Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Mencari Ide Menulis Artikel - Versi Pemula

 Salah satu ketakutan terbesar bagi para blogger tiap harinya adalah tidak adanya ide artikel yang bisa diposting. 

"bingung apa yang ingin ditulis"

Padahal tiap waktu banyak ide yang belalu lalang disekitar kita. Entah itu berasal di dunia nyata ataupun di dunia maya. Karna pada dasarnya apa yang kita lihat, dengar, rasakan adalah sesuatu yang bisa diceritakan dan dibagian inilah yang jadi pertanyaan - seberapa pekakah anda menyadarinya !

Setiap dari kita tentu memiliki keunikan masing-masing dan cara kita meceritakan sesuatu itu juga berbeda-beda. 

Namun, kebiasaan yang sering kita lakukan adalah merenung dan membayangkan ide besar akan datang sendiri. Yah ! ini ada benarnya, untuk mereka yang keliru hehehe..

Pada dasarnya sebuah ide luar biasa hukum logisnya datang karna dicari lewat cara kita mengekspos diri dengan lingkungan. Artinya anda tidak diam menunggu. 

Lantas, bagaimana cara kita agar bisa mendapatkan ide baru disaat buntu dan kilometer berpikir jadi nol. Simak !

Tips Mencari Ide Menulis Artikel - Versi Pemula


Secara umum biasanya orang-orang yang kehabisan ide, mereka akan mencarinya diluar atau ditempat yang jauh.

Yah! kadang kita mencari sesuatu yang sulit dan ternyata jawabanya berada didekat kita atau bahkan sangat dekat sampai-sampai tidak disadari. Salah satu tempat ide dekat itu adalah di handphone anda. Untuk lebih jelasnya gulir kebawah :

Beberapa tips mencari ide menulis artikel :

1. Tulis Ide Apa Saja yang Dipikirkan

Banyak ide belum tentu bisa menghasilkan sebuah artikel, itu kalau terlalu banyak mikir. Sebagai jalan yang tepat, anda membiasakan diri terlebih dahulu untuk menulis apa saja yang muncul di benak dan disaat itu anda tidak menunda hari esok untuk menulisnya.

Mengapa demikian ?

Karna, kita tidak akan pernah tau apa yang terjadi besok. Untuk itu, kerjakan jika itu sudah ada di hadapan anda. Tulislah walaupun itu pendek dan sederhana, bisa jadi itu akan berkembang.

Aktivitas ini adalah cara saya memulai tulisan lewat ide sederhana sampai ide itu menjalar dan berkembang.

Disisi lain jika anda memiliki banyak ide di saat itu, ada baiknya anda menyimpannya di buku ataupun di laptop. Karna kemungkinan ide itu bisa saja sangat membantu suatu saat - terlepas itu ide besar ataupun ide sederhana. Jawabanya adalah catat saja !

2. Belajarlah Menghubungkan Sesuatu

Ada banyak hal yang belum kita ketahui di dunia ini seperti apa hubungannya ini dengan itu, apa perbedaannya ini dan itu. Hingga kita menelusuri ternyata yang berbeda bisa dihubungkan.

Nah, inilah yang unik ketika ada sesuatu yang berbeda tapi bisa dihubungkan. Salah satunya di niche saya tentang blogging saya hubungkan dengan nuansa motivasi dan rasa psikologi.

Mungkin anda juga memiliki hal-hal unik lainnya yang bisa dihubungkan dan itu beda. 

Tapi, lain lagi ceritanya jika hal itu bertolak belakang, kita paksa berhubungan. 

Kembali lagi. Lewat cara ini anda akan lebih kritis menulis. Karna anda mendalami perbedaan tersebut dan menemukan hubungannya.

3. Mengecek Perkembangan di Smartphone

Seiring perkembangan teknologi yang awalnya informasi didapatkan lewat televisi, radio, koran hingga saat ini semuanya telah terakmulasi di satu genggaman yaitu handphone. 

Lewat Hp anda bisa menemukan berbagai info dan berita-berita terkini, tinggal klik jawaban mucul tak terkecuali ide juga bisa didapatkan lewat Hp. 

Berbagai macam informasi yang bisa didapatkan di hp anda saat terhubung di internat seperti informasi ekonomi, budaya, politik, teknologi, hobi, hingga kehidupan keseharian yang dibahas tiap harinya.

Tinggal anda cari apa yang sesuai dengan niche blog atau menghubungkan hal itu dengan bahasan niche blog anda. 

"Inilah media internet, satu tempat untuk mendapatkan berbagai macam ide"

4. Membiasakan Diri Membaca 

aktivitas sejenis menulis artikel akan terasa kurang apabila tidak di ikuti dengan kebiasaan membaca. Kedua hal ini nggak bisa dipisahkan. "Walaupun berat rasanya" Tapi ini tidak akan pernah merugikan anda. Karna membaca adalah cara sederhana untuk meningkatkan wawasan.

Selain itu, membaca adalah jendela dunia. artinya ini adalah jendelanya ide. 

Nah, untuk mengawali kebiasaan ini anda bisa memulainnya dengan membaca artikel-artikel blog ataupun buku-buku yang anda miliki. 

Setelah anda menemukan ide mentah, anda bisa mencari dan mendalami hal-hal yang terkait dengan ide tersebut. Misalnya tentang topik olahraga, Anda mendalaminya dengan cara mencari berita perkembanganya lewat berita, artikel, atau video di youtube.

Hasilnya, terbentuklah satu ide cemerlang. Bisa dibilang, artikel anda termasuk lengkap dan berpeluang berada di halaman pertama pencarian google.

Tinggal bagaimana cara anda menyampaikannya agar mudah dipahami oleh berbagai kalangan.

5. Cari Teman Bicara

Kegiatan berkumunikasi dengan orang lain atau teman bisa memberi anda masukan dari sudut pandang yang berbeda. Selain menyenangkan, ini juga mengurangi beban pikiran. 

Ide baru pun bisa datang lewat teman anda dan bahkan anda akan nggak habis pikir "ternyata ada ide yang begitu" - paham sendirilah.

Note : ini bisa dilakukan jika teman anda sedang senggan dan mereka senang dengan topik bahasan tersebut.

Salah satu tips saya agar anda menjadi teman bicara yang baik adalah jadilah pendengar yang baik. Terima apa saja pendapat mereka walaupun itu bersebrangan dan dengarkanlah mereka walaupun akhirnya anda nggak menulis pendapat itu.

Mengapa hal ini saya lakukan ?

Jawabanya adalah untuk menghindari perdebatan dan pembicaraan yang bisa saja keluar dari topik kita. Nanti ada sendiri kok! pendapat yang mungkin anda setujui dan itu ide baru.

6. Cari Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman adalah tempat dimana anda bisa menulis artikel dengan optimal. Saat ini banyak sekali tempat-tempat yang ada di sekitar kita yang bisa digunakan untuk berpikir dan mencari ide. 

Salah satu yang saya rekomendasi tempat kerja yang nyaman itu "bagusnya dekat jendela". Entah mengapa, saat kita kehabisan ide atau buntu pada satu hal dan disaat itu kita memandang keluar jendela, "rasanya ada saja ide yang muncul".

Selain di ruang tertutup. Anda bisa juga berada di ruang terbuka seperti di teras rumah, cafe ataupun taman selain bisa menyegarkan, anda pun bisa lebih segar berpikir. 

Jika, memungkinkan carilah perpustakaan seperti perpustakaan sekolah, kampus atau daerah. Karna ini bisa menambah referensi baca anda, selain menenangkan anda juga mendapatkan ide-ide di berbagai buku perpus.

Semua tempat ini, anda kondisikan dengan keadaan. "jangan dipaksakan" Nanti jadinya kita pusing cari tempat dan bingung juga apa yang ingin ditulis hehehee...

Itulah, beberapa cara dan solusi kami agar anda bisa terus membuat karya tulis artikel dengen baik dan optimal. 

Kesimpulan

Kebebasan membuat postingan di internet semisal artikel. Tentu membutuhkan banyak ide dan membutuhkan usaha tertentu seperti mengkondisikan tempat kita menemukan ide baru. Ide baru tersebut bisa kita dapatkan jika kita sadar akan banyaknya ide yang beralu-lalang tiap harinya.

Mengapa ?

Karna setiap yang kita dengar, dibaca, dilihat, dirasa itu semua bisa dicaritakan lewat tulisan. 

Dibagian inilah kita mempertanyakan kepada diri kita sendiri "seberapa pekakah kita akan hal tersebut".

"Pintar-pintarlah merasa bukan merasa pintar"

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

Posting Komentar untuk "6 Tips Mencari Ide Menulis Artikel - Versi Pemula"