Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Tidak Malas Menulis Artikel

Pada saat melakukan aktivitas keseharian biasanya kita rajin dan biasa juga kita malas. Yang namanya juga tantangan sudah pasti ada.

Terkhusus pekerjaan seperti ngeblog yang notabenenya mesti rajin-rajin menulis artikel tiap waktu dan malas adalah salah satu tantangan terbesar bagi para blogger. 

Lalu apa yang menyebabkan para blogger malas ?

sebenarnya rasa malas menulis atikel  itu adalah hal yang lumrah, karna semua orang sudah tentu pernah malas dan saya pun demikian. 

Namun yang bahaya disini adalah jika malas itu sudah menjadi-jadi, dimana seseorang selalu menunda-nunda pekerjaan menulis dengan alasan semisal nggak ada ide, nggak ada waktu, dan alasan lainnya.

Untuk itu kami ingin membagikan kepada anda beberapa tips agar tidak mudah malas menulis artikel :

Tips Agar Tidak Malas Menulis Artikel


1. Cari Suasana Pendukung

suasana pendukung atau tempat menulis adalah letak kenyamanan anda untuk melakukan aktivitas entah itu bertempat di rumah, di kos, rumah kawan ataupun tempat-tempat lainnya.

nah, pada bagian ini kita mesti menfalisitasi diri kita pada dua kebutuhan dasar yaitu air dan oksigen. walaupun hal ini biasa dianggap sepele oleh beberapa orang. Namun ini sangat berpengaruh besar, terlepas dari kondisi ruang kerja anda seperti warna ruangan, meja, kursi ataupun lainnya. 

Memang kebanyakan dari kita lebih mencari-cari kelengkapan alat atau perabotan dan kondisi. 

Namun, pada saat melakukan aktivitas khususnya menulis artikel biasanya muncul rasa bosan, ngantuk dan akhirnya berhenti menulis.

Mengapa ini bisa terjadi ? 

Yap! jawabannya adalah karna kurangnya asupan oksigen dalam ruangan yang berperan sebagai memperlancar aliran darah ke otak. 

Yah! yang namanya manusia kurang oksigen sudah tentu akan mudah stress dan mengantuk. Apalagi jika nggak ada air disamping saat menulis tentu anda akan dehidarasi dan akhirnya anda akan cepat nyerah dan pekerjaan pun nggak jadi-jadi.

Hal ini saya sudah rasakan jauh-jauh hari.

agar hal ini nggak brulang. Maka, kita perlu mengigat bahwa ruang kerja mesti harus tersedia air minum dan oksigen atau pentilasi yang mendukung.

"Sederhana tapi berarti"

2. Nggak Selesai dalam Sekali Duduk

Umumnya bagi kebanyakan para blogger menulis arikel itu dilakukan dalam sekali duduk yang penting konsisten. yah ini benar.

Namun biasanya pekerjaan yang dilakukan dengan cepat belum tentu bagus.

Mengapa, karna pada saat melakukan pekerjaan umumnya kita memiliki batasan-batasan berpikir optimal atau produktivitas kerja dan produktivitas inilah yang bisa membuat orang mengahasilkan karya yang berkualitas. 

Nah, pada bagian ini kita akan membuat kebiasaan kerja-istirahat-kerja-istirahat-dst. 

khusus bagi para blogger yang sering menulis, saya ingin nyaranin untuk melakukan istirahat 10 menit saat sudah menulis sekitar satu jam-an yaitu meluangakan waktu memalingkan pandangan sekitar 10 menit sehabis melihat laptop selama satu jam.

Mengapa ? karna mata kita butuh perlakuan tertentu untuk bisa melihat objek jarak jauh dan dekat. Jika tidak mata kita akan mudah rabun karna nggak dibiasakan melihat objek jauh-dekat. Karna kegiatan menatap laptop berlama-lama akan membuat mata lelah dan kaku

untuk itu bagi para blogger kebiasaan ini perlu diubah sedikit.

Jadi, bekerja-isrtirahat-bekerja-istirahat. mesti dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas anda dalam mengasilkan karya bekualitas.

telepas dari cara saya diatas, anda bisa kok menggunakan waktu-waktu yang fleksibel "sesuai kemampuan" yang penting ada waktu istirahat dan ada waktu kerja.

3. Nggak Lupa Meluangkan Waktu

Meluangkan waktu bukan berarti selalu mencari-cari waktu kosong untuk bekerja seharian. 

Mengapa ?

Karna ini nggak produktif.

bisa jadi hari ini rajin, besok malas dan besoknya lagi malas hehehe...

bekerja itu nggak selamanya harus dilakukan seharian penuh. 

kita juga perlu jalan-jalan dan ngobrol dengan teman dan keluarga.

yang mana ini berguna untuk mengurangi beban pikiran seperti merefres diri dari kekakuan kerja yang monoton.

Dengannya anda akan lebih santai menjalani pekerjaan dan anda akan merasa lebih tenang setelah meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan teman-teman. 

"hidup itu nggak selamanya diseriusi tapi perlu juga dinikmati"

4. Buat Aktivitas Positif

Aktivitas positif sendiri bisa sangat bermanfaat jika anda mulai bosan mengetik. kegiatan ini anda bisa bangun lewat hobi yang anda senangi.

contoh kebiasaan atau aktivitas positif yang bisa anda lakukan : membaca novel, membaca buku motivasi, membaca buku cerita, olahraga seperti jogging di tempat-tempat indah atau jalan-jalan.

dimana aktivitas inilah yang akan membuka beberapa wawasan anda dalam menulis artikel. Selain menyanangkan kegiatan ini juga akan menambah referansi berpikir anda.


Itulah, beberapa cara atau tips yang bisa anda coba untuk mengurangi rasa malas menulis artikel.

Kesimpulan
menulis artikel bisa dibilang adalah hal yang gampang-gampang-susah kadang ada mod dan kadang juga nggak ada mod. Yah ! yang namanya tantangan sudah tentu ada. karna tidak ada sesuatu yang kita dapatkan tanpa adanya tantangan dan inilah tantangan terbesar kita sebagai blogger yaitu malas.

Semoga artikel kami kali ini bisa menambah referensi anda dalam mengilangkan rasa malas menulis. Terakhir jika teman-teman punya saran yang lain. silahkan tulis di kolom komentar di bawah, untuk dijadikan referensi atau bahan tukar menukar ilmu.

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Tidak Malas Menulis Artikel"