Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Domain Berbayar (TLD) dan Domain Gratis (Blogspot) - Versi Pemula

 memiliki sebuah blog baru adalah awal dari kita untuk memulai memikirkan berbagai macam hal yang berhubungan dengan dasar - dasar ngeblog, ngeblog yang benar itu seperti apa ! 

Dari pemikiran awal ini para blogger akan menemukan dua pilihan diantaranya apakah blog saya perlu domain khusus atau nggak perlu yah!

Pilihan inilah yang biasa membingunkan apalagi baru mengenal blog dan hal-hal yang bekaitan dengan blog.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan blog yang berdomain TLD dengan blog biasa atau blog tanpa domain gratis.

Perbedaan Domain Berbayar (TLD) dan Domain Gratis - Versi Pemula


Blog Top Level Domain (TLD) adalah blog yang menggunakan domain yang prabayar atau blog yang menggunakan nama akhiran seperti .id .com .co.id .xyz dan sejenisnya.

Blog Gratis adalah blog yang masih menggunakan blogspot.com diakhir nama blog, ini menandakan bahwa blog anda masih versi bawaan blogger.

Catatan : Domain adalah nama akhiran dari blog contohnya belajar.com, dimana .com adalah domain dan ini dibaca dotcom.

Beberapa perbedaan blog TLD dengan blog Gratisan :

Kelebihan Domain Gratisan

- Tidak dipungut biaya - yang namanya gartisan tentu nggak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk memiliki domain blogspot.com.
- Bebas ganti nama - Kebebasan ini berlaku selama Anda belum terdaftar, dalam artian Anda belum beralih ke domain prabayar.
- Blog aktif selamanya - domain blog yang anda gunakan akan aktif selamanya berbeda dengan perbayar atau self-hosting yang tiap tahunnya anda akan melakukan perpanjangan nama domain dengan biaya tertentu.
- Kapasitas hosting unlimted - data atau file postingan nggak terbatas, artinya anda bisa upload artikel sebanyak-banyaknya. hosting disini adalah tempat penyimpanan (khusus blogger.com nggak terbatas).
- Dapat menghasilkan - walaupun anda tidak mengeluarkan biaya sedikitpun, anda sudah tentu bisa berpenghasilan lewat domain gratisan. Karna keduanya memiliki peluang yang sama.
- Cocok bagi Pemula - Sebagai pemula biasanya kebanyakan dari kita sering-sering otak-atik pengaturan, uji coba, iseng-iseng dan bahkan merombak pengaturan yang akhirnya blog kacau, namanya juga pemula. Jadi, bagus dijadikan sarana belajar jika akhirnya akan di hapus.

Kekurangan Domain Gratis (Blogspot.com)

- Rentan dihapus - Terkhusus domain gratisan yaitu blogspot.com, biasanya domain ini rentan dihapus jika melanggal T.O.S Google. T.O.S Google sendiri adalah layanan atau ketentuan google. Yah ! bisa dibilang Terms Of Service (TOS) adalah Peraturan online.
walaupun hal ini agak jarang saya dapati terjadi. Tapi, jika dipikirkan orang-orang yang menggunakan domain gratisan bisa dianggap tidak serius, main-main di media atau mereka tidak lagi mengurusi blog.
- Bukan milik pribadi - blog yang dijalankan berstatus numpang di domain utama milik orang lain (si penyedia domain gratisan). Jadinya, kita terikat aturan dan jika melanggar blog mungkin bisa dihapus.
- Tidak Profesional - Sebagai pengunjung saya akan merasa kurang percaya pada blog-blog gratisan. Karna sebagai pengunjung saya akan mlihat selut-belut blog anda.
- Bukan Brand - keberadaan blog bisa mengurangi status nama baik. walaupun blog berisi konten-konten menarik tentu sangat disayangkan jika nama belum sebanding atau menggabarkan blog itu sendiri. Branding berguna untuk memperkuat nama dan status merek barang.

Kelebihan Domain Berbayar (TLD)

- Lebih Profesional - Artinya blog anda akan lebih dipercaya dan ini sangat membantu buat anda yang ingin memonetize blog atau yang mau melakukan hubungan kerjasama.
- Milik Pribadi - Blog anda tidak numpang dilapak orang lain artinya anda pemiliknya. Walaupun ini saya rasa nggak jauh beda dengan versi gratisan tapi, saya rasa nama domain yang lebih pendek mudah di ingat pengunjung, jadinya blog cepat diakses pengunjung jika butuh sesuatu.
- Bisa jadi Brand - keberadaan blog berstatus TLD tentu akan menguatkan keberadaan blog, apalagi anda memfokuskan blog anda sebagai tempat usaha.
- Dapat menghasilkan - Yah ! sudah tentu bisa menghasilkan uang, yang jadi kelebihanya adalah blog berbayar biasa akan menarik banyak pengunjung karna mudah di ingat dan dipercaya.
- Tidak terhapus - blog yang memiliki TLD saat melanggar misalnya dan dihapus. Maka optimasi selama ini tidak akan sia-sia. Mengapa ? karna nama domain tetap milik anda walaupun blog anda dihapus.

Kekurangan Domain Berbayar (TLD)

- Tidak Gratis - Biasanya pemilik blog akan mengeluarkan biaya kira-kira 50 - 250 ribu untuk memiliki domain ini dan masing-masing memiliki tarif yang berbeda-beda tergantung domain yang anda pilih. nggak perlu khawatir kok! karna ini dibayar setahun sekali.
- Pengelolahan bertambah - Khusus yang membuat blog di blogger, Anda hanya bertambah pengelolahanya di TLD saja (masih asumsi saat ini). karna selebihnya saya rasa nggak beda dengan versi gratisan
- Kurang pas untuk Pemula - Seperti yang saya katakan bahwa yang memiliki menggunakan TLD bisa dianggap sudah cukup serius dan mereka sudah mengusai dasar-dasar ngeblog. Karna anda dituntut mengelolah keseluruhan blog.

Pada dasarnya kekurangan blog bersatus TLD ini saya rasa bukan kekurangan, apalagi anda yang rajin-rajin mengelolah blog dan hobi menulis. Walaupun ada yang mengeluhkan kekuranganya tapi ini sangat masuk akal bukan jika kita membayar.

"Ada harga ada muka"

Kesimpulan

Setelah anda mengetahui beberapa perbedaan ini antara versi gratisan dan versi berbayar. Maka sangat disarankan buat yang lagi baru di dunia ngeblog, saya rasa versi gratisan adalah solusi main amannya di dunia ngeblog.
walaupun versi berbayar cukup menjanjikan, ini belum tentu membuat anda cepat naik daun. dilain sisi anda akan merasa agak terbebani beberapa pengelolaannya.

"Mengerjakan sedikit tapi berhasil itu jauh lebih baik dari pada banyak tapi acak-acakan"

Catatan : 

ini semua kembali ke diri anda sendiri - Tergantung anda pilih gratis atau berbayar

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Domain Berbayar (TLD) dan Domain Gratis (Blogspot) - Versi Pemula"