Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Meningkatkan Keunikan Artikel Kalian - Versi Up

mengapa artikel saya kurang menarik ? bagaimana mereka bisa menulis artikel yang unik ? apakah saya perlu mengembangkan keunikan lagi ? apakah saya tidak memiliki karisma ? Apa ada cara lain untuk meningkatkan keunikan tulisan saya ? Sip ! Pertanyaan-pertanyaan kalian ini adalah contoh pertanyaan yang menandakan bahwa kalian termasuk orang-orang yang ingin berkembang dan sudah menyadari bahwa "saya masih perlu belajar".

Pola pikir seperti ini sangat bagus dimiliki dan perlu dijadikan sebagai prinsip dalam ngeblog. 

Mereka-mereka yang terus belajar dan tak pernah merasa puas dengan karya tulis yang dihasilkan. Maka, merekalah adalah golongan-golongan orang yang dekat dengan kesuksesan.

Tentu kedekatan kita dengan kesuksesan adalah hal yang sangat di impi-impikan oleh kita dan para blogger. Namun, membayangkan suatu imajinasi yang mengagumkan kadang membuat kita terlena dan hanya terus-menerus bermimpi. 

Sayang seribu sayang mereka punya ide yang luar biasa namun, esoknya mereka tetap melakukan hal yang sama, yang seharusnya mereka melakukan hal yang berbeda dan mencoba ide baru mereka.

Yah! itulah bahayanya, jika kita hanya sekedar memikirkan jalan untuk sukses tapi, tidak pernah mencoba berjalan di jalur sukses itu, entah kita takut, ragu, khawatir dan rasa-rasa negatif lainnya. Semua ini hanyalah tembok-tembok penahan yang harus kita lewati dengan penuh semangat dan rasa optimis untuk terus maju.

Salah satu cara melewati tembok itu adalah dengan terus belajar, dimana kita terus mecari hal-hal baru yang bisa meningkatkan kualiatas artikel, meningkatkan kualitas artikel bukan berarti dilihat panjangnya tulisan yang kita tulis, tapi meningkatkan kualitas artikel bisa dilalui dengan melihat keunikan kita masing-masing dan berusaha mengembangkannya.

cara mengembangkan keunikan sendiri ada banyak jalur, seperti lewat jalur membaca dan mempelajari keunikan orang lain atau belajar teknik penulisan para pemain pro dalam dunia blogging.

Berdasar pengalaman saya menulis artikel, saya sudah menemukan beberapa keunikan para penulis pro. Setelah beberapa kali membaca dan meneliti, ternyata terdapat beberapa hal yang menonjol pada penulisan artikel mereka.

Nah! inilah cara penulisan artikel yang bisa kalian tiru dan bisa kalian coba untuk meningkatkan keunikan kalian. Meniru bukan berarti menyamai tapi meniru adalah mencontoh apa-apa yang mereka miliki dan mengubahnya ke versi keunikan kita sendiri.

"Carilah dan temukan hal itu disana"

Scroll... ke bawah sebagai perluasan ilmu ngeblog...

5+ Cara Meningkatkan Keunikan Artikel Kalian - Versi Up

Peningkatan kualitas artikel khususnya dalam aspek keunikan pribadi, itu bisa dilakukan dengan terus-menerus menulis dan berusaha mencoba hal-hal yang berbeda seperti mencoba menggunakan diksi yang berbeda dalam artikel.

Apapun uji coba atau eksperimen yang terus kita lakukan, ini semua akan meningkatkan kreativitas dan keunikan artikel kita.

Untuk itu, jangan pernah takut mencoba hal baru selagi itu masih termasuk dalam kategori positif. Nah! inilah beberapa cara-cara yang bisa kalian coba untuk meningkatkan keunikan artikel kalian. 

Beberapa caranya. Tapi bukan yang terbaik namun, ini yang terbaik dari saya, cara untuk meningkatkan keunikan artikel kalian :

1.     Menuliskan Analogi dalam Artikel

Penulisan analogi dalam artikel itu berguna untuk menjelaskan sesuatu yang ruwet menjadi penjelasan yang lebih sederhana atau menggambarkan sesuatu lewat bentuk lain tapi, maksudnya tetap sama. Istilah sederhananya: analogi adalah qiyas, qiyas artinya pemaknaan sesuatu yang sejalur tapi tidak sama.

Contoh analogi: orang itu bekerja layaknya seperti siput artinya ia lambat sekali bekerja. Penggunaan diksi seperti ini bisa menunjang artikel kalian lebih menarik sebab analogi sendiri berguna sebagai pemanis-pemanis dalam kalimat atau perkataan.

Contoh realnya dalam hidup : aku akan bersamamu seribu tahun lamanya. Yah! Tentu nggak ada orang yang bisa hidup selama seribu tahun di masa ini, umur 70-an saja sudah batuk heheee… 

Maksud dari ungkapan di atas adalah ungkapan betapa cintanya seseorang terhadap kekasihnya atau istrinya.

Nah ! jadi, bisa dipahami bahwa analogi sering dipakai sebagai alternative ungkapan perasaan dan ungkapan yang menggambarkan sesuatu. 

Begitu juga dalam dunia tulis menulis seperti para penulis buku, mereka biasa menggunakan analogi sebagai pemanis topik bahasan. Sedangkan dalam dunia ngeblog, ini bisa digunakan sebagai senjata ampuh untuk memikat para pembaca agar mereka bisa membaca semua isi artikel.

Cara terbaik untuk mempelajari Teknik penulisan ini adalah dengan mencoba memasukkan perumpamaan dalam contoh topik penjelasan kita. 

Contohnya: membangun sebuah blog itu bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi, Sekarang banyak sekali blogger-blogger raksasa yang memenuhi page one google. Yah ! ini seperti semut vs gajah, jadi auto keiinjak heheee..

Letak analogi paragraf di atas berada di bagian akhir. Saya meng-analogikan kehidupan ngeblog Sekarang seperti semut vs gajah, dimana kita pemula adalah semut sedangkan para master adalah gajah, yang mana gajah bisa menginjak semut, artinya mereka bisa menepis kita dengan mudah. Yah! Namanya juga pemula heheee… sabar dan harus sabar…

Jadi, untuk itu coba laatih diri kalian dalam membuat analogi-analogi sederhana dalam artikel karna ini cukup berpengaruh dalam peningkatan ciri khas tulisan kalian.

membaca dan mencoba hal baru merupakan cara terbaik untuk memulai kreativitas”

2. Mengambil Synonim Kata Lewat Website

Synonim atau persamaan kata. Persamaan kata dalam penulisan artikel biasa digunakan sebagai alternative untuk menghindari pengulangan kata. Misalanya synonim: bukti diri synonimnya adalah identitas. 

Contoh penggunaannya : sebagai seorang blogger hal yang harus diprioritaskan adalah konten, dimana konten merupakan bukti diri bahwa kita berbeda dengan lainnya, inilah salah satu power yang menguatkan identitas kita dalam ngeblog.

Penggunaan synonym di atas berguna, agar kita tidak mengulangi kata yang sama dalam satu teks paragraph. Jadi, dalam satu paragraph tidak terdapat kata yang double.

Rata-rata penulis pro itu, mereka biasanya menghindari pengulangan kata dalam tulisan, apalagi dalam menulis buku karna hal ini sangat tidak dianjurkan. Coba aja ! kalian perhatikan buku-buku yang ditulis oleh orang-orang berbakat. Umumnya kita temui mereka tidak menulis kata yang sama dalam satu paragraph.

Mengapa ?

Jawabanya adalah untuk menghindari kerancuan dalam satu kalimat atau dalam satu paragraph. 

Coba kalian menulis dengan memasukkan kata yang sama dalam kalimat artikel, kemungkinan kesannya akan terlihat aneh dan terlihat kurang perfesional - rasakan sendiri...

Oleh sebab itu, para penulis tidak ingin mengguankan kata yang double dalam karya-karya mereka. Hal ini dapat dijadikan contoh dalam penulisan artikel agar kesan artikel kita buat lebih berkualitas dan lebih unik dari sebelum-sebelumnya.

Jujur, penulisan artikel dengan model seperti ini saya baru dapat sehabis meneliti, meneliti tulisan-tulisan yang saya posting “sepertinya ada yang aneh pada postingan ini”.

Jadi, ini cara yang sangat bagus kalian coba untuk meningkatkan kualitas artikel kalian dan menambah keunikan dalam penulisan artikel. Disisi lain peraktek kebiasaan seperti ini secara tidak langsung dapat menambah kosa kata kalian dalam menulis artikel.

“penulis yang hebat dilihat dari cara ia merangkai kata” 

Klik disini untuk pencarian persamaan kata

3. Latihan Memasukkan Q and A dalam Artikel

Q and A adalah singkatan dari Question and Answer terjemahan pertanyaan dan jawaban. Penggunaan Teknik penulisan yang seperti ini merupakan cara yang sering saya pakai untuk membuat selipan cerita dalam artikel. 

Selipan cerita atau cerita singkat dalam artikel yang saya tulis fungsinya untuk pengganti contoh dan pengganti perumpamaan.

Misalnya dalam topik +7 Kebiasaan Penulis Produktif, pada penggalan paragraph pembuka “kalau nggak salah” saya membuat scenario pembicaraan yang membahas permasalahan dalam kebiasaan menulis, dimana sang penanya mempermasalakan kebiasaan ia sedangkan sang penjawab memberi solusi dan jalan keluar dari permasalahan sang penanya.

Konsep penjelasan seperti ini bagi saya sangat berguna di saat-saat tertentu seperti saya sudah tidak cara yang bagus untuk menyampaikan gagasan dan saya buntu menjelaskan topik itu.

Jadi alternatifnya, saya membuat scenario Q and A untuk membatu saya dalam memfokuskan titik permasalahan pada topik bahasan pada artikel. Yah! Walaupun cara ini agak terlihat melebih-lebihkan namun, Teknik saya ini sangat membantu untuk menggambarkan masalah yang dihadapi si calon pengunjung. Entah ini sesuai dengan permasalahan mereka atau tidak. Tapi, paling tidak ini sudah bisa memperlihatkan dengan jelas “apa sebenarnya masalah yang bisa diselesaikan dalam artikel saya”.

Analoginya seperti ini : kita sebenarnya tidak akan tahu isi kolam itu, kecuali kita pernah memancing disana. Jika disana ada ikan, kita tentu tau apa yang disukai ikan (cacing) sekalipun dalam kesaharian, kita suka makan roti selai kacang. Jadi, ketika kita ingin memancing disana maka, cacinglah yang pas digunakan sebagai umpan.

Nah ! dalam dunia ngeblog kita bisa membuat gambaran jelas “apa sebenarnya yang akan didapat para pengunjung saat membaca artikel”. 

Jelasnya permasalahan yang di bahas dalam artikel kita dapat memberi jawaban tepat bagi mereka yang membutuhkan.

“Rasakanlah apa yang akan didapatkan pengunjung saat membaca artikel kalian”

4. Belajarlah Menggunakan Diksi yang Berbeda

Diksi atau pemilihan kata adalah sebuah kemampuan dalam merangkai kata sehingga bisa mewakili pikiran dan juga perasaan. Jadi, penggunaan diksi merupakan cara kita mengungkapkan sesuatu dengan tepat sasaran.

Jika, seseorang kekurangan kosa kata atau jarang membaca buku, yang terjadi ia akan kesulitan menyampaikan maksud dari perkataannya secara tepat. Begitupun dalam dunia tulis-menulis seperti ngeblog dewasa ini. Kita sangat membutuhkan banyak sekali kosa kata agar gagasan utama artikel kita tersampaikan dengan benar.

Namun, apabila kita kekurangan kosa kata dalam membahas topik tertentu, maka besar kemungkinan artikel kita akan terasa ada yang kurang pas… Entah itu pendapat sang pengunjung atau pemahaman kalian sendiri bahwa artikel ini kurang pas pada bagian pemaknaan kata.

Sadar atau nggak sadar penggunaan diksi sangat mempegaruhi kualitas dan keunikan artikel kita. Yah! Bisa dianggap diksi adalah salah satu tiang penyangga dari sekian tiang yang mengokohkan gagasan utama dalam artikel.

Oleh sebab itu, mempelajari berbagai macam diksi dan belajar menggunakan diksi yang berbeda dalam artikel merupakan hal penting, apalagi kita dituntut untuk terus menulis dan terus berkarya. 

Kan! Aneh ceritanya jika postingan kita dua tiga bulan lalu tetap mirip-mirip saja, mungkin saja google menganggap tulisan kita itu-itu aja dan akhirnya algoritma google menganggap postingan-posingan kita termasuk postingan berulang. Mungkin…. Mungkin saja…. Bisa jadi….

“belajarlah sesuatu yang berbeda maka kalian akan mendapatkan sesuatu yang berbeda” 

5. Rajin-rajinlah Membaca Buku

Salah satu kebiasaan yang hampir selalu saya sebut dalam sekian banyak postingan adalah kebiasaan membaca. 

Mengapa hal ini sering saya bahas? 

Yah ! jawabanya sudah sangat jelas bahwa membaca sangat penting buat kalian sebagai penunjang dalam mendapatkan ide menulis. Apalagi kalian seorang blogger pemula yang notabenenya minim ilmu pengetahuan termasuk saya .

Minimnya ilmu pengetahuan disebabkan jarangnya kita membaca dapat bedampak buruk pada blog seperti blog yang kita bangun hanya jalan ditempat saja artinya nggak ada perkembangan. Hal ini pun bukannlah sesuatu yang kita inginkan.

“jangan hanya mau, tapi juga harus ada tindakan”

Jujur, sebenarnya kebiasaan membaca termasuk kebiasaan yang agak berat dan sulit dibangun bagi mereka yang baru memulai atau mereka yang hampir tidak pernah membuka buka kecuali, di sekolah atau di kampus.

Dan itu pernah saya rasakan, tapi setelah dipikir-pikir dalam hidup ini selain kebutuhan makan dan minum teryata kita juga membuhkan ilmu pengetahuan agar tidak dibodohi dan itu bisa didapatkan dengan mudah lewat membaca.

Sebagai pemula dalam dunia ngeblog jaman sekarang. Jangan malas membaca karna saingan berat-berat bro….

Untuk itu, inilah beberapa tips sederahana yang bisa kalian lakukan agar kalian rajin-rajin membaca. Khususnya kalian yang ingin menghasilkan karya tulis unik dan berkualitas :

- Pilih Bacaan yang Kalian Sukai dan Itu Sejalan dengan Niche blog

Memilih bacaan yang kita suka merupakan hal penting agar saat membaca kita tidak mudah jenuh dan cepat menutup buku bacaan. Apalagi pertamakali punya niat, “niat jangan stengah-tengah nanti hasilnya juga stengah-stengah”.

Nah! Jika, kalian punya kesempatan seperti tebalnya isi dompet kalian, tidak ada salahnya kalian keluarkan untuk pembelian buku. Paling tidak sudah ada bukti nyata ingin memulai.

Sebagai jalan pertama yang perlu kalian pilih saat menentukan buku bacaan yaitu cobalah pilih buku yang tipis-tipis agar kalian tidak mudah Lelah membaca dan merasa gagal memulai. Yah ! walaupun ada juga orang yang memulai membaca buku tebal-tebal, dengan alasan ingin dianggap heheee…

“masa depan ada ditangan kalian dan itu ditentukan oleh keputusan kalian saat ini”

- Tentukan Tujuan Kalian Membaca

Membaca itu perlu tujuan, tujuan mengapa kita membuka buku, tujuan mengapa kita membaca dan tujuan mengapa kita menulis. Semuanya membutuhkan tujuan yang jelas karna nggak mungkin kita memanah di malam gelap tanpa tau mana target yang kita tuju.

Tujuan membaca sendiri sangat beragam dari : membaca karna ingin menambah wawasan, membaca karna ingin dianggap berilmu, membaca karna ingin naik pangkat, membaca karna merasa butuh. Maka, pilihlah tujuan yang terakhir yaitu membaca karna merasa butuh.

Jadikanlah kebiasaan membaca termasuk dalam kebutuhan primer kalian agar ini bisa menjadi pedal gas buat kalian untuk terdorong membaca tiap hari. Bukan memaksa tapi hanya ingin memotivasi hehehee… Jika merasa terpaksa, apa boleh buat hehee….

“Awalnya dari terpaksa, jadi dilakukan, karna sering dilakukan, maka jadi kebiasaan, lewat kebiasaan al hasil menjadi sifat dan lama-lama terbentuklah karakter, hingga akhirnya karakter inilah yang menetukan tempat kita berada dimasa mendatang”

- Buat mind-mapping atau Review kembali

Mungkin ini sudah di level dua yaitu membuat peta pikiran atau mind-mapping. Peta pikiran yang biasa dikenal dengan istilah peta konsep, umumya didapat pada bagian pertama bab buku pelajaran sekolah “keingat sekolah”.

Yap ! Peletakkan peta konsep dalam buku itu, berguna sebagai kompas singkat tentang bagaimana jalur pikiran yang tertulis dalam bab buku tersebut. Khusus fungsinya dalam memahami bacaan buku adalah memetakkan pikiran kalian mana-mana bagian yang berkaitan sehingga, bagian itu bisa disusun rapi dengan tujuan agar kita benar-benar tau apa yang sedang kita pelajari dan apa yang akan kita sampaikan dalam tulisan “mana-mana bagian primer dan sekundernya”.

Sederhannya ini sangat bagus digunakan dalam catatan singkat yang bisa merangkum semua isi buku. Yah ! terdengar berat “Yah! memang”.

Saya sendiri jarang melakukannya dan mungkin tidak pernah melakukannya heheehee… Saya hanya menulis saja. Tapi, saya punya kepercayaan kuat bahwa ini sangat dibutuhkan suatu saat khusunya saat kita menulis. Nanti kapan-kapan saya Coba juga cara ini hehehee….

Mohon maaf – belum pengalaman.

Jika kalian pernah coba cara ini, bisa di share di kolom komentar…. Kami menanti itu !

Lanjut focus point selanjutnya...

6. Tidak Menulis Langsung Pengertian, Contoh dan Kekurangan Kelebihan

Tidak menabrak langsung pokok bahasan adalah salah satu metode saya dalam menulis agar pembahasan artikel yang saya buat tidak kaku, artinya penulisan dalam artikel saya tidak formal-formal amat.

bagi saya, ini adalah cara yang bagus untuk membuat artikel kita agar tampak lebih alami dan lebih besahabat saat dibaca. 

Jika, kalian ingin melihat penulisan yang hanya mengadung fakta dan data saja tanpa rasa emosional didalamnya, kalian bisa melihat dan membaca tulisan pada website Wikipedia.com.

Mengapa mereka membuat website seperti itu ?

Alasannya itu berasal dari sang pembuat website sendiri “steven”, ia hanya menulis dalam website berdasar fakta dan data yang ia dapati di berbagai referensi entah di buku, berita, penelitian dan website-website tertentu  dan itu semua patokan ia dalam menulis.

Berbeda dengan kita dalam dunia ngeblog, rata-rata kita menulis bukan hanya berdasar fakta dan data melainkan kita juga menulis berdasar rasa dan pengalaman hidup. 

Lalu apa sebenarnya menulis tidak langsung itu ?

Menulis tidak langsung menulis (pengertian, contoh dan kekurangan kelebiahan) adalah penulisan yang tidak menampakkan langsung kata pengertian, contoh dan kekurangan kelebihan dalam artikel.

Sederhanya, jika kalian ingin menceritakan kisah yang lucu, maka kalian tidak perlu menyebutkan bahwa “saya akan menceritakan kisah yang lucu”. jadi, cara menceritakan kisah tersebut adalah kalian langsung saja megatakan bahwa “saya ingin menceritakan sebuah kisah seperti ini itu dan saya menganggap cerita ini tidak masuk akal dan.. dan.. selesai”. Tanpa menyebutkan kata lucu dalam artikel.

Penulisan ini, secara mendasar seperti kita menyamarkan kata pengertian dan lainnya dalam penulisan. Apabila, kita menyampaikan maksud atau inti di awal cerita, biasanya para pembaca tidak akan merasa penasaran dan bahkan mereka akan ke mode siap mencari inti cerita kalian. Kan! Nggak enak juga jika kita sudah menyampaikan bahwa cerita kita ini lucu, tapi kenyataannya mereka menganggap cerita itu biasa-biasa saja.

“Hadiah itu lebih bagus jika dibungkus dengan rapi” 

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan keunikan artikel. Apakah ini bermanfaat atau tidak itu tergantung cara kalian mencoba dan mempraktekkannya secara langsung.


Kesimpulan

Sebagai tangga lanjutan dalam dunia ngeblog setelah melewati kebiasaan konsistensi, konsisten menulis. Selanjutnya kita akan terus belajar dan melihat berbagai macam ide penulisan, ide penulisan sendiri sangat berguna agar artikel yang kita posting akan terlihat unik. selain unik kualiatasnya pun ikut meningkat.

Peningkatan kualiatas artikel merupakan sebuah senjata yang harus disiapkan dan harus di up setiap saat. 

Mengapa ?

Perlu di ingat bahwa algoritma google itu tidak menetapkan sebuah artikel selalu di halaman utama, namun ada kalanya artikel halaman pertama di gantikan oleh artikel-artikel yang lain. Misalnya saat ini artikel kita berada di pageone google tapi, setelah beberapa saat artikel kita sudah tidak berada di pageone google lagi.

Mengapa ?

Karna google kembali memperbaharui dan men-update info-infonya. artinya artikel kita yang kemarin sudah di pageone sudah digantikan oleh artikel yang lebih baik dan lebih relavan.

Jadi, dari sekenario naik turunnya artikel di halaman utama google telah menggambarkan kepada kita bahwa tidak ada kemenangan tetap dan yang ada adalah kemenangan yang sementara begitupun sebaliknya tidak ada kegagalan yang tetap, yang ada adalah kegagalan yang sementara,

Untuk itu, sebagai pejuang dalam dunia ngeblog kita dituntut untuk terus meningkatkan kualiatas artikel dan Kualiatas artikel dapat ditingkatkan lewat rajin belajar dan peka terhadap perubahan.

"Jangan melakukan apapun maka tidak terjadi apapun"


semoga bermanfaat.

Mohon maaf jika masih banyak kesalahan kata dalam penulisan artikel kami, Karna kami termasuk gologan orang-orang pemula yang sangat awam dalam dunia ngeblog dewasa ini.

Adapun kritik dan saran bisa kalian tulis di kolom komentar yang kami sediakan.

Komentar adalah bagian dari bahan bakar kami agar terus berkembang dan terus bekarya.

Thanks.


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog hicul.my.id dengan blog cat4tan.blogspot.com dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca...

Posting Komentar untuk " 5+ Cara Meningkatkan Keunikan Artikel Kalian - Versi Up"