Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+7 Kebiasaan Penulis Produktif, Mudah Anda Tiru - Versi Pemula

 bagaimana caranya agar saya lebih disiplin ? mengapa saya kadang kurang produktif ? apakah jadwal menulis artikel penting ? apakah menentukan waktu menulis perlu dilakukan ? apa yang harus saya lakukan agar lebih produktif menulis setiap saat ? Nah ! Ini semua adalah pertanyaan-pertanyaan dasar yang selalu terbayang bagi calon blogger suksess aminn.....

Yang namanya orang ingin sukses tentu akan kepikiran bagaimana pekerjaan itu bisa dijalani dan bagian inilah yang paling di tanya-tanya yaitu cara agar kita lebih produktif dalam bekerja khususnya menulis artikel di blog. 

Pada dasarnya menulis artikel itu adalah tugas utama bagi seorang blogger. Namun, sayangnya saat kita memilih untuk menjadi seorang penulis di blog dan sudah dua tiga bulan yang mana lambat laun pekerjaan tulis menulis semakin melelahkan dan membosankan dan pada akhirnya di satu titik kita berpikir "ini bukanlah jalan saya".

Yap ! yang namanya juga memutuskan pilihan untuk menjadi seorang blogger memang mudah karna yang susah sebenarnya adalah saat di kita mulai menjalaninnya.

Mengapa ?

karna ada harga yang harus dibayar salah satunya yaitu anda harus konsisten menulis satu dua kalimat, paragraf dan artikel tiap saat.

Perlu anda ketahui bahwa keputusan yang anda pilih untuk menjadi seorang blogger itu sudah tepat, karna itu adalah kebiasaan positif yang bisa mengembangkan bakat dan minat anda disisi lain itu bisa menjadi ladang penghasilan sampingan. Jadi, langkah selanjutnya anda perlu membuat semangat menulis itu membara dan berkobar untuk berjung menulis apapun yang menurut anda menarik dan bermanfaat untuk dibagikan dalam dunia maya.

Q : Tapi, pekerjaan ini saya rasa sangat berat di jalankan setiap saat, apalagi saya kadang terkendala di berbagai hal dan saya kadang-kadang nggak konsiten menulis yang mana secara bersamaan produktivitas saya pun ikut menurun hingga produtkivitas itu benar-benar berada di titik nol. Apa yang saya lakukan jika sudah seperti ini !

A : Hal yang anda alami ini sudah lumrah dan normal bagi para penulis lainnya termasuk saya sendiri, yang kadang saat itu tiba bukan lagi laptop dan artikel kita perjuangkan melainkan sebuah semangat yang perlu di jaga agar tetap bertahan menulis.

Q : Yah ! ini dia masalah saya, saya yang sudah nggak bersemangat dan nggak tahan berlama-lama menulis, apalagi artikel saya begitu-begitu saja hampir nggak ada perubahan. 

A : begitulah semangat, seperti handphone yang ketika lobet perlu di cas dan semangat anda pun saat itu perlu di cas dan di isi kembali.

Q : Lalu bagaimana cara itu bisa dilakukan kalau sudah begini, apalagi saya sekarang saya sibuk dan sulit membangkitkan kembali semangat menulis itu.

A : Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah jangan memaksakan diri menulis terlalu banyak artikel jika waktunya nggak dapat dan sebagai solusinya jika itu terjadi maka anda tetap jangan tinggalkan blog anda tidak terurus, jadi anda tetap membukanya walaupun anda hanya bisa menulis beberapa potong kalimat saja, intinya anda tidak meninggalkan waktu seharipun tanpa menulis di depan laptop.

gunanya agar kebiasaan menulis tiap hari bisa terbentuk dan komitmen anda tetap menguat sekalipun suka atau tidak suka, malas atau tidak malas, semangat atau tidak bersemangat jawabannya tetap yaitu anda harus menulis.

Q : Jadi, kalau begitu saya paksakan diri saya tetap menulis sekalipun saya malas dan lagi sibuk-sibuknya !

A : Yah ! itulah yang harus anda lakukan atau jikaberat anda bisa beralih untuk membaca buku - buku apapun itu dan jika berat membaca buku, coba jalan-jalan atau pergi berkumpul dengan teman-teman. Nah ! sehabis itu coba tulis apa yang kalian bicarakan atau topik yang barusan kalian lihat, dengar atau yang kalian baca tadi dan hubungkan dengan niche blog kalian dimana semua aktivitas itu tentu ada seseuatu yang bisa kalian tulis, apapun itu. 

Skenario ini anda jalankan agar anda tetap produktif menulis !

"Fokus pada solusinya bukan pada masalahnya"

Q : Lalu apa yang saya lakukan jika saya sudah berada di jalur ini dan bagaimana cara saya agar tetap produktif menulis artikel.

A : Nah! jika anda sudah berada dijalur ini, Anda bisa melangkah ketahap selanjutnya untuk mempertahankan produktivitas menulis anda agar tetap bertahan. silahkan Scroll ke bawah !

+7 Kebiasaan Penulis Produktif, Mudah Anda Tiru - Versi Pemula

1. Hindari mengedit Saat Menulis Artikel

Salah satu konsep dasar yang perlu anda pegang saat asyik-asyiknya menulis adalah jangan mengedit tulisan saat sedang menulis, sekalipun ada yang mengganjal bukannya membiarkan masalah, tapi ini lebih kepada agar anda tetap kreative dalam proses menulis dan kreativitas anda tidak tergganggu.. Jadi, saatanda mengerjakan artikel maka biarkanlah tulisan anda mengalir begitu saja, hingga di titik terakhir tulisan, barulah anda melihat dan membaca kembali apa yang anda tulis. 

Hal ini memang terdengar aneh, saya pun awalnya berpikir demikian, namun ini sangat membantu saya dalam proses menulis. Coba aja !

Nah ! jika aktivitas ini anda lakukan maka ini akan mempercepat laju penulisan anda karna anda tidak bolak balik lagi memperbaiki dan menulis tambahan-tambahan, yang mana perbaikan itu sendiri tidak memberi dampak yang besar dari tulisan sebelumnya. 

Tapi, sebelum itu anda harus tau apa gagasan atau pokok utama yang ingin kalian sampaikan dalam tulisan bukan asal menulis tanpa henti dan tidak tau apa yang ditulis. Kan ! itu aneh juga itu kayak kereta api yang bejalan tanpa tujuan atau kereta api yang jalan tanpa lintasan, yang bisa saja menabrak orang heheheee...

Hal inipun akan terjadi jika anda tidak memiliki gagasan utama pada point pembahasan, yang mana anda bisa saja menabrak heheee...

Jadi, mengedit tulisan itu bisa anda lakukan sehabis anda selesai menulis ide-ide yang terpikirkan. 

2. Menulis Seolah-olah Berbicara dengan Teman

tips ampuh yang bisa anda lakukan agar tetap menulis adalah menulis apapun yang ada dalam benakmu dan anda menulisnya seolah-olah anda sedang berbicara langsung dengan seseorang.

Jika, tidak bisa membayangkannya, coba pikirkan anda sedang berhadapan dengan teman dan sampaikan apa kira-kira topik yang seru untuk di bahas dan disaat bersamaan anda memikirkan bagaimana agar topik itu bisa lebih menarik dibicarakan tanpa hoax.

Jadi, hasilnya nanti adalah sebuah tulisan hasil obrolan dan selanjutnya hasil obrolan itu bisa anda ubah ke dalam bahasa tulisan, tapi jika sudah bagus anda nggak perlu mengubahnya.

Pada konsep penulisan bahasa lisan atau bahasa hasil perbicangan yang anda lakukan tadi itu otomatis keluar tanpa terpikirkan sebelumnya dan bahkan pembicaraan yang anda tulis tadi bisa tersusun dengan rapi.

Mengapa ?

Jawabannya karna kita nggak mungkin berbicara dengan seseorang dengan bahasa yang ngawur nggak jelas gitu. Jadi, saat anda menuangkan bahasa lisan anda ke bahasa tulisan pastikan anda bisa mengetik dengan cepat.

Tapi jika tidak, maka anda bisa menggunakan alternatif lain seperti menulisnya terlebih dahulu dalam selembar kertas, yang kemudian isi selembar kertas itu kalian ketik kembali ke dalam artikel. Memang kesannya terlihat ribet, tapi kalau mau cepat dan lancar mengetik, anda bisa mencari aplikasi-aplikasi yang bisa mendukung anda untuk berlatih dalam mengetik cepat.

Mengetik dengan cepat sendiri memiliki keuntungan yang sangat banyak, apalagi anda seorang blogger, saya pribadi pun sangat terbantu dengan kecepatan mengetik saya sekarang ini, walapun di awal-awal hanya menggunakan dua jari yaitu jari telunjuk kanan dan jari telunjuk kiri. Namun, seringnya saya latihan di salah satu aplikasi pengetikan cepat, akhirnya saya terbisa mengetik dengan cepat. Yah ! walaupun waktu yang saya butuhkan hingga bisa seperti ini yaitu kira-kira satu tahunan, "mengapa lama yah! karna saya sangat jarang latihan", tapi jika di press dengan waktu yang real - saya bisa mengetik sepuluh jari dengan lancar dalam waktu sekitar 2-3 bulan, anda pun juga bisa kok mencobanya.

"sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit"

3. Berlatih Menulis Lepas

Pada saat proses tulis-menulis kadang kala kita kehabisan kosakata dalam akal pikiran, apalagi saat membahas topik-topik khusus yang memerlukan lebih banyak kosakata kata unik, dimana hal ini biasanya menyebabkan kita bingun dan kandas dalam menentukan diksi yang akan digunakan di artikel.

Nah! sebagai solusi untuk masalah ini, anda bisa melatih diri anda menjadi penulis lepas, artinya anda berusaha menulis hal-hal atau benda-benda yang mana benda itu anda deskripsikan secara detail dan nilai plusnya anda akan terlatih dalam menjelaskan berbagai hal dengan teliti dan bisa menemukan kosakata yang pas untuk memasukkan diksi dalam menjelaskan, hasil dari itu semua bisa membawa anda untuk menghasilkan karya inovatif dan kreatif.

Kebiasaan ini bisa anda coba di waktu-waktu senggang atau waktu-waktu istirahat sebagai pengisi waktu sehabis menulis artikel.

Nah! dampak positifnya yaitu anda lebih mudah menulis artikel dan mampu mendeskripsikan hal-hal apa saja yang ada dikepala anda dengan lebih mudah dan lebih tepat.

4. Tuliskan Hasil Pikiran dalam Catatan Harian


Kebiasaan yang biasanya dianggap sepele dan kekanak-kanakan dalam dunia orang dewasa yaitu menulis hal-hal atau kejadian-kejadian yang pernah kita alami entah di saat ini, di hari ini atau di hari lalu. Yah ! Kesannya memang agak memalukan dan aneh, tapi ini adalah langkah yang sangat bagus buat anda dalam mengekspresikan ide-ide baru.

Nah ! sisi positifnya lagi anda akan lebih kreatif dan inspiratif dalam menulis, hingga lama-kelamaan generator berpikir anda akan semakin berkembang dan akhirnya anda lebih cepat mengerjakan karya tulis dan lebih produktif dalam menulis.

Saya sendiri biasa menulis catatan harian dalam buku catatan dimana hampir semua apa yang saya rasakan dan apa yang saya alami di hari itu saya tulis jadi ini mirip dengan buku harian. lewat buku harian ini saya mendapat banyak ide pengalaman yang bisa saya selipkan dalam artikel ini. Salah satunya ide jogging pada point terakhir dalam artikel ini.

Anda pun bisa menulis beberapa ide harian dalam artikel sebagai contoh atau penambah cerita dalam artikel agar pengunjug tidak mudah bosan membaca artikel. 

"Salah dan keliru itu nggak masalah, yang penting kita pernah mencoba dan kita dapat mengambil pengalaman berbeda dari sebelum-sebelumnya"

5. Menulis Pada Malam atau Pagi Hari

Sebagai seorang penulis tentu kita semua memiliki habitat atau tempat kita masing-masing khususnya yang membuat kita nyaman apalagi suasananya yang mendukung entah menulis diruang tertutup seperti dalam rumah, kamar atau di ruang tamu ataupun kita lebih senang menulis di ruang terbuka seperti di taman, cafe, rumah teman atau di hutan lepas.

Terlepas dari semua itu anda tentu memiliki waktu-waktu yang membuat pikiran anda lebih jernih dan lebih fokus dalam menulis, seperti saya sendiri yang bisa lebih fokus menulis di pagi hari daripada di malam hari. Walaupun ada yang mengatakan menulis pada malam hari itu lebih sunyi dan lebih menenangkan untuk menulis, tapi bagi saya itu nggak begitu pas untuk tipe saya walaupun saya kadang mencuri waktu untuk menulis di malam kalau hari itu saya nggak sempat menulis di pagi hari heeheee..

Nah ! jika anda menentukan waktu yang ekfektif dan sesuai cita rasa anda dalam menulis, tentu hal itu dapat membantu anda lebih peroduktif menulis yang mana ini memacu anda untuk menulis lebih banyak tulisan dan bahkan anda bisa menyelasaikan satu artikel sampai di titik terakhir.

Tapi, kalau anda belum menemukan waktu yang cocok atau pas dengan mood berpikir, anda bisa mencoba semua waktu-waktu menulis dari pagi, siang, sore, malam dan subuh yang semuanya bisa menjadi pilihan anda agar saat bekerja anda benar-benar fokus dalam menulis artikel.

"Temukan ritmenya karna di situ adalah kunci terbesarnya"

6. Belajar Hal Baru Setiap Hari

Point dasar yang sangat layak dicoba untuk pengembangan diri adalah mencoba hal baru karna dengan mencoba sesuatu yang baru dan berbeda, tentu akan meningkatkan kamus pengalaman dan menambah wawasan anda dalam melihat warna kehidupan yang mana hal ini bisa menjadi referensi saat menulis artikel.

Walaupun kesannya membingungkan dan samar-samar, "apa hal baru itu, apa hal berbeda itu", Jawabannya sederhana yaitu eksperiment, salah satu tempat bereksperiment yang paling bagus adalah didunia maya khususnya di youtube.

mengapa ?

karna di youtube sendiri disebut-sebut sebagai gudangnya orang-orang bereksperiment. Jadi, anda dapat masuk dan melakukan ekspriment kecil-kecilan sebagai ladan anda belajar hal-hal baru dalam youtube seperti membuat konten-konten yang kalian sukai, apalagi anda seorang blogger tentu tempat ini adalah tempat yang cocok untuk belajar melakukan berbagai hal baru dan unik.

Dengan ini anda akan terpacu untuk mengembangkan kreativitas dalam membuat konten di youtube dan ikut menghasilan konten menarik juga di blog.

7. Membaca 10-20 Halaman Setiap Hari

kehidupan di masa ini sangatlah maju dan hampir semua yang berkaitan dengan kehidupan kita saat ini, itu semua sudah ada versi digitalnya, apalagi persoalan ilmu pengetahuan ini sangat mudah ditemukan dalam dunia internet.

Lalu pertanyaannya ?

Apa mungkin kita tidak bisa menyempatkan diri untuk membaca hal-hal baru di sana, sembari memperluas cakrawala berpikir semisal membaca karya orang lain.

Yah ! tentu anda punya waktu itu, waktu dimana anda bisa meluangkan beberapa menit untuk membaca artikel, majalah, berita, journal ataupun buku fiksi, non fiksi yang terdapat versi digitalnya dalam dunia maya. 

Hal ini tentu sangat bagus dan layak dilakukan sesaat sebelum menulis artikel agar ini menunjang anda dalam mengahasilkan karya tulis yang lebih baik dan bahkan anda lebih cepat menyelesaikannya. 

Nah ! lewat kebiasaan postif ini anda tentu mengalami peningkatan produktivitas kerja khususnya dalam menemukan berbagi inspirasi lewat bentuk dan teknik penulisan karya orang lain, yang mana ini bisa diperoleh lewat membaca bukan malas membaca. 

Secara pribadi saya, sebelum saya menulis artikel, saya terlebih dahulu membaca buku kesukaan saya yaitu buku-buku yang bernuansa self-improvement atau dalam terjemahan - perbaikan diri, pada buku yang sering saya baca itu didalamnya terdapat banyak sekali pemikiran-pemikiran kreatif, inspiratif dan motivasi-motivasi lain yang hampir tidak terlintas dalam benak saya - kok bisa yah!

Melalui kebiasaan membaca dari 10 - 20 halaman atau mungkin lebih, ini sangat membantu saya dalam kepenulisan artikel karna ini menambah konsep berpikir dan ini layak ditulis dan dibaca oleh pengunjung.

"Kita tidak akan pernah tau isinya sebelum kita benar-benar membacanya"

Itulah beberapa cara dan kebiasaan yang bisa anda tiru untuk meningkatkan produktivitas anda dalam menulis artikel di dunia blog yang penuh persaingan ini heehehee...


Beberapa tambahan kebiasaan agar anda nggak mudah bosan berada di depan laptop berlama-lama :

1. Siapkan Minuman Favorit Anda


Kebisaan meminum hal yang disukai atau munimal air putih saat bekerja tentu sangat berpengaruh khususnya mengurangi stres akibat terlalu lama menulis.

Mengapa ?

Karna apabila seseorang nggak minum selama bekerja, ia akan kekurangan cairan dan dehidrasi, yang dampaknya proses berpikir terhambat dikarnakan aliran darah ke otak kurang stabil dan kurang lancar. 

Jadi, silahkan sediakan air sebelum menulis dan anda bisa juga menambahkan minuman favorit anda seperti teh, kopi, susu, milo atau mungkin jus, apapun itu yang penting menyehatkan bukan soda yah...

disisi lain ini sudah tentu bisa meningkatkan produktivitas menulis seperti meningkatkan konsentrasi dan daya memori berpikir kreatif.

"Sederhana tapi itu penting"

2. Rapikan Meja Tulis Anda


Kebiasaan yang cukup sering diabaikan dan dianggap remeh bagi sebagian para penulis adalah meja kerja mereka yang kadang tidak terurus "yang penting masih bisa ditempati menulis".

Perlu kita ketahui bahwa meja kerja yang berantakan itu dapat mengurangi produktivitas menulis, apalagi itu sudah mempersulit kita mengambil sesuatu yang penting.

Apalagi anda yang menyimpan catatan penting dalam meja kerja, tentu sulit menemukan catatan itu jika meja anda berantakan dan itu bisa menghambat peroduktivitas kerja anda.

Tapi, lain ceritanya jika meja anda bersih dan rapi, yah sudah tentu anda lebih produktif bekerja dan bahkan itu bisa meningkatkan berpikir kreatif anda dalam menulis.

"bersih itu sehat, sehat hati, sehat pikiran"

3. Tidur Sianglah


Beberapa hal yang mungkin terbaikan saat asyik-asyiknya kita menulis yaitu lupa istirahat, padahal istirahat semisal tidur siang adalah waktu yang pas untuk mencas dan mensetting kembali pikiran kita sehabis panas-panasnya berpikir.

Walaupun pada dasarnya tidur ataupun istirahat adalah hal yang dianggap membuang-buang waktu bagi sebagian penulis, tapi ini sangat penting loh ! yang mana jika seseorang nggak mengambil jeda istirahat menulis biasanya tulisan ia akan berantakan dan terdapat berbagai kekeliruan karna kurangnya konsentrasi. Kan ! nggak ada salahnya berhenti sejenak untuk menyegarkan pikiran dan nanti baru lanjut lagi karna dengan ini anda bisa saja lebih cepat mengerjakan artikel jika sistemnya seperti ini - kerja-istirahat-kerja-istirahat-jalan-jalan-kerja-selesai....

"segala sesuatu itu harus dinikmati ritmenya karna hidup nggak serumit apa yang kita bayangkan - istirahatlah"

4. Jauhkan Pengganggu Seperti Handphone


Salah satu pengecoh yang paling handal dalam dunia kerja, apalagi sedang bosan-bosannya adalah sosial media. Sosial media sendiri jika diperturuti tanpa alasan kecuali alasan untuk bersenang-senang saja maka ini mendatangkan Sosial media - kesialan khususnya malas dan tidak ingin melanjutkan pekerjaan karna lagi asyik facebook-aaan, twitter-aann, whatsap-whatsap-an.

Maka itu semua perlu ditahan atau paling tidak anda mesiletnkan smartphone anda, agar anda lebih smart menulis dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat tanpa menunda-nunda karna alasan sepele.

"kecil tapi bisa berbahaya, itulah smartphone"

5. Jogging di Sore atau di Pagi Hari


Memiliki salah satu kebiasaan untuk meletih otot adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menyegarkan badan dan menyegarkan pikiran agar nanti lebih fokus menulis. 

Dan jogging ada salah satu olahraga yang saya anjurkan secara pribadi agar anda dapat meluangkan waktu untuk menyeimbangkan lama main laptop (megetik) dengan olahraga dan melihat sedikit pemandangan dunia ini.

Mengapa ?

Karna sepengetahuan saya seorang penulis itu bisanya sangat suka terus-terusan di dalam kamar atau dalam rumah bersama dengan laptop dan computer kesayangannya dan ini adalah hal yang berbahaya, apalagi malas gerak, takutnya paparan radiasi dan kebiasaan duduk dapat berlama-lama dapat menimbulakan beberbagai penyakit salah satunya di kalangan pria yaitu perut buncit bukannya menakut-nakutin tapi tidak ada salahnya mencegah daripada menyesal di akhir.

Jadi, olahragalah apapun olahraganya, tapi saya lebih menyarangkan jogging, karna ini menyenangan dan lebih banyak membakar kalori sekaligus katanya olahraga jogging dapat meningkatkan rasa percaya diri dan ini sudah saya buktikan, walaupun di awal-awal saya agak canggung karna di perhatikan orang-orang, tapi lama-kelamaan rasa canggung itu nggak ngaruh lagi.

“Jangan takut mencoba hal positif, karna itu suatu saat sangat membantu di masa yang akan datang”

Itulah tambahan kebiasaan yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas menulis - sederhana tapi berdampak.


Kesimpulan

Produktivitas bekerja adalah hal yang sangat penting untuk di pasang dan dijadikan prinsip dalam hidup, apalagi saat ini tangga menuju sukses adalah konsisitensi

Cara lain agar anda mampu menjalani aktivitas harian secara optimal adalah awali hari anda dengan hal-hal positif seperti bagun di awal waktu bukan tidur di awal waktu (tidur pagi). Walaupun sebenarnya bagi penulis yang aktif di malam hari, tidur pagi adalah kebiasaan. Namun bagi saya hal ini perlu di ubah agar anda lebih sehat dan lebih bisa berpikir lebih baik, apalagi tidur pagi sangat tidak baik untuk di jadikan kebiasaan terus-menerus.

Jadi, mulailah awali harimu yang positif dengan bangun pagi agar semua aktivitas yang anda jadwalkan bisa berjalan lebih optimal dan itu adalah tangga sehat anda agar lebih cepat sukses dalam karier ngblog di tahun ini. 

Mohon maaf jika artikel ini masih banyak kesalahan kata - mohon di maklumi karna masih belajar....

semoga bermanfaat.

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

1 komentar untuk "+7 Kebiasaan Penulis Produktif, Mudah Anda Tiru - Versi Pemula"