Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar - Versi Pemula

 Bagaimana cara saya membuat artikel yang menarik? Apakah artikel yang menarik itu penting? Bagaimana saya bisa bersaing di halaman utama google? Apakah sering memposting artikel itu terbilang efektif? Semua pertanyaan ini mengarah pada hal yang mendasar yaitu bagaimana cara kita membuat artikel yang baik dan benar. sehingga artikel kita nantinya punya daya saing di beranda google.

Untuk saat ini, kita sebagai seorang blogger yang lahir di tahun 2020 atau di tahun 2021, kita semua dituntut untuk membuat konten yang berkulitas dan menarik untuk dibaca. walaupun, ada sebagian dari kita yang mengatakan bahwa "Postinglah sebanyak-banyaknya artikel tiap hari agar suatu hari nanti kita bisa sukses". 

Namun, Jawaban yang sejenis ini sudah dianggap basi di tahun 2021 hingga ditahun-tahun berikutnya... 

Mengapa?

Karna sekarang adalah masa dimana jumlah blogger dan pemilik website pribadi sudah meledak. 

Berbeda di 10 tahun lalu, suatu tahun peminat dan pemilik website pribadi masih sangat sedikit dan bahkan kebanyakan dari mereka hanya memposting sebanyak-banyaknya artikel, hingga pada akhirnya rata-rata postingan mereka membawa trafik pengunjung yang lumayan banyak, mungkin bisa dikata mereka telah sukses membangun website/blog dimasa itu.

Terkait prinsip untuk memposting sebanyak-banyaknya artikel pada masa tersebut, tentu sangat ampuh diterapkan. 

Tapi, akan lain ceritanya di masa sekarang, masa kita ditempatkan di tahun yang berbeda yaitu tahun beratnya persaingan dalam dunia blogging. 

mungkin sebagian dari kita akan merasa ragu dan mulai khawatir, tak terkcuali diri saya pribadi merasa begitu...

dengan adanya semua fakta dan realita yang terjadi sekarang ini, untuk saya sendiri semuanya nggak perlu terlalu dikhawatirkan "bagaimana kalau begini dan bagaimana kalau begitu".

Intinya sebenarnya adalah yang penting kita masih tetap punya niat dan punya keinginan belajar. Kemungkinan atau pasti niat itu suatu waktu akan membuahkan hasil.

Ya! walau nggak instan juga sih...

semua butuh waktu dan tenaga dan sedikit kesabaran hehehee...

"Bekerja untuk belajar, bukan bekerja untuk uang"

Jadi, secara garis lurus para blogger di tahun ini mesti membuat artikel yang menarik dan berkualitas atau minimal kita sebagai pemula mampu membuat artikel dengan baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara kita membuat artikel yang baik dan benar serta layak dibaca oleh para pengujung?

Cara Membuat Artikel Blog yang Baik dan Benar - Versi Pemula

Membuat sebuah artikel adalah kebiasaan yang harus dimiliki oleh setiap blogger. apalagi yang baru memulai ngeblog, mesti mereka harus membiasakan diri untuk menulis tiap hari, panjang pendeknya tulisan nggak penting "intinya kita rutin menulis". Minimal ada yang dapat ditulis biarpun dalam satu hari kita hanya mampu menulis satu dua paragraf dan bahkan di hari itu belum ada satu artikel bisa diposting.

Tapi, ituu bukanlah masalah...

Mengapa ?

Karna yang jadi masalah untuk sekarang adalah kewajiban pertama kita sebagai pemilik blog yaitu melakukan banyak eksperimen dan belajar dari kesalahan-kesalahan dari hasil eksperiment kita sendiri. 

Jadi, jangan heran jika ada banyak sekali kesalahan yang kita buat ketika kita belajar menulis artikel dengan baik dan benar!

Berikut beberapa cara sederhana untuk membuat artikel dengan baik dan benar :

1. Tema Artikel


Langkah pertama dalam pembuatan artikel adalah menentukan tema, tema yang kamu bahas nanti mesti dikusai, atau paling tidak banyak hal yang kamu ketahui tentang tema tersebut. 

Mengapa? 

jawabannya sederhana, karna dengan tema yang kamu kuasai, kamu akan lebih lebih dimudahkan saat menulisnya dan tujuan penulisan artikel bisa lebih terarah dengan jelas (bukan kalam kabut).

Selain itu kamu akan lebih enjoy mengerjakan satu artikel dan bahkan kamu menikmati pekerjaan menulis artikel. 

"Kerjakan apa yang kamu mau, yang kamu bisa dan kamu menikmatinya"


Untuk tahap selanjutnya kamu boleh memikirkan tentang bagaimana caranya agar tema itu nantinya bisa terasa menarik buat pengunjung atau dibutuhkan oleh banyak orang. 

Tema yang menarik, secara pribadi bagi saya akan memicu kita untuk menelusuri hal-hal yang terkait dengannya. artinya link-link yang ada di artikel kita punya peluang diklik oleh pengunjung.

Untuk masalah tema, khusus yang belum dikuasai atau temanya milik artikel orang lain.

Solusinya... Cobalah kamu ambil saja point-point penting dari artikel mereka untuk disalin, yang kemudian kamu akan mengubanya dengan bahasa kamu sendiri, artinya kamu bukan asal copas.

saya bahasa saya, kamu bahasa kamu, mereka bahasa mereka, yang penting tujuannya masih sama. Walaupun sudut pandang penulisannya agak ber-beda.

Kesalahan lain yang biasa dilakukan penulis artikel adalah penggunaan tema yang terlampau umum dan luas. yang tampak sekilas menarik dan mudah ditulis, tapi bagi pengunjung, mereka nanti agak kebingungan jika isi artikel kita menjalar kemana-mana, dikarnakan tema bahasanya sangat luas.

Akan lebih bijak jika kita memberi batasan pada penentuan tema. mungkin pilihan tema yang lebih spesifik jawaban terbaik saya

2. Judul Artikel


Setelah anda menemukan tema yang menarik, langkah yang kedua yaitu menentukan judul. Judul yang bagus itu, bisa mengundang rasa penasaran si calon pengunjung.

Selain menarik pengunjung, judul tersebut mesti sesuai dengan isi artikel dan saat dibaca pengunjung, mereķa paham apa yang akan dibahas di dalam.


Lalu, apa perbedaan tema dan judul ?

Tema adalah gagasan utama atau amanah yang ingin disampaikan dalam artikel sedangkan judul adalah perinciannya atau cara kita memikirkan bagaimana kata-kata dan kalimat bisa tersusun agar gagasan utama tesampaikan.

"Kesan pertama bisa jadi penentu"

Kesalahan yang biasa muncul dalam pembuatan judul artikel adalah judul artikel terlalu kaku atau terlalu fokus mengikuti keyword saja. 

Memang bagus menempatkan fokus keyword dibagian awal judul, namun jika tidak memungkinkan, jangan dipaksakan nanti artikel anda terlihat aneh. 

Link - 2 Trik

Ingat ! bahwa kita menulis judul untuk manusia bukan hanya untuk robot google.

3. Kerangka Artikel


Membuat karya tulis yang berbobot dan rapi tentunya suatu tantangan besar buat para blogger. Tantangan ini akan sangat berasa saat anda mulai berpikir "saya nulisnya mulai dari mana". 

Bagian ini adalah tempat anda di uji keuletannya dalam menyelasaikan artikel yang terencana dari awal. Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengerjakan bagian ini, salah satunya adalah menulis seluruh poin-poin penting yang akan di bahas dalam artikel.

Lalu, apa itu kerangka artikel ?

Kerangka artikel adalah bentuk susunan dari tulisan yang menentukan tujuan dari artikel seperti point -point artikel. Kerangka sederhana ini akan membantu anda agar tetap berada pada ide awal atau paling tidak artikel anda tidak menyimpan dari gagasan utama.

Disisi lain isi artikel anda tidak mengalami pengulangan topik ataupun pengulangan bahasan dan anda sudah setengah jalan dalam pembuatan karya tulis yang betul-betul berbobot sekaligus rapi.

Adapun masalah yang biasa muncul pada bagian ini adalah tidak adanya ide utama sebagai penentu kerangka pikir. 

Gimana solusinnya !

solusinya anda bisa mencari satu artikel yang betul-betul lengkap dari segi struktur, poin-poin penyusun dan artikel tersebut jelas tujuannya. Nah ! setelah dapat selanjutnya, anda menjadikannya patokan kerangka dengan catatan gunakan bahasa anda sendiri. 

4. Referensi tambahan


Sebelum kerangka artikel anda tertuang dalam bentuk tulisan utuh. Ada baiknya anda mencari beberapa informasi pendukung atau referensi-referensi yang terkait dengan point-point artikel.

Referensi pendukung ini akan membantu anda dalam pengembangan artikel dan pengerjaan artikel pun bisa lebih mudah.

Anda bisa mencari referensi tersebut lewat artikel, video, buku ataupun pengalaman pribadi semuanya bisa dijadikan referensi. 

Pada skala luasnya lagi, dari apa yang dilihat, didengar, dibaca dan dirasa ini semua bisa direalisasikan dalam bentuk tulisan dan ini termasuk referensi.

Beberapa point tambahan pembuatan artikel :

1. Optimis Terhadap Ide Anda


Salah satu kendala yang hampir dihadapi oleh semua penulis artikel adalah munculnya rasa pesimis terhadap ide-ide mereka sendiri. Sangat disayangkan jika ide yang mereka anggap konyol itu berhasil menarik pengunjung.

Untuk itu sebagai penulis artikel mesti membiasakan diri menghindari sifat ragu-ragu menyampaikan gagasan atau ide pribadi.

Mengapa ?

karna kita nggak bisa menilai diri kita sendiri termasuk tulisan kita, biarlah orang lain atau pengunjung artikel yang menilai "Apakah artikel anda bernilai atau masih perlu dikembangkan".

Ide yang baik dan menarik itu berasal dari pengalaman dan peristiwa yang pernah anda alami. Semua ini akan mengundang rasa penasaran pengunjung tentang hal-hal yang pernah anda rasakan seperti kecewa, bahagia, malu, gagal dan perasaan lainnya. 

Saya pun lebih tertarik membaca artikel yang menceritakan pengalaman si penulis.

Artikel jenis ini, isinya akan terasa besahabat apalagi gagasan utamanya tersampaikan.

2. Bayangkan Anda Berhadapan dengan Pengunjung


Tahukah anda bagaimana rasanya saat kita sedang ngobrol dengan teman-teman. Dimana obrolan tersebut tidak dirasa mengalir begitu saja dan saat itu kita lebih leluasa berbicara. Apapun bisa tersampaikan.

Hal ini bisa anda terapkan saat menulis artikel agar penggunaan bahasa dalam artikel nggak kaku. walaupun agak terkesan aneh jika kita berbicara lewat artikel tertulis. 

Aneh tapi bisa menghipnotis pengunjung membaca artikel anda lebih lama. 

Mengapa ?

Karna artikel anda berasa lebih hidup saat membacanya. Seolah-olah mereka sedang ngobrol dengan anda secara langsung.

Kita berhadapan dengan manusia maka berbicaralah lewat tulisan yang manusiawi hehehee...

3. Jangan Membuat Paragraf Terlampau Panjang


Masalah yang biasa dialami pengunjung termasuk saya saat membaca artikel adalah panjangannya paragraf si penulis artikel. 

Kekecewaan terbesar bagi pengunjug apabila paragrafnya terlampau panjang dan pembahasanya belepotan. Pada akhirnya pengunjung out dari blog dan ini akan memberi sinyal ke google bahwa artikel anda nggak relevan.

Bagian ekstrimnya statistik visitor menurun dan peluang pageone hilang. 

Untuk menghindari masalah ini buatlah paragraf atau potongan-potongan kalimat yang jelas dan padat.

mengapa ?

karna kebanyakan pengunjung artikel kita menggunakan teknik baca cepat. Rata-rata calon pembaca kita hanya mencari point-point penting dalam artikel. Bahkan mereka hanya fokus pada bagian atas artikel dan selebihnya langsung scroll cepat ke bawah.
Yah ! Kitalah dirugikan karna udah mati-matian nulis dengan lengkap dan hasilnya nggak sesuai harapan. Namun, jangan khawatir.

Ada kok ! Cara menangani hal ini yaitu buatlah tulisan anda semenarik mungkin di awal-awal artikel artinya anda maksimalkan kemampuan di sana, dengan itu para pembaca akan lebih memperhatikan bacaan selanjutnya.

"Kesan pertama bisa saja menjadi penentu"

4. Isi artikel Spesifik


Rata-rata artikel yang beredar di internet adalah artikel yang membicarakan omong kosong belakang atau biasa dianggap itu postingan yang menumpuk dan tidak jelas apa yang dibahas. 

artikel jenis ini bisa anda temui, saat anda membaca artikel tapi tidak mendapatkan point yang dibutuhkan.

Lantas mengapa sebuah artikel bisa tidak berisi ?

Jawabanya, karna artikel tersebut terlalu banyak membahas hal yang tidak berkaitan dan pembahasannya terlalu menjalar kemana-mana. Jadinya para pembaca sulit menemukan point-point penting dalam artikel tersebut.

Jadi, sederhananya artikel yang bagus itu adalah artikel yang memberikan informasi spesifik yang benar-benar dibutuhkan pembaca. 

Contohnya saat anda membuat artikel "cara menentukan niche blog". Maka anda mengisi artikel tersebut beberapa langkah praktis seperti cara penerapan langsung atau paling tidak berilah contoh kegiatan yang bisa dilakukan agar para pengunjung lebih percaya tentang isi artikel anda. 

"Penjelas yang hebat itu bukan mereka yang bisa menggunakan bahasa yang tinggi saat menulis melainkan, mereka hanya orang yang menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang mudah saja"

5. Tambahkan gambar Pendukung


Selain artikel berisi tulisan saja, anda bisa menambahkan beberapa gambar pendukung. Dimana gambar pendukung ini bisa mewakili artikel atau point-point artikel.

Penggunaan gambar sendiri nggak perlu high quality yang penting jelas dan kapasitasnya rendah - standarnya kira-kira 50 kb pergambar.

Mengapa ?

Karna dengan rendahnya kapasitas gambar artikel anda, tentu akan memudahkan akses masuk artikel blog. walaupun sebenarnya gambar sangat membantu dalam artikel tapi, jika penggunaannya keliru bisa saja mendatangkan kerugian seperti pengunjung keluar blog sebelum loading artikel selesai "Malas menunggu".

6. Baca Kembali Artikel Anda


Setelah semua bagian-bagian artikel selesai. anda selanjutnya menyempatkan diri membaca artikel agar anda tidak melewatkan kata atau bagian yang keliru.

sederhana tapi banyak dari kita yang malas melakukannya. Untuk itu, mesti dibiasakan. 

Mengapa ?

Karna pengunjung bisa saja keliru membaca atau salah menyimpulkan. Hasilnya ini menjadi bumerang masalah buat anda.

"Kerikil kecil bisa saja membuat orang terjatuh"

Itulah cara-cara membuat artikel yang baik dan benar, diambil berdasarkan pengalaman dan postingan pendukung lainnya.

Note : Sebagus apapun artikel yang anda buat, akan sangat merugikan jika itu hoax. Keuntungan awal memang di dapat tapi, dalam jangka panjangnya itu akan menjadi bumerang dimasa mendatang.

Kesimpulan 

Sebagai penulis artikel, membuat artikel yang baik dan benar itu adalah standar minimal. Menarik tidaknya artikel yang anda posting bisa terupdate dari kebiasaan anda selalu melatih diri khususnya tingkat kepekaan anda terhadap lingkungan sekitar.

Meskipun anda pemula, jangan ragu memposting ide-ide anda. Karna dengan seringnya anda mempulikasikan artikel, maka lambat laun kuliatas artikel anda akan semakin meningkat.

Memang hal ini nggak mudah tapi perlu di ingat bahwa 

"Jembatan antara mimpi dan kenyataan adalah kerja keras"


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog hicul.my.id dengan blog cat4tan.blogspot.com dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca...

2 komentar untuk "Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar - Versi Pemula"