Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pengunjung - Versi Pemula

 Bagaimana judul yang bagus itu ? Apakah judul yang menarik itu penting ? bagaimana kita bisa menarik pengunjung agar mengklik artikel ? Mengapa judul saya kurang menarik ? Semua pertanyaan-pertanyaan ini mengarah pada satu masalah yaitu bagaimana cara menghipnotis pengunjung agar mengklik judul artikel !

Judul artikel adalah sebuah kalimat sederhana yang menentukan terklik tidaknya link blog. Jadi, ini adalah pintu gerbang blog, semakin bagus pintu masuknya maka, semakin orang penasaran apa yang ada di dalam. Saya pun bisa terpikat dengan hal seperti ini.

Berdasarkan data statistik Copyblogger menyatakan bahwa 8 dari 10 orang akan membaca teks judul artikel saja, sisanya 2 dari 10 orang akan meneruskan bacaan mereka setelah melihat judul artikel. artinya kebanyakan orang hanya melihat judul artikel kita, jika menarik diklik dan jika kurang menarik scroll ke bawah lagi heheheee...

Entah anda percaya atau tidak dengan data statistik ini. Tapi, rasakan saja secara pribadi saat online di google, mungkin anda mengklik judul yang unik atau paling tidak, judul itu menggemaskan untuk dikilik.

Lantas, bagaimana cara membuat judul yang menarik itu ?

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pengunjung - Versi Pemula

Membuat judul artikel yang menarik dan berkualitas itu biasanya membutuhkan waktu yang relatif agak lama bagi kebanyakan blogger. 

Entah ada yang memikirkannya berjam-jam, ada yang baca buku, ada yang pergi jalan-jalan dan ada juga yang ngobrol dengan teman, semua ini hanya untuk menghasilkan judul yang bagus. 

Pasalnya ini membutuhkan kreativitas dan konsentrasi yang memadai. 

Tak terkecuali diri saya sendiri, biasanya menentukan judul itu memakan waktu. Karna ada banyak hal yang mesti saya pertimbangkan.

Beberapa cara membuat judul artikel yang menarik - Versi Pemula :

1. Kuasai Isi dan Pesan yang Ditulis 


Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memutuskan judul artikel dengan tepat adalah mengetahui apa yang ingin kita tulis.

Khususnya judul artikel untuk saat ini, banyak blogger baru membuat judul yang bertolak belakang dengan artikel mereka. Biasanya mereka membuat judul yang luarbiasa bagus atau mereka menggunakan kata ampuh, jitu, cepat dan kata luarbiasa lainnya untuk menarik pengunjung.

Namun, judul luar biasa tersebut hanya berisi artikel yang biasa-biasa saja. Hal ini tentu berdampak negatif buat blog kita.

Mengapa ?

Karna, para pengunjung merasa dibodohi atau ditipu. Alangkah baiknya jika judulnya biasa-biasa saja tapi isinya sesuai atau bahkan lebih bagus.

"Tulislah sesuatu yang sesuai dengan apa yang ada dilapangan"

Kebenaran artikel anda akan memberi kepercayaan bagi pengunjung. Untuk itu, kita mesti membuat judul yang sesuai kemampuan. Jika, belum mampu sampaikan saja apa adanya seperti berpendapat "Begini yang saya rasakan, begini yang saya temui, begini pengalaman saya"

"Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana saja"

Disisi lain judul yang anda kuasai ini akan memudahkan dalam proses penulisan. Karna judul sendiri adalah ringkasan kalimat yang menjelaskan gambaran artikel. 

Bagaimana anda bisa menggambarkan sesuatu jika anda sendiri tidak tau bagaimana gambarannya.

2. Tulis Judul Artikel dengan Singkat Padat dan Jelas


Point selanjutnya adalah membuat judul artikel dengan menghemat kata. Judul yang sederhana dan tidak terlampau panjang akan memberi kesan cepat dibaca dan cepat ditanggapi - apa isi dalam artikel tersebut.

Umumnya panjang judul yang muncul di google sendiri sekitar 7-9 kata saja atau paling tidak judul artikel tersebut bisa dibaca dalam sekali tarikan nafas. 

Contohnya judul artikel saya ini "Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pengunjung - Versi Pemula"

Walaupun ada juga yang mengatakan bahwa yang bagus itu dibawa 70 karakter/huruf  yang artinya judul artikel memuat sekitar 13 kata. Secara pribadi saya nggak begitu menyarankan jumlah ini.

Jadi, penulisan judul itu mesti diusahakan singkat padat dan jelas bukan singkat padat dan nggak jelas heheee....

Namun, apabila anda terkendala pada judul artikel yang terlampau panjang dan anda tidak bisa mencutnya.

Maka, solusinya coba lihat baik-baik apakah judul artikel anda bisa dipecah menjadi dua bagian atau judul artikel anda bisa dibuat menjadi dua artikel.

Hal ini, berguna agar judul artikel anda nggak kepotong di halaman pencarian google. 

3. Buat Judul Artikel Lebih Spesifik


Rahasia postingan bisa berada di pageone google adalah pengadaan judul artikel yang spesifik atau judul tersebut masih belum banyak dipost atau bahkan belum dipost oleh siapapun. 

Jadi seknarionya seperti ini, jika seseorang mencari sesuatu yang spesifik terkait artikel anda, maka artikel andalah yang akan muncul di halaman utama pencarian.

Memang judul seperti ini tebilang susah dan membutuhkan keahlihan khusus. Tapi, ini berdampak untuk memperbesar peluang anda menempati pageone google.

Cukup susah, tapi bisa dilakukan. Caranya buatlah kebiasaan menyelipkan satu atau dua artikel yang melenceng dari beberapa judul umum. Artinya 2 dari 5 artikel anda buat judul yang spesifik.

Sedikit banyaknya yang anda posting itu sesuai kemampuan, yang penting jumlah artikel berjudul spesifik lebih sedikit dari pada judul artikel umum anda.

"Benih-benih kesuksesan itu bisa tumbuh lebih baik saat lahannya masih kosong"

4. Tambahkan Data, Angka dan Kata Sifat Pada Judul Artikel


Salah satu penyebab sebuah artikel terkesan lebih kredible atau lebih dipercaya adalah adanya penggunaan data.

Data sendiri adalah kumpulan fakta-fakta yang menggambarkan suatu keadaan atau secara spesifik data pada judul artikel berfungsi untuk menggambarkan fakta dalam artikel.

Penggunaan data pada judul artikel sendiri secara pribadi sangat jarang saya gunakan kecuali artikel saya mengandung topik hasil penelitian. Saya pun masih belum banyak mendalami bagian ini, berhubung masih belajar - pemula.

Adapun penggunaan angka yang sering kita dapati pada judul-judul artikel di internet, berguna untuk menyakinkan si calon pembaca bahwa dalam artikel ini mengulas beberapa point penting yang bermanfaat. artinya pengunjung akan di hipnotis dengan jumlah manfaat yang didapatkan.

Penggunaan angka juga berguna untuk memberi gambaran kepada calon pengunjung kita tentang langkah-langkah, tips-tips, trik-trik secara rinci dan fleksibel.

Jadi, secara umum penggunaan angka sendiri lebih kepada artikel Bucket List atau artikel daftar. Judul artikel jenis ini mengandung jumlah kata yang lebih banyak daripada artikel lainnya.

Selanjutnya, penambahan kata sifat pada judul artikel berguna untuk penguat keberadaan artikel seperti : terpopuler, terbaik, terupdate, terpercaya, paling, menarik, sangat dan seterusnya. 

Namun, penggunaannya pun mesti berbanding lurus dengan isi artikel. Jangan sampai anda tulis terpopuler tapi isinya nggak ada yang populer atau hal-hal mencolok. Kan! Nanti repot jadinya hehee...

Contoh judul yang menggunakan 3 elemen di atas :

- 7 Situs terbaik tempat belajar ngeblog


12+ Kriteria Tipe Blog yang Disukai Google - Terbaru Blogger Harus Tau : satu ini saya nggak menyarankan karna kepanjangan heheheee..

5. Masukkan Kata Kunci pada Posisi Strategis


Mengingat penggunaan kata kunci pada judul artikel sangat penting. Untuk itu jangan pernah anda sia-siakan penempatannya, tempatkanlah kata kunci itu pada posisi yang strategis.

Posisi yang strategis itu yang mana ?

Posisi yang dimana kata kunci anda terlihat alami dan menyatuh dengan judul artikel. Contohnya judul artikel saya :

- 6 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pengunjung - Versi Pemula

Judul Artikel adalah kata kunci artikel saya.

Dengan penempatan yang strategis mesin pencari akan lebih mudah menemukan dan menampilkan informasi judul artikel anda. Apakah artikel anda relevan atau masih perlu dikembangkan itu semua tergantung penempatan kata kunci dalam judul artikel.

6. Perlihatkan Manfaat pada Judul Artikel


Rata-rata orang melakukan pencarian di google karna butuh informasi yang bermanfaat untuk dibaca. Namun, yang biasa jadi masalah adalah bagaimana calon pengunjung tau kalau artikel tersebut bermanfaat. 

Caranya !

Anda memperlihatkan gambaran manfaat artikel anda di bagian judul artikel. Penulisan menfaat nggak juga mesti tertulis langsung -manfaat, anda bisa kok ! Menggunakan kata synonym atau kata yang sama, paling tidak itu menggambarkan manfaat. contohnya cara mudah, fungsi utama, cara sederhana, lebih efektif, lebih efesien dan sejenisnya.

Konten yang bermanfaat itu pada prinsipnya bisa membantu para pengunjung mengatasi masalah yang mereka hadapi atau minimal mengurangi dampak masalah mereka. Sederhananya berilah mereka harapan bukan harapan palsu heheee..

Namun, jika anda terkendala pada penyelesaian masalah pengunjung atau mereka bertanya di kolom komentar dan itu diluar kemampuan anda. Maka, anda bisa menceritakan pengalaman anda yang mendekati atau mengatakan saya belum pernah mengalami hal tersebut.

"Jujur itu lebih baik daripada mengada-ada"

Beberapa rahasia membuat judul artikel yang menarik - Versi Up :

1. Diskusikan Judul Artikel dengan Orang Lain

Sebelum anda memutuskan layak tidaknya judul artikel anda terpoting, anda perlu menimbang-nimbang judul artikel tesebut dengan cara memperlihakannya ke teman, kolega, sahabat, keluarga atau mereka yang bisa diajak bicara.

Mengapa ?

karna ini bisa memberikan gambaran apa yang akan dilakukan pengunjung saat mencari sesuatu di mesin pencari.

"anda menulis bukan untuk mesin melainkan, anda menulis untuk manusia"

Pada saat diskusi, teman anda akan menanggapi apa yang kurang dan apa yang perlu ditambahkan. Proses ini tentunya butuh waktu. Tapi, ini bisa meningkatkan kualitas artikel anda. 

2. Undang Perasaan Pembaca melalui Judul Artikel


Skill menarik yang bisa anda ciptakan saat penulisan judul adalah anda mengundang rasa pada judul artikel anda entah itu rasa sedih, kagum, kecewa, bahagia semua itu akan mendatangkan simpati pengunjung untuk mengklik judul artikel.

Penerapan skill seperti ini sangat banyak di postingan-postingan di sosmed. Salah satunya postingan Facebook yang berisi kutipan-kutipan, dimana kutipan tersebut mengundang simpati orang-orang dan akhirnya mereka pun memberi like dan komentar.

Hal ini juga nggak beda jauh dangan orang-orang yang sedang melakukan pencarian di google. Mereka bisa dipancing dengan judul yang berperasaan kita hehehee..

Agar judul ini lebih komplit, maka anda harus menghiasi isi artikel dengan beberapa rasa seperti rasa kagum, penasaran, takut dan semua ini akan mendorong pengunjung agar membaca artikel anda sampai tuntas.

"Sentuhlah ia tepat dihatinya maka ia akan milikmu sementara heheheee..."

Contoh :

- Hindarilah 5 kebiasaan ini maka anda akan sukses

- 5 Hal yang Perlu di hindari saat menulis artikel

3. Buat Pembaca Merasa Terlibat dalam Judul Artikel


Terlibatnya calon pembaca pada judul artikel kita, tentu bisa memancing emosional si calon pembaca. Hasilnya artikel anda lebih berpeluang untuk di klik oleh para pengunjung. 

Teknik dasar yang umum digunakan agar pembaca merasa dilibatkan yaitu penggunaan kata ganti orang kedua seperti kamu, Anda, kalian, sobat semua ini bisa anda pasang pada judul artikel.

penggunaan kata seperti ini mampu menarik pengujung, seolah-olah mereka merasa diperhatikan atau mungkin mereka merasa memiliki masalah yang serupa dengan judul artikel anda. Bahkan bisa saja mereka merasa artikel tersebut dibuat khusus untuk mereka - Di istimewakan heheee...

Contoh :

-  Cara membuat blog kamu agar terlihat menarik

- Tips memilih template agar anda nggak salah pilih

- 5 Hal yang perlu anda perhatikan saat memilih keyword

4. Kenali Selera Calon Pembaca 


Sebuah judul artikel yang pantas menempati pageone google adalah judul artikel yang sesuai dengan keadaan, passion, atau kebutuhan pengunjung. artinya anda tau apa yang disuka pengunjung.

Sama halnya sebuah perusahaan besar, sebelum perusahaan memasarkan barang. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui selera pembeli. Apabila perusahaan tersebut bergerak dibidang properti maka pilihannya - apakah barang akan dipasarkan untuk masyarakat menengah ke bawah atau menengah ke atas. Semua ini sangat berpengaruh dengan bentuk dan kualitas barang yang akan diproduksi massal.

Nah ! jika kita berbalik pada judul artikel. Maka, kita mesti mengetahui tulisan atau judul artikel kita, kita tujukan untuk siapa - apakah pebisnis, pegawai, pengangguran atau mereka hoby olahraga, hoby menulis, hoby diskusi dan hal-hal lainnya.

Mengapa ?

Karna ini berguna agar judul artikel anda lebih mengerucut dan tepat sasaran terhadap siapa sebenarnya calon pembaca anda. 

Pembuatan judul ini mesti anda kuasai dan itu berada pada bidang anda atau paling tidak anda pernah merasakan hal tersebut. 

"Beda ceritanya saat anda mengalaminnya daripada anda hanya diceritakan oleh orang lain"

5. Beri Alasan Mengapa Mereka Perlu Membaca Artikel Anda


Generator penggerak yang dapat membuat seseorang untuk melakukan sesuatu adalah adanya alasan untuk melakukan sesuatu atau yang ke dua ia punya tujuan untuk melakukan hal tersebut. 

contoh dalam kehidupan sehari-hari saat anda meminum segelas air putih karna sedang haus. Lalu pertanyaannya :

Apa alasan anda meminum air tersebut? Jawabannya sudah tentu, karna air bisa menghilangkan dahaga. Jadi, alasan anda meminum air adalah untuk menghilangkan dahaga.

Begitu pun dalam dunia ngeblog. Calon pengunjung kita membutuhkan alasan mengapa judul artikel kita perlu untuk di klik. Untuk itu, tunjukkan bahwa artikel yang anda tulis bisa memberikan sesuatu yang di inginkan oleh calon pengunjung.

Itulah beberapa cara menarik pengunjung untuk mengklik judul artikel, dari versi pemula sampai versi up semuanya bisa anda uji coba.

"Kita berangkat dari kesalahan ke sedikit kesalahan dan lebih sedikit kesalahan"

Kesimpulan

Pada prinsipnya judul artikel hanyalah gambaran sederhana tentang bagaimana isi artikel anda dan tingkat relevasinya tergantung dari cara kita membuat judul artikel itu sendiri - apakah punya daya saing atau nggak.

Semenarik apapun, sebagus apapun dan sehebat apapun judul artikel akan jatuh di algoritma google jika isinya beda. artinya kita telah menciptakan judul clickbait : judul hoax.

Peristiwa ini bisa saja terjadi jika skenarionya anda membut judul yang tidak sesuai kemampuan atau yang kedua isi artikel anda tidak mengandung statement menarik untuk dibaca. Akhirnya anda berpikir keras membuat judul semenarik mungkin, alhasil jadilah peti harta yang isinya kosong heheee...

Kerjakan sesuai kemampuan lama-lama berkembang sendiri kok!

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pengunjung - Versi Pemula"