Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Hal yang Perlu Dihindari SETELAH Menulis Artikel di Blog -Versi Pemula

Apa yang harus saya lakukan setelah menulis ? mengapa mencari ide itu bisa melelahkan ? apakah cara saya mempromosikan artikel sudah benar ? gimana saya bisa menyusun jadwal untuk besok ? beberapa pertanyaan ini, nanti kita bahas.

Sebelum itu, ada prinsip yang perlu kalian ketahui setelah selesai menulis yaitu prinsip no pending (tidak ada yang tertunda) lewat prinsip ini, kalian tidak boleh membiasakan diri menunda-nunda pekerjaan, dimana apabila kalian selesai di satu pekerjaan maka, kalian melangkah ke pekerjaan yang selanjutnya bukan menunggu lagi.

No Pending adalah istilah saya sendiri – jika kalian berada di pagi hari jangan tunggu waktu siang, jika kalian berada di waktu sore jangan tunggu di waktu malam, kerjakan apa yang bisa kalian kerjakan hari ini. Gunakannlah waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu datang. Manfaatkanlah masa mudamu untuk masa tuamu dan sekarang menulislah karna sekarang kalian berada pada waktu yang terbaik di masa ini,

“menulislah selagi kesempatan masih ada”

Oleh karena itu, memanfaatkan waktu sebaik-baik mungkin adalah pilihan yang cerdas. Walaupun ngeblog sendiri termasuk pekerjaan yang fleksibel dimana, waktu menulis bisa kapan saja dan dimana saja dilakukan tapi ini, bukan berarti kalian bebas kapan-kapan baru nulis. 

Ada satu hal yang sampai sekarang tidak pernah berubah-ubah dan hal ini dapat mendatangkan keberhasilan dalam dunia blogging, hal itu tidak lain adalah tingkat kualitas artikel atau kualitas tulisan kalian dan untuk menghasilkan kualitas tulisan tingkat tinggi .Maka, kalian perlu dalam mode rajin, rajin belajar dan nggak rajin bermalas-malasan di sofa.

Jadi, untuk bisa menjadi penulis yang berhasil menciptakan karya tulis yang berkulitas, sebaiknya menghindari hal-hal yang menghalagi langkah kalian untuk menjadi seorang penulis.

Scroll ke bawah untuk ulasan lebih lanjut....

5+ Hal yang Perlu Dihindari SETELAH Menulis Artikel di Blog -Versi Pemula

Mengetahui pantangan-pantangan dalam dunia tulis-menulis merupakan hal penting untuk diketahui agar kita bisa mengindarinya. Sebab semua ini sangat mempengaruhi langkah kita untuk menjejaki kesuksesan di hari esok.

Untuk itu, sebagai penulis yang cerdas maka kita perlu mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, dari ilmu pengetahuan dalam skala luas sampai ilmu pengetahua pada skala mendatail, semua itu penting untuk dipelajari termasuk mempelajari jurang-jurang kegagalan yang perlu dihindari dalam ngeblog.

Beberapa hal buruk yang perlu kalian hindari setelah menulis artikel di blog :

1. Jangan Mudah Tersinggung dengan Kritikan Pengunjung

Kolom komentar yang ada dalam blog kita itu fungsinya untuk memuat pendapat-pendapat, pujian-pujian dan tak terkecuali, kritikan seperti kritikan yang membangun atau mungkin terdapat kritikan pedas yang dapat menyinggung perasaan. Tapi ini semua adalah hal yang lumrah dan biasa terjadi di dunia maya termasuk dalam dunia ngeblog.

Sekalipun kritik itu tertulis dalam kolom komentar kalian, kalian bisa menghapusnya atau menyimpannya sebagai kenang-kenagan heehehe…. Semua otoritas itu, sepenuhnya ada pada diri kalian.

Pada dasarnya terdapat beberapa hal penyebab orang-orang tersinggung dalam dunia maya. Sejauh ini yang saya ketahui ada dua penyebab orang-orang mudah tersinggung. 

Pertama adalah kurangnya rasa percaya diri khususnya kepercayaan diri dalam dunia ngeblog yang mana, itu mengacu pada kualitas artikel seperti artikel yang kita posting kurang bagus untuk di baca atau kasarnya artikel kita nggak layak publice. Yah ! Namanya juga pemula biasa membuat kesalahan saat  menulis. 

Dampak buruknya jika, terdapat pengunjung berkomen yang aneh-aneh disaat tulisan kita lagi kacau-kacaunya. Maka, disinilah peperangan terjadi antara pengunjung vs penulis saling serang lewat komentar-komentar pedas - dari membalas cacian sampai mengatakan hal-hal yang berkaitan dengan kebun binatang.

Kebiasaan-kebiasaan ini mestinya tidak dimiliki oleh penulis-penulis yang ada di dunia maya. Apalagi mereka tipe pemula seperti saya.

Point kedua penyebab orang mudah tersinggung adalah kesalahpahaman, ini mungkin terdengar memalukan tapi ini dapat terjadi dalam dunia maya tak terkecuali bisa juga terjadi dalam dunia ngelog dewasa ini. 

Terkadang bukan ucapan atau tindakan orang lain yang membuat kita tersinggung melainkan kesalahpahaman seperti pemaknaan negative yang kita buat sendiri. 

Contoh kecilnya jika ada orang yang nggak suka dengan topik yang kalian bahas. Itu bukan berarti topik yang kalian bahas buruk atau nggak bagus. Yah! Auto negative lah…

Oleh karena itu, kita perlu menghindari kebiasaan ini dengan membuka peluang untuk berpikir lebih positif.

Nah ! ini beberapa solusi agar kalian bisa berpikir lebih postif untuk menghindari hal-hal buruk ini :

- Coba Luangkan Waktu Berpikir

Kebiasaan mudah tersinggung yang selama ini terjadi oleh karna respons spontanitas seperti spontan tersinggung atas ketidaksesuain pendapat kalian dengan pendapat mereka. Kali ini, cobalah mengambil waktu berpikir sejenak sebelum merespon balik.

Contohnya, saat kalian tersinggung oleh komentar orang lain merasa topik yang kalian bahas kurang menarik. Maka, saat itu kalian bisa memikirakan “apa sebenarnya alasan mereka menganggap topik itu kurang menarik”.

Selain itu, kalian juga perlu menanyakan ke diri sendiri, mengapa saya harus tersinggung atas komen-komen mereka”apa mereka melewati Batas-batasan saya”.

Nah ! jika mereka sudah kelewat batas “Langsung tonjok aja”. Maaf iklan gratis heehehee…

Pada segi positifnya, skenario munculnya perasaan mudah tersinggung itu semestinya di cut agar tidak menimbulkan masalah-masalah yang nggak dibutuhkan. Kan! kalian capek sendirilah jika, kalian meladeni mereka “buang-buang waktu dan buang-buang tenaga”.

Oleh karna itu, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah coba kalian meluangkan waktu berpikir sejenak, yang selanjutnya latih diri kalian untuk berpikir positif. Dilansir dari Very Well Mind, konsultan manajemen stres Elizabet Scott, ia menganjurkan kita untuk mengawasi pola pikir, yang selanjutnya kita focus mengubahnya ke mode positif. 

Sederhananya, saat pikiran negative datang menyerang maka, kalian ke mode otomatis mematahkan pikiran negative itu dan saat itu berpindahlah ke mode berpikir positif. 

“Berpikir positif bukan berarti mengaggap semua baik karna ada waktunya kita positif dan ada waktunya kita kritis”

- Coba Lihat Sudut Pandang Orang Lain

Saat ini jarang sekali kita melihat diri kita lewat pandangan orang lain seperti bagaimana pandangan mereka terhadap pekerjaan yang sedang kita kerjakan. mungkin saja jika kita berada di posisi mereka besar besar kemungkinan kita akan berpendapat seperti mereka. 

Contohnya artikel yang kalian tulis itu tidak menarik, pendapat ini spontan keluar karna mereka mungkin melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Jadi, umpamanya kalian berada di posisi mereka. Misalnya kalian menemukan artikel yang kurang menarik tapi sang penulis menganggap artikel itu menarik namun ternyata kebanyakan orang menganggap artikel itu tidak menarik termasuk kalian ikut mengakuainya.

“cobalah untuk belajar melihat sesuatu itu, dari sudut pandang yang berbeda”

- Belajarlah Memahami Keadaan

Semua orang yang kalian temui itu, tidak selamanya mengetahui apa-apa yang kalian punya, termasuk apa yang kalian rasakan saat ini. Apalagi mereka kenalan atau orang yang jarang kalian temui, dimana saat kalian bertemu mereka di sebuah cafe dan mengajak mereka untuk duduk bersama sambil berbincang-bincang minum kopi namun, disaat-saat tertentu mereka bercanda lepas dengan kata-kata kasar padahal mereka nggak bermaksud seperti itu.

Kejadian yang seperti ini kadang terjadi dalam dunia blogging. 

Ini salah satu kisahnya - Hari itu saya lagi asyik-asyiknya saling balas komen, tiba-tiba saja muncul orang baru yang menyalip komen-komen dengan kata-kata kasar, padahal ungkapan itu biasa-biasa saja, biasa bagi mereka seperti penggunaan kata tunjuk mereka ke saya “Lu harusnya tau”, tapi, bagi saya kata-kata ini sangat kasar untuk di dengar. Yah!, apa boleh buat kalau begitu cara mereka berkomunikasi.

“janganlah kalian merasa pintar, pintar-pintarlah kalian merasa”

2. Mudah Merasa Puas dengan Hasil

Rata-rata orang belajar karna merasa ada sesuatu yang kurang pada dirinya seperti dalam penulisan artikel entah penggunaan diksi yang kurang, tulisan masih perlu diperbaiki atau mungkin mereka merasa masih banyak hal yang perlu dipelajari. 

Rasa-rasa yang seperti ini adalah sebuah bentuk ketidakpuasan seseorang terhadap pengetahuan yang dimilik. sehingga orang-orang yang berprinsip seperti ini, termasuk dalam kategori pelajar sejati yang terus bergerak, terus berkembang dan terus memperbaiki kesalahan. Hingga, mereka benar- benar menghasilkan karya Tulis yang mengagumkan sekalipun itu sesuatu biasa bagi mereka.

“ala bisa karna biasa”

Namun, jika kamu berpikir sebaliknya seperti merasa cepat puas dengan ribuan postingan, yang nyata-nyatanya kalian berada dipuncak namun itu masih belum apa-apanya dibandingkan kebanyakan pemain-pemain pro lainnya karna diatas langit masih ada langit. 

Merasa puas adalah salah satu tembok penghalang bagi mereka yang sudah malas belajar dan malas memanjat dinding, memanjat untuk melihat pemandangan yang nan luas dan dipuncak kalian mengatakan “ternyata dunia ini sangatlah luas, seluas sejauh mata memandang”. Artinya masih banyak orang-orang yang lebih hebat dan lebih sukses dari diri kita sendiri.

Jadi, sebagai pengingat sesama penulis artikel, ada baiknya kita menempuh jalan menulis ini dengan terus belajar… belajar… dan belajar…

3. Terlalu Sering promosi

Sesuatu yang sangat menyenangkan dilakukan sehabis menulis artikel itu tidak lain yaitu melakukan promosi sebagai bukti bahwa kita sudah menulis artikel baru Nih!. 

Budaya membagikan postingan ke teman, kerabat atau grup-grup di social media adalah termasuk hal yang perlu dilakukan namun itu mesti dalam Batasan yang sewajarnya.

Batas wajar itu menurut saya cukup bagikan artikel kalian sekali saja bukan berkali-kali apalagi postingan tetap sama dan jangan juga kalian memposting link di blog orang lain. Bahanya jika kalian memasang link tanpa izin pemilik blog. Kan ! repot juga nantinya jika berhadapan dengan sang pemilik blog. Yah! Ini seperti menanam pohon di halaman rumah orang tanpa minta izin ke pemilik rumah.

Walaupun sebenarnya mempromosikan artikel diberbagai tempat di dunia maya hanya menghasilkan kenaikan statistic yang sementara. Tapi, bagi saya ini adalah sesuatu dapat meningkatkan semangat untuk menulis lagi. Entah kalian berpikir demikian atau tidak itu semua tergantung perasaan anda.

Tidak membagikan link artikel tidak selamanya juga itu penentu kenaikan statistic visitor, sebab dari dulu sampai sekarang konten artikel tetaplah raja terlepas seberapa sering kita membagikan link-link artikel.

Disisi lain jika kalian tidak membagikan link artikel, ini dapat membatasi peluang para penyerang blog yang biasa memasang boomklik dan jinlink pada blog. Dampaknya data statistic naik tanpa kejelasan dari sumber-sumber yang dipertanyakan. Jadinya google mengaggap blog kita melakukan kecurangan, padahal kenyataanya tidak sama sekali.

Jadi, berhati-hatilah membagikan link postingan kalian. 

Sebagai benang merah dari dua opsi di atas. Kedua-duanya punya resiko dan kentungannya masing-masing. Membagikan link bisa memberi semangat sedangkan tidak membagikan link menulis tentu  berjalan apa adanya. Kalian sendirilah menentukan mana baiknya.

4. Malas Mencari Ide Baru

Apapun pekerjaannya jika sudah bersanding dengan kata malas, maka tidak akan ada yang terjadi kecuali pekerjaan itu akan terhambat dan bahkan tidak jadi-jadi.

Mencari ide adalah hal yang sangat penting dalam membuat karya tulis menarik dan berkulitas.Tapi, jika sudah bersanding dengan kata malas tentu ide barupun tidak akan muncul, jarang-jarang ada ide yang datang dengan sendirinya karna kalian harus mencarinya.

Mencari ide sendiri sudah sangat mudah di era modern ini, seperti misalnya di gadget kalian, kalian cobalah manfaat gadget itu pada hal-hal yang positif misalnya mencari referensi-referensi untuk ide artikel kalian bukan mager sehabis nulis. 

Nggak mungkin seseorang bisa mengahasilkan karya tulis yang luar biasa tanpa rajin-rajin membaca entah mereka rajin membaca buku, artikel, majalah, mendengar berita atau pun mencari hal-hal baru lainnya lewat traveling. 

Secara sederhana membaca buku seperti buku fiksi, nonfiksi atau journal akan menambah cakrawala berpikir kalian.

Luasnya cakrawala berpikir kalian akan sangat membantu dalam penulisan artikel yang lebih baik. Salah satu Teknik menulis jika kalian ingin menulis topik ngeblog namun topik ini sudah banyak dibahas. Cobalah mencari buku atau genre yang berbeda seperti membaca berita atau mencari kutipan motivasi semua ini bisa kalian kombinasikan dengan topik artikel kalian, ramulah ke tiga aspek ini sebaik mungkin untuk menghasilkan ide baru yang jarang di posting oleh orang-orang kebanyakan.

“topiknya sama tapi isinya beda” 

Itu sisi luar yang bisa kalian coba dalam mencari ide dan sisi dalamnya kalian bisa melihat kehidupan kalian sendiri, dimana dalam hidupmu tentu ada banyak sekali cerita inspiratif atau pengalaman-pengalaman unik yang pernah dirasakan. 

Cara mengambil ide dalam pengalaman sendiri bisa kalian lakukan dengan cara mewawancari diri sendiri, menanyakan apa-apa yang pernah kalian alami dan renungkan apakah ini menarik diceritakan.

Sekalipun jika itu kurang menarik buat kalian tapi belum tentu orang lain mengatakan hal itu. jadi, cobalah ceritakan pengalaman kalian. 

Secara pribadi saya lebih tertarik dengan artikel yang mengandung pengalaman daripada artikel yang datar tanpa terdapat pengalaman yang nyata di dalamnya. 

Terkadang ide-ide cerita yang kalian ambil dari pengalaman hidup, kadang membuat para pembaca yang sedang mengalami permasalah tersebut merasa dekat dengan ceritamu.

Mengapa ?

Mungkin mereka penasaran dengan keputusan yang kalian pilih dan nilai plusnya mereka bisa saja membaca artikelmu sampai di titik terakhir karna penasaran apakah ada perbedaan. 

“apa pengalamanmu hari ini, ceritakanlah kami akan menyimak”

5. Tidak Memiliki Jadwal Harian

Menentukan apa-apa yang akan di kerja besok adalah pilihan cerdas agar tidak boros waktu. Ketahuilah bahwa di dalam waktu itu terdapat banyak sekali peluang kesempatan, semakin kalian memanfaatkan waktu kalian maka kalian akan memperbesar kesempatan kalian untuk sukses seperti sukses dalam dunia ngeblog. 

Hal dasar yang perlu kalian pikirankan sehabis menulis atau memposting sebuah artikel adalah memikirkan apa selanjutnya saya kerjakan, artinya kalian tidak membiarkan waktu berharga itu terlewatkan.

Cara menulis jadwal itu nggak selamanya harus benar-benar dituang dalam tulisan.

Ada kok cara gampangya yaitu pikirkan apa sebanarnya pekerjaan yang kalian prioritaskan, setelah itu, coba biasakan diri kalian menjadikan pekerjaan prioritas itu menjadi aktivitas harian yang menyanangkan, artinya kalian selalu melakukan pekerjaan itu tiap hari.

Contohnya jika pekerjaan kalian seorang blogger maka, biasakanlah diri kalian menulis tiap hari, banyak sedikintya tulisan kalian bukanlah masalah, yang penting kalian tetap menulis dihari itu. 

Nah ! jika aktivitas ini sudah dibiasakan selama satu bulanan, maka ini akan otomatis dikerjakan, saya pribadi membuat sekenario ini berhubung malas membuat jadwal lewat catatan. 

Jadi, melalui catatan pikiran ini, kalian tentu bisa mengembangkannya lebih lanjut dengan menambah beberapa kesibukan lain misalnya sehabis menulis artikel saya akan membaca buku. Dimana kebiasaan positif ini kalian tanamkan dalam pikiran dan mulailah membaca buku tiap hari satu dua lembar yang penting kalian konsisten membaca.

Inilah, cara simple saya membuat jadwal otomatis di pikiran. Hingga saat ini, pekerjaan saya ngeblog telah menjadi rutinitas yang menyenangkan“yah namanya juga sudah dibiasakan, jadinya sudah mode otomatis deh”.

Metode ini bagi saya sangat ampuh untuk menghalangi kebiasaan membuang-buang waktu pada hal yang nggak penting dan kebiasaan itu tidak dibutuhkan dimasa depan.

“satu dua kebiasaan positif yang terus di tambah akan membentuk suatu karakter dan karakter ini yang akan menentukan kalian dimasa mendatang – dimana kalian akan berada dimasa depan” 

Itulah beberapa cara yang perlu kalian hindari sehabis menulis artikel di blog. Bijak-bijaklah memilih mana-mana yang perlu dilakukan karna, itu semua dapat menentukan kalian nantinya akan seperti apa.


Kesimpulan

Membangun sebuah blog itu membutuhkan usaha yang nggak instan. sekalipun kita sudah menulis artikel tetap saja ada godaan untuk besantai dan santainya bisa tidak tanggung-tanggung satu dua hari. Padahal, menulis bukanlah hal yang dilakukan sekali sepekan.

Mengapa !

Sebagai seorang blogger pemula kita dituntut untuk aktif menulis walaupun disaat-saat malas. google sendiri akan menilai dan memilah mana-mana blog yang aktif dan mana-mana yang tidak aktif.

Dan aktif tidaknya blog itu terletak pada seberapa rajinnya sang pemilik blog menulis, menulis bukan asal menulis karna menulis itu ada seninya.

Seninya itu yaitu menulislah dengan hati Hehehee...

terkesan lebay tapi bagi saya ini adalah cara terbaik dan mode paling baik saat menulis, walaupun untuk saat ini saya masih sering berbuat kesalahan. Tapi, jika saya menemukan dan berada pada mode menulis dengan hati kadang tulisan saya mengalir dengan diksi yang bagus sebaliknya, jika saya pada mode bepikir tulisan yang saya hasilkan itu, biasanya nggak karuan sebab saya asal menulis sesuai fakta saja.

Hasil menulis bergantung pada fakta kadang mendatangkan tulisan yang membosankan dan garing - tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Tapi, yah! Apa boleh buat saya masih belajar karna bagi saya yang terpenting adalah tetaplah menulis apapun terjadi.


Maaf jika masih terdapat banyak kesalahan atau kata yang terbalik dan diksi yang kurang tepat  - berhubung pemula.

semoga bermanfaat...


Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog hicul.my.id dengan blog cat4tan.blogspot.com dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca...

4 komentar untuk "5+ Hal yang Perlu Dihindari SETELAH Menulis Artikel di Blog -Versi Pemula"


  1. Keren gan artikelnya, sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan

    Best Regards
    Klipingqu.com
    https://www.klipingqu.com/?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih.

      sukses bang nulis artikel bahasa inggrisnya...

      Hapus
  2. Balasan
    1. thanks, komen postifnya. semoga bermanfaat

      salam sukses gang

      Hapus