Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membangun Kebiasaan Menulis Artikel - Versi Blogger

 Menulis artikel adalah kebiasaan yang bisa dianggap salah satu standar untuk para blogger agar, bisa sukses dan terus maju. Entah mengapa, kebiasaan jenis ini biasa sangat sulit dijalankan dan biasa juga sangat mudah dijalani. 

Mengapa ?

Anggap aja kita baru mengenal sesuatu contohnya, saat pertama kali datang ke kampus atau ke rumah teman. Sebelum ke sana biasannya kita akan lebih banyak berpikir tentang apa yang akan dibawa, bagaimana rutenya, jam berapa saya berangkat dan hal-hal lainnya, di saat yang sama otak anda akan bekerja keras untuk memikirkan semua hal tadi.

Proses ini berulang beberapa kali, mungkin dua tiga kali otak anda masih banyak mikir sebelum berangkat. Namun, jika sudah berulang sepuluh atau ratusan kali anda berkunjung, biasanya anda akan otomatis tergerak tanpa pikir panjang untuk berangkat ke kampus ataupun ke rumah teman.

Jadi, bisa di simpulkan bahwa awalnya otak kita digunakan berpikir untuk membentuk kebiasaan. Hingga, lama-lama kebiasaan itu membentuk diri kita tanpa disadari.

Lalu, bagaimana cara, agar kebiasaan seperti menulis artikel bisa dibangun ?

Cara Membangun Kebiasaan Menulis Artikel - Versi Blogger


Ada pepatah mengatakan bahwa :

"kita adalah apa yang selalu kita lakukan berulang-ulang. Karna itu, keunggulan kita bukanlah suatu tindakan melainkan sebuah kebiasaan"

Jika, kita menganggap segala hal yang dilakukan adalah sebuah tindakan, tentu setiap hari anda akan berpikir sebelum melakukan sesuatu. nggak kebayang jika ke kamar mandi saja kita berpikir seperti mana kita basuh pertama, kaki mana yang pertama di langkahkan dan mulai dari mana kita menggosok gigi. 

Yah ! ini sangat merepotkan bukan. Tapi, kenyataannya tidak demikian, karna semua ini otomatis jalan sendiri tanpa disadari. 

Mengapa ?

Karna sebagian besar aktivitas keseharian kita dijalankan oleh kebiasaan.

Beberapa cara membentuk kebiasaan menulis artikel :

1. Menulis Tiap Hari

Menulis tiap hari adalah salah satu kebiasaan yang dianggap mudah dan sepele oleh kebanyakan orang. Saking mudahnya kita berpikir nanti aja saya kerjakan, sebelum ini, jam segini bagusnya saya mulai nanti, hingga akhirnya banyak dari kita menunda-nunda dan kebiasaan inipun tidak jalan-jalan.

Yah ! yang namanya godaan dan alasan untuk malas, sudah tentu akan ada.

Tapi lain ceritanya jika kita berpikir untuk mengerjakan sesuatu tidak menanyakan tentang bagaimana kalau begini, tetapi sebaliknya yaitu kita berpikir antara ya dan tidak. Artinya saya kerjakan atau saya tidak kerjakan.

Tips ini adalah salah satu cara ampuh saya memulai sesuatu dengan mudah tanpa pikir panjang. Sederhana tapi berasa.

2. Pasang Target yang Mudah di Awal

Sama halnya saat main game. Awalnya itu kita berada dilevel paling rendah dan disaat yang sama kita berhadapan dengan musuh berlevel rendah. Hingga akhirnya kita berhasil mengalahkanya bukan.

dari kemenangan ini kita akan merasa lebih baik bukan. Tapi jika di awal permainan sudah berhadapan dengan bosnya, tentunya kita akan sering dikalahkan dan pada akhirnya kita kecewa sendiri.

Nah, sekenario ini nggak beda jauh dengan membuat target sederhana dan mudah di awal-awal, yang pada akhirnya tercapai dan anda akan merasa puas. Disisi lain anda merasa selalu ingin melakukannya.

Dari sinilah anda akan terus berkembang menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. 

"Melangaklah sesuai dengan langkah kaki kita, bukan berlari seperti pelari terbaik"

3. Adakan Batasan 

Cara mencapai sesuatu yang berkepanjagan seperti kebiasaan menulis artikel adalah dengan menikmati prosesnya. Walaupun saat itu anda memiliki semangat tinggi untuk menyelasaikan banyak hal.

Tapi, itu kurang bagus. apalagi anda ingin menyelesaikannya dalam waktu yang singkat seperti sistem kebut semalam.

Untuk itu, kita memerlukan batasan waktu saat menulis. Cara saya membuat batasan ini jika senggang, biasanya saya mengetik sampai saya merasa kurang optimal berpikir saat menulis dan saat itulah saya berhenti, di jam istirahat pun saya cari hiburan-hiburan kecil.

Tapi, lain ceritanya saat saya sibuk, saya biasa mengerjakan kegiatan megetik itu beberapa kali dengan waktu yang berbeda-beda entah 30 menit di waktu pagi, 15 menit di waktu siang, 15 menit di sore hari dan seterunsnya. (note : waktu tidak tetap atau semata prediksi).

Hal ini bisa anda coba dengan versi sendiri, yang penting anda nyaman melakukannya bukan terpaksa. Karna segala sesuatu ada waktunya.

"kita adalah akumulasi kebiasaan berulang itu"

4. Siapkan Hadiah Kemanangan

Hadiah kemenagan, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik, biasa sangat membantu disaat anda butuh semangat.

"semangat itu perlu dicas bro"

hadiah ini anda bisa anda berikan kepada diri anda sebagai hasil perjuangan misalanya jalan-jalan, makan di luar atau benda menarik menurut anda. Ini sesuai kemampuan. 

saya sendiri hadiah kemenangannya adalah nonton sambil rebahan. Alasannya, karna gratis dan mudah dilakukan serta saya nyaman akan hal itu hehehee....

Carilah kecocokan hadiah anda, paling tidak itu menyenangkan dan positif.

5. Buat Catatan

catatan ini saya biasa buat tiap hari di buku. Sebagai salah satu tempat saya menuangkan rasa entah rasa senang, sedih, susah, galau dan rasa lainnya, semuanya saya lampiaskan di buku.

Mengapa ?

sebagai pelepasan rasa yang tak tersampaikan hehehe...

Selain itu catatan saya bisa berisi referensi-referensi menarik lainnya. Karna bagi saya itu menyenangakan dan disisi lain hal ini membagun diri saya dalam membentuk kebisaan sekaligus menambah wawasan yang saya inginkan.

Kegiatan ini bisa anda lakukan hanya dengan mengaadakan buku dan pupen saja. catatlah sesuatu yang kamu suka dan itu berkesinambungan.

6. Pegang Sebuah Alasan atau Prinsip

Prinsip atau alasan adalah niat kuat anda melakukan kebiasaan ini. Contohnya anda tidak akan tenang jika belum menambah wawasan atau ilmu. karna anda punya prinsip ilmu itu menenangkan dan salah cara mendapatkanya adalah dengan menulis artikel.

alasan-alasan lainpun bisa anda ciptakan sesuai keinginan paling tidak itu positif. Buatlah seribu satu alasan anda melakukanya.

Alasan ini akan berfungsi sebagai pengingat disaat anda mulai malas atau benar-benar malas.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba agar kebiasaan bisa terbangun.

Kesimpulan

Pada akhirnya apa-apa yang menyangkut dengan kebiasaan tentu membutuhkan proses yang tidak instan. Penting diketahui bahwa anda akan menemukan sesuatu yang berharga dari kebiasaan positif. 

walaupun kita menganggapnya tidak ada didapat tapi, bukannya tidak ada hanya saja belum mucul. Seperti anak kecil minta sepeda saat masih kaku berjalan dan saat itu meraka tidak diberi.

Mengapa ?

Karna belum waktunya "syarat dan ketentuan belaku"

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

1 komentar untuk "6 Cara Membangun Kebiasaan Menulis Artikel - Versi Blogger"