Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menikmati Aktivitas Menulis Artikel Blog - Versi Pemula

 Apakah anda sedang malas menulis ? mengapa tulisan saya kurang menarik ? mengapa aktivitas menulis sangat berat di lakukan ? mengapa semangat saya naik turun saat menulis artikel ? semua pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak anda, semuanya mengarah pada satu persoalan yaitu bagaimana menjadikan aktivitas dan pekerjaan menulis artikel bisa dinikmati sepanjang waktu !

Yap! aktivitas sejenis menulis bukannya hal yang memberatkan, hanya saja anda belum menemukan tombol klik agar anda terus jalan atau yang kedua anda belum menemukan alasan untuk menulis. artinya anda hanya ikut-ikutan, karna sekarang banyak orang-orang yang join dalam dunia ngeblog, apalagi sekarang kondisi covid-19.

Menekuni aktivitas menulis sebenarnya termasuk hal yang terbilang mudah, cukup tulis apa yang kalian suka dan kalian senangi. Bukannya menulis apa yang orang lain tulis dimana kalian menciptakan karya yang tidak orisinil.

Menulis artikel di blog sendiri adalah sebuah tempat terbaik bagi penulis-penulis lepas hidup, yang mana mereka bebas berekspresi dalam artikel. sehingga dalam dunia blog itu, banyak penulis yang menggunakan gaya bahasa pribadi yang sesuai imajianasi mereka. Walaupun ada juga yang berada pada level pemula yang copy-paste artikel orang lain. Tapi mereka nggak akan bertahan lama, mungkin paling lama 2-3 bulan mereka udah out dan gagal.

orang-orang yang berada pada level pemula ini, rata-rata mereka gagal disebabakan karna mereka tidak punya tujuan atau identitas diri. artinya mereka tidak menetapkan apa yang ingin dicapai seperti bagaimana jenis artikel yang ingin saya buat -  apakah fiksi atau non fiksi atau mungkin ngeblog bagi mereka adalah tempat menyalurkan hobi dan pengalaman. Semua ini adalah penentu bentuk nama yang ingin kalian besarkan kedepannya, yang mana suatu saat anda ingin dikenal sebagai siapa nantinya.

Nah ! jika anda sudah menemukan alasan dan tujuan menulis. Anda sudah bisa fokus menulis artikel seperti memikirkan jenis tulisan apa yang ingin anda tulis dan saat proses menulis biarkanlah tulisan anda mengalir sesuai dengan apa yang kalian pikirkan.

Mengapa ?

karna dengan membuat tulisan anda mengalir sesuai keinginan maka anda secara tidak langsung menikmati aktivitas menulis dan akhirnya anda menyelesaikan perkara menulis level pemula.

Namun, jika kalian belum memiliki tujuan yang jelas dan saat ini anda masih berat melakukan aktivitas menulis. Maka, silahkan scroll ke bawah untuk menemukan beberapa solusi terkait aktivitas menulis:

Cara Menikmati Aktivitas Menulis Artikel Blog - Versi Pemula

Beberapa solusi khusus buat anda yang ingin menikmati kehidupan dalam dunia tulis - menulis artikel :

1. Jangan Terlalu Berambisi dan Memaksa Mencapai Banyak Hal


Kebiasaan berpikir yang sering dialami oleh sebagian besar dari kita khususnya yang masih panas-panasnya berada di tingkat level 1 ngeblog. Tentu kita selalu saja kepikiran ingin menjadi yang terbaik dari yang terbaik dan ingin mencapai banyak hal dalam satu waktu..

Namun, apalah daya jika semuanya tidak sesuai dengan ekspektasi dan kenyataan yang ada, dimana penyesalan dan kegagalan datang tak diundang. 

Yah! terkadang kita saat mendapati kegagalan ngeblog dan tidak mendapat statistik visitor yang tinggi, pikiran kita menjadi kacau dan frustasi, saat bersamaan kita mulai menyempitkan pemikiran bahwa "mengapa mereka bisa dan saya tidak, mengapa mereka dapat dan saya tidak, mengapa mereka berhasil dan saya gagal"

semua pemikiran-pemikiran dan bayang-bayang menakutkan ini menjadi nyata dan akhirnya kita mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain. 

hal ini bukannya tak logis tapi ini kenyataannya saya kalah berkompetisi di bidang ngeblog. 

Jika, kalian kepikiran seperti ini, artinya anda benar-benar hidup dalam dunia orang lain bukan dunia anda sendiri, yang mana anda menghidupi kehidupan orang lain.

Sebagai solusi dalam perkara seperti ini, anda mungkin bisa mencoba menarik semuanya dari awal dan berpikir siapa saya sebenarnya dan apa yang benar-benar ingin saya capai.

secara pribadi saat awal-awal ngeblog dan menulis artikel kebanyakan kebiasaan yang sering saya lakukan adalah menbanding-bandingkan karya saya dengan karya orang lain dan saat besamaan itu juga saya merasa terbebani dengan perbandingan itu.

Bukannya saya menjadi yang terbaik dari diri saya dahulu, saya malah ingin menjadi yang terbaik dari orang lain dan masalah perbandingan inilah yang menyiksa !

Walaupun kenyataanya mereka tidak merasa tersaingi oleh kita, jadi buat apa menyaingi mereka.

Dan pada akhirnya saya mengubah pola pikir dan mulai menjadi diri sendiri, menjadi versi terbaik diri saya sendiri bukan versi terbaik orang lain.

saat itu hingga sekarang saya mulai lebih tenang dan mulai menerima kegagalan saya dan mencoba memperbaiki kesalahan-kesalahan saya yang lalu, bukan lari dari kenyataan dan tanggung jawab yang ada.

"nikmati hidup tiap detiknya apapun yang terjadi terimalah apa adanya dan mulailah bergerak dari sana"

Karna kita hidup itu nggak perlu tegesah-gesah, kita perlu menikmati momen dan prosesnya. saya adalah saya, anda adalah anda dan kita semua punya ceritanya masing-masing.

2. Pilih Suasana yang Sesuai Tipe Anda


Menulis artikel biasa berhasil jika kita sudah mengetahui apa yang membuat kita santai dalam menulis. santai dalam artian anda menemukan tempat yang sesuai dangan diri anda misalnya suasana - apakah anda suka menulis disaat ramai atau banyak orang atau anda tipe penulis penyendiri yang hanya bisa menulis disaat-saat tenang atau mungkin kedua-duanya.

saya sendiri adalah termasuk tipe penulis penyendiri yang hanya bisa rileks dan berpikir jika suasana lagi tenang-tenangannya.

Nah ! Setelah anda menemukan suasana yang sesuai dengan tipe anda. selanjutnya buatlah tempat itu sesuai dengan keadaan anda. artinya tempat anda bekerja bisa anda atur sedemikian rupa agar sesuai posisi duduk menulis yang santai bukannya asal menulis dilantai jika anda mau menulis.

catatan : untuk perubahan tempat anda menulis atau tempat kerja anda, usahakan minimaliskanlah pengeluaran uang dan jika perlu gunakan alat atau perabotan yang sudah ada sekarang.

Kekeliruan yang sering dilakukan oleh rata-rata penulis artikel khususnya para pemula adalah mereka kebanyakan menghabiskan banyak biaya untuk membuat suasana tempat kerja mereka senyaman mungkin, dimana mereka beli ac untuk pendingin walau ada kipas pribadi, beli tempat duduk yang bagus walaupun masih ada tempat duduk yang masih layak - beli sana beli sini.

"Butuh sih nggak cuman ingin aja" Maka datanglah ambisi membeli barang-barang yang nggak penting dan kadang ambisi yang berlebihan akan mempengaruhi kondisi badan dan mental kita. Kecuali itu hanya sekedar ganti barang sehubung barang anda sudah rusak atau habis terpakai, maka itu masih bisa di maklumin. Tapi, kalalu sudah ganti meja, ganti hp, ganti laptop!

Perlu diketahui bahwa meminimalisir barang yang tidak dibutuhkan akan berdampak besar pada diri anda sendiri seperti anda bisa lebih hemat, lebih santai, lebih pandai bersyukur dan anda pun bisa lebih jernih berpikir saat menulis artikel.

Jadi, menciptakan suasana yang nyaman dan santai itu nggak perlu mahal-mahal, cukup buat sedikit perubahan dan itu sesuai kemampuan anda bukan persiapan orang lain yang super selengkap-lengkap-lengkapnya dan itu juga kita ikuti.

Jujur, saya sendiri menulis di dekat pintu jeruji besi di temani kursi plastik dan meja lama yang masih bisa terpakai. Namun, dengan suasana dan keadaan seperti ini saya masih bisa bersantai saat sedang menulis.

Mengapa ?

karna saya tidak terlalu kepikiran membeli banyak barang-barang, yang katanya anda mesti beli ini agar hidup anda nyaman, anda beli ini agar hidup anda lebih santai, promo sana sini dengan barang yang menggiurkan tapi nyatanya kita benar-benar tidak membutuhkannya.

"penyebab kebanyakan orang tidak bahagia adalah karna mereka tidak memiliki defenisi cukup dalam hidup mereka"

3. Tulis Apa yang Bisa Anda Pahami


kekonyolan yang biasa dilakukan oleh sebagian besar blogger termasuk saya saat di awal-awal adalah menulis sesuatu yang tidak diketahui dan tidak paham akan apa yang ditulis. 

Sekenario konyolan ini terjadi dimulai dari pengambilan konten-konten terbaik, menarik dan artikel-artikel pageone google, yang mana semua ide itu kita ambil tanpa paham, apa isi artikel dan apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh sang penulis.

hal ini pun saya baru menyadarinya saat setelah beberapa kali menulis artikel dan artikel yang saya buat itu tidak membuat saya merasa puas atau klop dihati. entah bagaimana ceritanya kita kadang membohongi diri kita dengan menulis apa yang tidak kita pahami. Hal ini seperti seolah-olah kita memanah sesuatu dengan target sasaran yang tidak jelas - apa sebenarnya yang ingin kita capai disini.

beberapa tulisan yang biasa kita dapati di internet yang kesannya terpaksa dan kesannya dibuat-buat, semua itu berasal dari masalah penulisan, yang mana sang penulis belum menjiwai tulisan atau tidak menjiwai tulisan mereka. artinya tulisan itu kaku dan aneh, yah! Walaupun kreatif tapi menyesatkan.

Tapi semua itu sudah berubah dan saya mulai mengubah alur pikiran dengan memulai menulis dengan apa yang saya suka dan apa yang saya pahami. Namun jika saya mendapati ide orang lain atau ide artikel tertentu, saya akan menyimpan ide itu sebagai referensi dan hingga saatnya saya mengerti baru saya tulis sesuai bahasa sendiri. 

Lalu, apa yang saya rasakan setelah ini, mungkin ada hubungannya dengan kepuasaan pribadi, yah ! sudah tentu karna itu saya telah membuat karya alami dan original versi saya sendiri heheheee....

Nah ! dari rasa puas ini saya bisa menikmati aktivitas menulis artikel di blog sederhana ini. 

Dan dengan cara ini juga saya telah mendapatkan kemenangan sederhana dan kepuasan tertentu dan itu bisa menjadi bahan bakar saya untuk terus maju untuk menulis berbagai macam karya tulis sampai sekarang.

"Kesalahan apapun itu, itu adalah pendapatan yang bagus"

"Tidak ada perjuangan yang sia-sia, yang ada adalah meraka yang menyia-nyiakan perjuangan"

4. Nggak Perlu Menulis Lengkap dalam Sehari


salah satu konsep yang membuat aktivitas menulis menjadi berat adalah pola pikir yang menganggap aktivitas menulis sebuah pekerjaan "memang ini pekerjaan" dan ini ujung-ujungnya uang. Tentu !

Namun, pola pikir seperti ini kurang bagus di miliki oleh para pemula karna ini akan menjebak kita untuk terus berpikir untuk mendapatkan pemasukan uang lewat menulis. Yah! memang terlihat nggak ada salahnya. Namun, ini bisa membatasi kereativitas anda dalam menulis.

Mengapa ?

karna konsep berpikir seperti ini dapat membuat anda hanya terpacu untuk mengejar target dan bahkan anda bisa saja membanding-bandingkan waktu yang dibutuhkan para blogger lain untuk bisa sukses dalam dunia blog dan saat anda mengukur berbandingannya dengan diri anda, anda pun memprediksi kemungkinan-kemungkinan seperti mungkin saya akan berhasil dalam waktu dekat ini.

Maka, mode menulis dan memposting sebanyak mungkin artikel aktif. Namun, hasilnya dan kenyatanya kita gagal di akhir cerita.

Mengapa ?

Jawabannya adalah anda tidak melihat kebelakang seperti apa-apa yang keliru dalam ke penulisan, apa-apa yang perlu diperbaiki, apa yang saya miliki dan itu tidak dimiliki orang lain semua pola ini jika diabaikan dapat berdampak buruk seperti mematikan kreativitas. 

Untuk itu jadikanlah aktivitas menulis bukan sebuah pekerjaan, melainkan penyisihan waktu kosong untuk pengembangan kreativitas, dengan itu anda akan mengenal seni "lakukan saja", dan anda pun mendapat kesenangan tersendiri dalam menulis.

disisi lain anda tidak terburu-buru menyelesaikan target satu dua artikel perhari dan kegiatan menulis pun tidak membebani pikiran anda istilahnya kalian enjoy aja saat menulis, yang penting menulis.

"kereta api itu saat pertama kali jalan, ia melambat dahulu di awal-awal, tapi lama-kelamaan semakin cepat.. semakin cepat... semakin cepat..... dan akhirnya tembok pun tak bisa menghentikannya"

Anda pun demikian jika di awal-awal menulis, anda juga nggak perlu menyelesaikan satu dua artikel dalam sehari, cukup tulis saja beberapa paragraf semampu anda bukan semampu orang lain, yang penting anda terbiasa di awal-awal dan paham apa yang anda tulis.

"Tangga itu bersusun, kita tidak bisa melompati tangga dua tiga, sebelum kita melangkah di tangga satu"

5. Tulislah 200-300 Kata Perhari Apa Adanya

Sebagai tips untuk mengaktifkan mode otomatis, untuk itu anda perlu membentuk pola, yang mana pola ini anda suka atau tidak suka anda harus melakukannya, malas atau tidak malas anda harus menulisnya.

Q : Lalu, apa maksudnya ini, yang barusan saya baca : saya harus melakukan apa yang saya suka.

A : melakukan apa yang anda suka, bukan berarti apapun bisa dilakukan seperti malas dan menunda-nunda aktivitas menulis.

Q : jadi apa yang seharusnya saya lakukan.

A : Yang anda lakukan adalah apapun keadaannya, sesibuk apapun, semalas apapun, apapun persaan anda tetaplah menulis 200-300 kata perhari atau paling tidak ada yang anda tulis.

Q : jadi, saya bisa menulis satu dua paragraf saja walau nggak cukup 200 kata.

A : Ya ! dengan catatan setiap kali menulis dan memposting artikel anda jangan lupa merevisi apa-apa yang perlu diperbaiki dari setiap postingan anda dan tunggu setelah beberapa pekan kemudian anda selanjutnya melihat postingan pertama anda dan membandingkannya dengan postingan baru anda saat ini. Besar kemungkinan anda akan menemukan beberapa perbedaan yang mencolok dan itu adalah kemajuan.

Q : iya juga, ada tapi nggak banyak. 

A : yah ! paling tidak anda sudah mulai melangkah maju.

"Pada awalnya kita semua berangkat dari kekeliruan besar, ke kekeliruan yang lebih kecil dan ke kekeliruan yang lebih kecil lagi"

Nah, jika anda memakai konsep berpikir seperti di atas, anda tidak akan menganggap kegagalan adalah masalah lagi, tapi sekarang anda menganggap kegagalan adalah hanyalah sebuah proses yang perlu dilalui. Artinya anda terus memperbaiki tata bahasa kepenulisan sedikit-demi sedikit dan anda bisa terus mengupdate versi terbaik diri anda sendiru bukan versi terbaik orang lain.

Itulah lima cara yang bisa anda gunakan untuk menikmati aktivitas menulis artikel, khusunya menulis artikel di blog bagi pemula.


Kesimpulan 

Aktivitas menulis dalam dunia ngeblog itu sebenarnya nggak beda jauh dengan aktivitas menulis di dunia nyata, jadi untuk itu anggap aja anda sedang menulis di dunia nyata. apapun bisa anda tulis, yang penting itu menyenangkan dan pernah anda alami. apapun !

Bukan berpikir bahwa aktivitas menulis adalah pekerjaan rumah, nanti membebani saja, apalagi anda membuat target.

Q : Lalu, kita berpikir seperti apa kalau begitu.

A : Pikirkan saja bahwa kegiatan menulis adalah aktivitas sampingan untuk pengembangan diri. Nah! dengan itu anda akan bebas mengespresikan diri dalam ngeblog bukan ikut-ikutan dengan gaya ngeblog orang lain. Tapi dengan catatan tidak ada pelanggaran "mungkin anda tau sendiri batasan-batasannyalah"

Semoga membantu !


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menikmati Aktivitas Menulis Artikel Blog - Versi Pemula"