Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Saya Menulis Artikel yang Menarik Untuk Dibaca - Versi Pemula

bagaimana cara meningkatkan kualitas artikel ? apakah artikel saya sudah menarik ? mengapa saya perlu meningkatkan skill menulis ? Bagaimana pengunjung bisa tertarik dengan isi artikel saya ? segala bentuk pertanyaan ini mengarah pada satu tujuan yaitu bagaimana cara meningkatkan kualitas karya tulis agar lebih menarik dibaca !

Sebuah prinsip yang perlu dimiliki oleh para blogger bahwa konten atau isi artikel adalah raja, raja yang menentukan masa depan blog. Semakin menarik karya tulis anda semakin banyak yang meminantinya. Skill tinggi ini hanya bisa didapatkan lewat kebiasaan kita selalu menulis artikel setiap hari. 

Kegiatan menulis sendiri bagi para blogger banyak yang menganggap bahwa kegiatan menulis adalah beban dan masalah yang memberatkan aktivitas harian. keberadaan pemikiran seperti inilah yang menyebabkan para blogger bisa saja kandas menulis dan akhirnya berhenti menulis - Alasanya mereka stress dan pusing dengan tumpukan pekerjaan dan merasa bosan dengan kegiatan yang berulang tiap hari. Hari ini menulis, besok menulis, lusa menulis dan seterusnya.

Sebenarnya ini bisa ditepis dengan mengubah prinsip kita atau tujuan utama kita bekerja. Karna pada umumnya kebanyakan orang dapat merasa bosan dengan sebuah pekerjaan mereka jika, pekejaan itu  dilakukan seharian penuh atau yang kedua pekerjaan itu memenuhi aktivitas harian mereka.

Orang-orang yang bekerja keras menulis artikel selama hampir seharian, bisa berdampak buruk loh ! Salah satu dampaknya adalah berkurangnya kreativitas menulis, dimana hal ini disebabkan karna tidak adanya waktu luang untuk melakukan berbagi aktivitas berbeda seperti mencoba hal baru.

Dan menulis artikel itu membutuhkan kreativitas agar tercipta artikel yang menarik untuk dibaca. Nah! Untuk mengaktifkan kreativitas, anda perlu mengganti prinsip lama anda menjadi sebuah prinsip baru yaitu :

Buatlah pemikiran anda bahwa menulis artikel bukanlah sebuah tujuan utama melainkan menulis artikel hanyalah sebuah pekerjaan sampingan.

dengan pola pemikiran seperti ini, anda akan lebih punya waktu luang untuk melakukan banyak hal dan menemukan hal baru. Banyaknya sesuatu yang bisa anda lakukan dalam keseharian dapat meningkatkan kreativitas menulis. 

disisi lain kegiatan tulis menulis setiap hari pun akhirnya bukan termasuk beban hidup anda dan bahkan anda bisa saja menganggap menulis itu adalah kegiatan yang menyenangkan.

Coba aja kalau nggak percaya. Bandingkan saja saat anda sibuk mengerjakan berbagai macam hal dan disaat bersamaan anda menulis artikel. Kemungkinan besar anda lebih lancar menulis dibanding anda menulis diwaktu-waktu senggang - ekstrimnya diwaktu senggan itu anda bisa saja hanya menatap draft kosong selama berjam-jam.

Paragaf berlapis-lapis ini sengaja saya tulis khusus buat anda agar anda bisa konsisten menulis dan berpikir bahwa menulis bukanlah kegiatan yang mengganggu melainkan sebuah kegiatan yang menyenangkan seperti hobi.

Sip ! Fokus ke inti judul - bagaimana cara menulis artikel yang menarik di baca. Ditulis berdasar pengalaman dan kebiasaan pribadi saya menulis artikel. 

4 Cara Saya Menulis Artikel yang Menarik Untuk Dibaca - Versi Pemula

Setelah sekian lama saya menulis artikel di tahun lalu blog ini berdiri, sebelumnya saya pernah membuat blog lain, namun saya hapus. Pengalaman yang saya dapatkan adalah nggak ada heheee....

Ada sih ! tapi, nggak banyak. Mungkin bukan yang terbaik. Tapi ini yang terbaik yang bisa saya bagikan khsusus buat anda pemula.

Beberapa cara saya menulis artikel yang menarik dibaca :

1. Masukkan Pengalaman

Penulisan artikel yang mengundang minat yang terbilang cukup tinggi adalah menceritakan pengalaman dalam tulisan entah itu pengalaman sedih, kecewa, kagum, senang ataupun depresi karna gagal ngeblog hehee...

percaya atau nggak tanpa data statistik - saya rasa artikel yang berisi pengalaman pribadi sangat memancing kita untuk terus membaca tulisan tersebut.

Mengapa ?

karna tulisan yang mengandung pengalaman pribadi selalu membuat orang-orang penasaran dengan apa yang telah di lalui oleh sang penulis, dimana para pembaca kepikiran dan bertanya-tanya apakah sang penulis memiliki pengalaman yang serupa dengan saya atau mungkin ada yang beda. Apapun ujung ceritanya selalu saja mengundang rasa penasaran. 

Selain itu, penulisan pengalaman pribadi adalah hal yang hanya kita ketahui sendiri seperti apa yang pernah kita alami dimana, orang lain belum tentu pernah mengalami hal tersebut.

Apapun pengalamannya - baik tidaknya pengalaman anda, semua bisa diekspos dan bisa diceritakan. Karna pengalaman adalah sumber ide yang tak terbatas. Ada istilah yang mengatakan bahwa

"tidak ada ide yang buruk, yang ada hanya penulis yang buruk"

Mengapa demikian. Yah ! sudah tentu semua penulis tanpa terkecuali, sebelum menghasilkan karya  yang bagus, tentu mereka pernah membuat karya yang buruk, hacur, ambyar dan orang nggak paham apa yang tertulis.

Lalu, mengapa para penulis tersebut berhasil. Jawabannya adalah mereka lebih banyak melakukan dibanding orang kebanyakan. 

Dan saat ini anda hanya memiliki ide yang biasa-biasa saja atau yang kedua anda menganggap remeh ide ini. Perlu di ketahui bahwa ide remeh pun, jika ditulis dengan sepunuh hati hasilnya pun bisa luar biasa mengaggumkan.

"Tidak ada seorang pun yang hidup tanpa berbuat kesalahan"

Adapun rasa pasimis dan kekhawatiran akan anggapan tentang diri kita yang hanya terikat dengan kekurangan, semua yang melekat hanya kekurangan dan itu penyebaban kita membenci diri kita sendiri.

Memang terkesan menyakitkan jika hal ini terlintas dipikiran kita. Apalagi anda kepikiran "bertemu dengan orang yang akan mengungkapkan kekurangan diri saya" Yah ! tentu sangat menyakitkan.

Maka, terbentuklah kekhawatiran sebagai alasan untuk tidak melakukan sesuatu. akhirnya pun kita tidak memiliki rasa percaya diri dan sangat takut jika ditolak, diremehkan dan dianggap tidak ada. 

Kekhawatiran inilah yang menjadi alasan bahwa anda sudah gagal lebih awal.

walaupun hal itu tidak terjadi, yang terjadi hanya dalam bayang-bayang pikiran anda saja. Lebih baik menjadi penulis artikel yang tidak pernah didengar dunia daripada menjadi penulis artikel yang dikenal gagal. "saya tidak ingin mempublikasikan ide ini, karna sudah pasti gagal"

Persepsi inilah yang terbentuk jika anda berada di lingkungan yang kurang mendukung atau anda adalah orang pertama yang sedang membagun blog.

Untuk menghidari skenario pemikiran di atas. Anda perlu menggantinya dengan pemikiran dibawah ini :

"Lebih baik gagal karna sudah mencoba daripada gagal karna tidak pernah mencoba - yang penting saya gagal bukan sebagai seorang pecundang"

dengan pemikiran seperti ini, anda sudah punya alasan untuk terus mencoba dan akhirnya anda mulai terbiasa menulis pengalaman anda dalam artikel. 

Kalau bisa, penulisan pengalaman anda posisikan sebagai contoh pokok bahasan. Misalnya anda membahas topik cara menentukan niche blog maka, anda menulis pengalaman di bagian akhir sebagai contoh nyata. 

2. Masukkan Nuansa Psikologi


Memberikan nuansa psikologi dalam artikel bagi saya, ini termasuk cara untuk membangkitkan warna dalam tulisan. Artinya saya menjiwai isi blog dengan hal-hal yang terkait dengan pola pikir calon pengunjung ataupun para pembaca. 

Walaupun bagian ini masih perlu perkembangan lebih lanjut. Tapi, yang saya ketahui sampai detik ini - pemberian nuansa psikologi pada artikel bisa membuat karya tulis lebih hidup, seolah-olah para pembaca mengalami peristiwa logis kita.

Dimana skenario kejadian bisa sesuai dengan perilaku alami para pembaca. artinya pembaca bisa mengoneksikan kejadian, peristiwa, pengalaman, persepsi dan aktivitas hidup meraka dengan apa yang kita tulis dalam artikel.

Sederhananya pembaca secara tidak langsung terhubung dengan anda sang penulis blog.

istilah psikologi sendiri terbilang masih sangat asing bagi para blogger. Intinya psikologi itu pada penerapannya dalam artikel adalah bagaimana cara anda membuat suatu tulisan yang bisa mempengaruhi orang, lewat hal-hal yang menyerupai permasalahan mereka.

Jadi, pengadaan nuansa psikologi dalam artikel memerlukan skill memprediksi apa, bagaimana, dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. selanjutnya kita akan memberi beragam solusi yang menyerupai permasalahan para pembaca.

Merepotkan pastinya hahaha..

saya sendiri masih perlu banyak-banyak belajar. repot dipikir apalagi dikerjakan.

Tapi pengorbanan sebanding dengan hasil yang didapat. Tidak ada sesuatu yang didapatkan tanpa adanya pengorbanan entah itu pengorbanan waktu, tenaga ataupun pemikiran semua itu mesti dilakukan untuk mencapai keberhasilan.

keberhasilan para blogger adalah memuaskan para pengunjung - Anda puas saya lemas hahahaaa...

3. Masukkan Data Penelitian


Data penelitian atau statistik penelitian merupakan bagian pondasi yang sangat bagus untuk sebuah artikel. lewat data tersebut artikel kita bisa lebih dipercaya dibandingkan artikel lainnya.

Namun, penyelipan data ataupun hasil riset dalam artikel pada kasus penempatanya mesti sesuai dengan topik bahasan atau minimal data tersebut terlihat natural dan menyatuh dengan isi artikel.

Selain itu, sumber data penelitian juga mesti diambil lewat website terpercaya dan journal penilitian. 

saya sendiri biasa mengambil data rata-rata dari website-website pemerintah dan website bahasa inggris yang biasa linknya terdapat di blog-blog orang lain hehehee....

yah ! paling tidak ini berguna sebagai penguat isi artikel. Khusus penulisan, saya tulis menggunakan bahasa saya sendiri, walaupun pembahasannya dari blog orang lain.

Mengapa data itu perlu?

Adanya data yang mungkin bisa saya masukkan dalam artikel, saya percaya bahwa dengan data tersebut mampu membuat artikel kita terlihat lebih akurat dan agak-agak ilmiah gitaulah !

Anda pun bisa melakukan hal yang sama yaitu mencut sumber data artikel orang lain dengan catatan gunakan bahasa sendiri dan buat data tersebut menyatuh dengan isi artikel anda.

Hasilnya jadilah artikel yang menarik dan dapat dipercaya.

Adapun pengambilan sumber data dari journal penelitian. Secara pribadi saya nggak begitu menyarankan, apalagi kalian masih awam dengan journal-journal dari google cendikia.

Mengapa ?

Karna dari hasil pencarian saya dalam journal, kebanyakan yang saya temui sesuatu yang sangat sulit untuk dikoneksikan dengan isi artikel. Berhubung bahasanya terlalu berat dan mendalam dan nggak praktis penerapannya dan kebanyakan pengunjung mencari pengalaman yang bisa langsung di terapakan.

Kecuali, anda seorang peneliti. Yah! skill pengambilan data journal sudah tentu bisa anda lakukan. Jika hal itu bisa anda lakukan maka artikel anda bisa menjadi sumber terpercaya dari blog-blog yang biasa dicut datanya heheee....

Nilai plusnya blog anda pun didatangi oleh para blogger dan juga pengunjung karna artikel anda lebih akurat dan lebih dipercaya dari yang lain.

artikel anda pun banyak di baca dan diminati, alhasil statistik pengunjung naik. Kenaikan ini akan membawa artikel anda berada di posisi pertama pencarian hehee...

4. Masukkan Beberapa Motivasi

Seusai membaca ke tiga elamen di atas dimulai dari pengalaman, psikologi, data, semua itu tentunya dapat menjadikan artikel anda menjadi yang terbaik dan terlengkap dari yang lainnya. 

Untuk pemanis artikel tambahkan elemen selipan yaitu elemen motivasi.

Nah! dengan adanya kata motivasi dalam tulisan, artikel kita dapat mempengaruhi pengunjung untuk terus membaca artikel dan tanpa sadar mereka membaca semua isi artikel kita.

Terbacanya artikel kita secara keseluruhan atau para pengunjung betah berlama-lama dalam blog. Maka ini berdampak baik loh ! Yang mana google akan menerima sinyal bahwa artikel kita relevan dan layak ditempatkan di halaman utama.

Untuk penulisan kata ataupun kutipan motivasi, secara pribadi saya tulis terpisah dari paragraf artinya kutipan motivasi saya berada diantara kedua paragraf terpisah. 

Namun, jika kurang memungkinkan maka, saya tempatkan menyatuh dengan paragraf. 

Kendala yang biasa terjadi pada bagian ini jika masih awam, kita tidak punya kata, kutipan ataupun ide yang bisa ditempat dalam artikel.

Solusinya sering-seringlah masuk di grup medsos yang memposting motivasi atau yang kedua bacalah buku-buku yang membahas self-improvement atau perbaikan diri dan tonton video motivasi jika ada.

setelah anda mendapatkan sata atau dua kutipan motivasi, sebelum itu ada baiknya anda mengubah beberapa kata untuk menyesuaikan dangan bahasa anda sendiri atau disuakan dengan pembahasan artikel. Hal ini dilakukan agar kata motivasi tersebut menyatuh dalam artikel.

Itulah, beragam cara yang sampai saat ini saya ketahui untuk menghasilkan artikel yang menarik di baca. Entah anda mau mengambilnya atau tidak itu semua tergantung anda.

"Apapun kesalahannya semua itu adalah pendapatan yang bagus untuk kemajuan"

"buatlah cukup kesalahan"


Kesimpulan

Pembuatan sebuah artikel yang menarik tentu semua orang punya cara masing-masing. Untuk mencapai hal itu pasti membutuhkan usaha yang sesuai.

"ada harga yang perlu dibayar"

Menarik tidaknya artikel yang anda buat tergantung dari seberapa banyak anda mencoba dan membuat kesalahan.

apapun isi artikel anda apakah hancur, berantakan, ambyar semua itu adalah tangga awal anda belajar untuk berhasil menghasilkan tulisan yang layak baca. 

Karna kita nggak mungkin membuat karya tulis yang bagus sebelum membuat karya tulisan yang buruk.


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog hicul.my.id dengan blog cat4tan.blogspot.com dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca...

Posting Komentar untuk "4 Cara Saya Menulis Artikel yang Menarik Untuk Dibaca - Versi Pemula"