSS

Jenis-jenis Bahasa pemrograman

HTML dan CSS merupakan dua dari banyaknya kode script yang bisa Anda gunakan dalam medesain dan memanejemen website Sesuai keinginan. Jenis website seperti ini adalah website jenis statis yang di awal-awal kita bahas.

Sehingga dalam pembuatan website dengan pengkodean HTML dan CSS Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk bahasa pemprograman untuk memberi perintah dan mengatur website. Yah ! bisa dibilang ini berada ditingkat sulit bagi pemula namun sangat cocok bagi mereka yang perofesional ataupun pecinta website yang tulen heheh..

Pada pengkodean HTML dan CSS sendiri membutuhkan beberapa softtware seperti Notepad++, Text Wrangler, Sublime Text dan kode script lainnya. Nah, jika Anda memiliki skill di bagian ini Anda akan mendapatkan berbagai macam kemudahan di tahap lebih lanjut ini.

Kekurangan
Anda butuh waktu lama untuk belajar berbagai pengkodean sebelum benar-benar membangung website.

Kelebihan
Sudah tentu kelebihanya adalah berbagai kemudahan mengotak-atik website dengan mengatur CSS, HTML ataupun Javascript.

3. Berdasarkan Fungsi Website

Melangkah lagi - jenis website berdasar fungsi atau sederhananya website ini Anda bangun untuk keperluan dan tujuan untuk Apa ? Berikut beberapa fungsi website-website yang ada di internet :

a. Website Pribadi

Website pribadi

Website pribadi adalah website yang sesuai dengan namanya milik pribadi dan sangat dikenal di indonesia dengan istilah blog atau ngeblog. jenis website ini biasanya hanya di fokuskan untuk menuangkan berabagai karya tulis ataupun berabagai konten menarik Seperti pengalaman pribadi, opini, review ataupun blogging.

Pengelolahnya sendiri hanya dimiliki oleh satu, dua atau beberapa orang saja yang tertarik berbagi tulisan di internet. walaupun sebenarnya website ini baru populer di awal tahun 2000-an dan hanya di peruntuhkan bukan untuk profit atau penghasilan yang lumayan. Tapi dalam perkembanganya website pribadi telah membuka mata kita untuk mendapatkan profit yanga lumayan hehe...

Note : Bekerjalah untuk belajar.

b. E-commerce

Website E-commerce

E-commerce atau kerak kali dikenal sebagai toko online yang mengadakan jual-beli barang di internet. Sebagai pengusaha atau pebisnis ulung tentu memliki website adalah salah satu kunci pemasaran dan promosi barang yang tepat selain berjualan di marketplace atau media sosial.

Yah! ini bisa dianggap mereka memiliki toko di dunia nyata dan toko di dunia maya yang aktif 24 jam full. sangat menguntungkan bukan. Seingga, para pelaku usaha seperti ini akan lebih mudah mengarahkan konsumenya ke website mereka entah pelanggannya ada di medsos ataupun di dunia nyata.

Kemudahannya pun Anda bisa meminimalis waktu dalam mencatat transaksi online dan melakukan evaluasi lewat google analisis. Yah ! Ini jika Anda ingin menjadi pebisnis 4.0 heheh...

c. Website Perusahaan

Website perusahaan Siemens

Website perusahaan adalah website yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan barang atau jasa-jasa tertentu bagi calon pelanggan/konsumen. Keberadaan website ini akan memberikan kesan kuat akan kepercayaan pelanggan terhadap barang. Dimana barang resmi dapat diketahui dari situs resminya.

walaupun website perusahaan sendiri tidak bertujuan sebagi tempat jaul beli. Namun, ini point plus agar pelanggan menemukan tempat berkonsultasi yang tepat. Sehingga bisa di bilang website ini fokus pada pencitraan atau brand-brand terbaru yang akan diluncurkan dimana ini akan mengundang ketertarikan pelanggan untuk melakukan pembelian barang.

Website go-jek

Anda pun bisa membangun website jenis ini sebelum menydiakan layanan transaksi jual beli online atau website E-commerce. Agar pelanggan mendapatkan info-info seperti kontak, tentang perusaahaan ataupun history perusahaan Anda.

d. Blog (Content Marketing)

Content Marketing

Blog atau sejenis website yang kerap kali disebut-sebut sebagai website pribadi karana bahasa yang digunakan nggak formal-formal amat. dimana website ini bertujuan membagikan tips trik atau cara-cara tertentu sesuai pembahasan niche blog dan target utamanya adalah pageone google.

Keberadaan blog kerap kali dijadikan peluang untuk mengalihkan visitor/konsumen melakakuan pemeblajaan lewat link-link mereka.

Misalnya Anda seorang pengusaha yang menjual pakaian. Anda bisa membuat blog yang menjelaskan berabagia macam jenis baju dan kain-kain pakain yang berkualitas dan disaat bersamaan Anda memasang ling di blog untuk megarahkan mereka ke toko online Anda untuk berbelanja.

Cara lainpun bisa Anda gunakan jika blog belum ramai yaitu dengan menyewa atau membeli link eksternal lewat blog-blog profesiaonal atau yang blog dengan terafik penegunjung yang tinggi. 

e. Organisasi atau Instansi Pemerintah

Website Pemerintah

website pemerintah adalah sejenis website yang digunakan pemerintah untuk membagikan info-info resmi tentang nagara seperti pembangunan ataupun penetapan Undang-undang baru yang saat ini ramai diperbincangkan yaitu UU Omnibus Law. Puncaknya tanggal 10 Oktober 2020 hheheh...

Selain itu Anda juga bisa menemukan beberapa aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang diadakn pemerintah atau instalasi tertentu entah itu benar atau...

Website ini biasnya menggunakan domain seperi go.id, atau gov. yang berarti go dan gov adalah government sedangkan id adalah singkatan negara kita yaitu indonesia. Adapun website-webiste oraganisasi menggunkan domain .org atau .or.id.

f. Media Sharing

Media Sharing

Media Sharing atau website yang berujuan bebrabagi berbagai gambar, video, musik atau file-file lainnya yang bisa Anda temukan atau Anda butuhkan. Disisi lain user dapat mengupload video dan gamabr ke situs dan itu bisa dilihat oleh pengguna/pngunjung lainnya. 

Website jenis ini biasanya memiliki penyimpanan data base yang luar biasa besar. Anda sudah tidak asing lagi dengan website jenis ini contohnya Youtube, pixbay, dan lain-lain

g. Komunitas Online

Website Komunitas

Komunitas online atau website yang kembangkan untuk keperluan komunitas. Dimana topik atau konten akan dipublikasikan oleh kuntributor secara sukarala untuk kebutuhan komunitas ituu sendiri. 

Di website komunitas pengunjung akan mendapatkan informasi terbaru, tips trik atau tutorial dari satu topik atau beberapa topik tertentu. Contoh website ini yaitu wikepedia dan wikihow yang baru-baru ini populer.

Anda juga bisa Kok ! Membuat website komunitas Anda untuk membincangkan berbagai hal-hal menyenangkan dengan teman-teman. 

Misalnya komunitas hobi membaca yang mana dalam website Anda akan membagikan info-info seperti buku-buku populer, tempat membaca, tempat membeli buku dan bahkan Anda bisa mengakali calon pembaca dan teman-teman Anda dengan mengarahkan mereka untuk membeli buku ditokoh Anda (jika ada) menarik bukan !

h. Website Berita

Website Berita

Website berita - Yah ! dari namanya sudah sangat jelas bahwa ini adalah website yang membagikan berbagai macam info terbaru, trendi, hot news, viral dan segala jenis info-info terbaru di dunia dewasa ini.

Entah mereka membagikan dan memposting perkembangan perkonomian, politik, bisnis, pendidikan ataupun teknologi. Dimana mereka sangat aktif membagikan artikel atau konten sebanyak-banyaknya dalam sehari. Contohnya Detik, Kompas, inews dan sebaginnya.

Nah ! Jenis website Apa yang Anda ingin buat dan kembangkan di internet

Semoga dengan ini Anda bisa memilih dan menetukan jenis website sesuai tujuan Anda. Kami hanya membagikan info.

pilihanya ada di tangan Anda apakah tertarik membuat website !


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.