Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+Hal yang Perlu Dihindari SEBELUM Menulis Artikel di Blog - Versi Pemula

 Mengapa saya mudah sekali berhenti nulis ? apa ide yang saya miliki belum pas ? bagaimana blog saya bisa berkembang kalau tidak saya tidak mulai-mulai ? mengapa semangat saya kadang naik dan kadang turun ? mengapa kebanyakan para pemula berhenti nulis ? apakah niat saya masih kurang ? Semua asumsi-asumsi yang ada dalam pikiran kalian ini adalah asumsi yang masih dalam batas kewajaran.

Mengapa ?

Karna rata-rata individu sebelum mengerjakan sesuatu itu, tentu berpikir sebelum bertindak, tapi sayangnya hasil pemikiran mereka itu kadang menimbulkan rasa ragu yang menganggap “apakah yang akan saya jalani ini sudah benar dan sudah sesuai jalur”.

Pikiran-pikiran dalam benak kalian itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar dan harus di ikuti. 

Perlu diketahui bahwa pemikiran itu perlu ditepis. Cara menepisnya adalah dengan belajar melihat hal itu dengan mata kepala kalian sendiri “apakah hal ini benar-benar terjadi atau tidak”. Demikian juga sebuah kotak yang tertutup, kita tidak akan pernah tau apa isinya sebelum kita benar-benar mencoba membuka kotak tersebut. 

Memang sebagian orang terbiasa memandang bahwa apa yang diimajinasikan itu bisa dijadikan pegangan. Padahal hal ini masih perlu direalisasikan – apakah ini sudah realistis. Kebisaan sejenis ini termasuk dalam kebiasaan negative yang mengintai setiap dari mereka yang akan gagal.

Mereka gagal sebelum mereka benar-benar mencobanya. Yah ! Namanya juga karna alasan, alasan untuk memilih istirahat , bermalas-malasan, menunda-nunda dan mager - malas gerak untuk menulis lagi  karna takut gagal lagi, takut stress lagi, takut kehilangan, takut…takut…takut….

Maka, yang terjadi yaitu menguatlah karakter pesimis mereka, yang pesimis terhadap segala sesuatu, yang seharusnya mereka tetap optimis disetiap situasi dan keadaan. Termasuk kita, saya, kalian, anda harus tetap optimis untuk terus mencoba, mencoba dan mencoba lagi, lagi, dan lagi….

“tidak ada solusi apa pun untuk menyelasaikan sebuah pekerjaan selain memulainya”

Jadi, untuk permulaan yang baik agar perjalanan menulis di blog ini nggak kandas dan berhenti sebelum memulai. Maka, ada baiknya kalian mengetahui kesalahan-kesalahan pemula sebelum menulis.

Scroll ke bawah agar kalian mengetahui kesalahan-kesalahan itu, lebih jelas…

7+ Kesalahan yang Perlu Dihindari SEBELUM Menulis Artikel di Blog - Versi Pemula

Jatuh dan bangkit lagi adalah jalan yang selalu ada bagi orang-orang yang ingin berhasil. Apalagi ngeblog, dimana banyak sekali jatuh bangun dan uji coba kelayakan artikel yang perlu dipelajari dan perlu dilewati, apapun jalannya ini semua adalah pelengkap cerita novel ngeblog kalian.

Kita perlu membaca novel ngeblog ini secara perlahan-lahan untuk memahami “apa sebenarnya jalan ceritanya”. Jadi sebagai seorang pemula dalam dunia imajinatif ini, maka kita perlu mengetahui lika-liku dan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh tokoh utama cerita.

Beberapa kesalahan yang sering menghambat pemula sebelum menulis artikel di blog :

1. Malas Belajar Teknik Penulisan Baru

Kebiasaan pertama yang sangat mununjang kalian dalam peningkatan kualitas artikel itu, tidak lain adalah kalilan mesti mempelajari berbagai jenis Teknik penulisan dari para penulis seperti penulis yang sudah terkenal atau mereka yang memiliki Teknik penulisan yang unik dan berbeda dari yang lainnya. 

Walaupun kesannya terdangar meniru, yah ! memang. Tapi, meniru disini adalah kalian membongkar dan mempelajari trik-trik penulisan yang benar-benar baru dan layak di contoh seperti penggunaan diksi yang menarik. Karna penggunaan diksi atau penggunaan kata yang sesuai adalah hal yang sangat penting agar si calon pembaca kalian paham, apa yang kalian maksud. 

Selain itu, kebisaan ini juga bisa di arahkan untuk mengetahui “alasan, mengapa artikel-artikel mereka berada di peringkat teratas pencarian” Jadi, kalian bisa belajar meneliti apa saja ciri-ciri dan Teknik-teknik yang mereka gunakan sehingga berhasil menempati posisi itu.

Cara belajar seperti ini adalah cara belajar autodidak dengan system belajar sendiri. 

System belajar sendiri pun sangat membantu anda agar lebih mudah memahami sesuatu, sesuatu apapun itu bisa anda pelajari jika sudah terbiasa memiliki ritme belajar sendiri.

Jadi, jangan malas belajar sekalipun anda sedang sendiri karna belajar sendiri itu adalah sebuah kemandirian yang sangat dibutuhkan untuk masa depan dan jangan tunggu kalian Bersama, rame baru mau belajar.

Nah, dengan kebiasaan mandiri seperti ini anda tentu lebih mudah menulis tanpa banyak - Banyak mikir ini itu, tanya ini dan tanya itu. 

“belajar sendiri bukan berarti sendiri, tapi belajar sendiri adalah saya berdiri diatas kaki saya sendiri”

2. Minder Terhadap Penulis Lainnya

Melihat orang lain lebih berhasil dari kita, itu kadang membuat pola pikir kita focus pada mereka “mengapa mereka berhasil dan saya tidak, apakah saya kurang beruntung”. Pola pikir seperti ini adalah system pikir membanding-bandingkan, dimana kita selalu melihat diri sendiri dan membandingkannya dengan orang lain yang lebih berhasil.

Kebiasaan berpikir sejenis ini termasuk kebiasaan berpikir negetif yang berdampak munculnya rasa iri, cemas dan  merasa gagal dalam dunia ngeblog. Padahal kita punya jalan cerita yang berbeda. 

Skenario ini sama seperti jika kita sedang berangkat ke kota A dengan naik kereta, tentu dalam kereta ada banyak sekali penumpang yang punya tujuan, mereka-mereka yang punya tujuan yang dekat akan turun lebih awal dari penumpang lainnya dan saat itu anda masih diatas kereta karna anda belum sampai di tujuan.

Cerita ini pun sama dalam dunia ngeblog, ada orang yang sukses lebih awal dari yang lainnya dan ada juga yang sukses lebih lama dari yang lainnya.

Mengapa hal ini terjadi ?

Karna semua orang masing-masing memiliki waktu tunggu, waktu tunggu inilah adalah jarak mereka dengan kesuksesan. Secara sederhana apabila ada diantara kita yang berhenti menunggu, maka harapan yang kita tunggu-tunggu akan sirna.

Jadi, bersabarlah karna semua ada waktunya, ada waktunya bahagia dan ada waktunya menderita semua ini adalah ritme-ritme cerita yang tidak bisa di elakkan melainkan, kita hanya perlu bejalan melewatinya.

“cintailah prosesnya”

3. Terlalu Banyak Aturan Sebelum Menulis

Jauh-Jauh sebelum melakukan pekerjaan apapun pekarjaannya jika, itu masuk dalam pekerjaan inti, artinya di sanalah kalian berharap. Tapi, yang terjadi pekerjaan inti itu selalu saja diabaikan oleh berbagai macam lika-liku aturan.

Dan di telusuri lebih lanjut, tenyata yang berlabel aturan itu tidak lain, hanyalah alasan belakang untuk menunda pekerjaan menulis. Alasan yang tak disengaja dibuat-buat atau yang kedua itu, alasan yang logis menghalangi seperti anggapan “saya tidak memilik ide baru untuk melajutkan penulisan ini” atau “jaringan saya sekarang tidak mendukung untuk mencari ide” atau mungkin “saya akan menulis sebentar lagi” – sebentarnya kapan, apakah 15 menit lewat 5 jam heehehee…

Baik aturan ataupun alasan, tentu semuanya harus di arahkan pada hal yang lebih positif, bukannya kita menciptakan alasan-alasan negetif, dimana alasan negative itu secara mendasar berperang sebagai actor jahat yang akan menghalagi jalur kesuksesan kita.

Jadi, sebagai pembalik keadaan, kalian cobalah melihat sisi yang berbeda pada alasan-alasan itu. Cara membalikkan alasan itu adalah dengan berpikir positif bahwa jika ada 1001 cara untuk gagal maka, tentu ada 1001 cara untuk sukses dan pilihlah bagian kedua ini yaitu tanamkan dalam diri bahwa saya punya 1001 alasan untuk sukses ngeblog.

Nah ! dengan pembaruan system berpikir versi baru ini, kalian tentu lebih optimis bisa melanjutkan pekerjaan sekalipun, alasan negative muncul seperti anggapan “saya tidak punya ide baru hari ini” dan saat anggapan ini muncul, maka sekilas kalian membalikkan jalur ini dengan beranggapan “saya harus mencari ide baru hari ini”.

Jangan pernah membuat pikiran kalian mengatakan bahwa menulis artikel itu sulit, karna ini akan membuat system di otak kalian berada pada mode sulit, padahal kalian belum mengerjakan apapun tapi, sudah kepikiran bahwa hal itu akan sulit.

Irama-irama yang mengacu pada hal-hal berbau negative sangatlah berbahaya untuk masa depan kalian. Memang kalian bisa menghindari pekerjaan sesaat dan bersantai, tapi ini akan menjadi bumerang yang berbahaya di masa mendatang. 

istirahat itu boleh, yang nggak boleh itu bersantai-santai terus dan terus…terus… santai…”

4. Tidak Melakukan Penelitian Sebelum Menulis

Ketika menulis sebuah artikel adalah sesuatu yang berharaga maka, kalian akan bertanggung jawab untuk menulis artikel yang bermanfaat. Bermanfaat dalam konsep berharga itu adalah artikel itu mengandung data dan fakta bukan gossip, rumor, omong kosong, mitos dan hal-hal yang berbau hoax.

Penulisan artikel itu nggak selamanya unik dalam Bahasa, unik dalam merangkai kata tapi, artikel juga perlu memiliki point kebenaran yang masuk akal. Karna dalam lingkup masyarakat pembaca, mereka itu bukan hanya ingin menikmati diksi yang kalian sajikan tapi, mereka juga menginginkan informasi-informasi berharga seperti artikel yang mengandung fakta penelitian atau data penelitian.

Nah ! khusus bagian ini kalian sebagai seorang blogger pandai-pandailah menukil artikel-artikel pagaone google, artinya kalian bisa mendeteksi mana-mana artikel yang dapat dipercaya dan mana artikel yang nggak bisa dipercaya penelitiannya. 

Apabila masalahnya terletak pada tidak adanya data atau fakta yang bisa diambil dari website-website tertentu maka, alternative gampangnya gunakanlah pengalaman kalian dan rangkailah pengalaman itu sesuai dengan kenyataan karna, jarang-jarang ada orang yang menghakimi kebanaran pengalaman orang lain.

Adapun Teknik yang biasa saya pakai, selain menggunakan pengalaman yaitu Teknik pengetahuan umum, artinya pengetahuan itu sudah diterima oleh khalayak orang banyak contohnya, jalan cerita yang logis atau skenario cerita yang masuk akal, dimana cerita-cerita saya buat itu mesti masuk akal dan sangat mungkin terjadi di dunia nyata entah itu dalam skala umum ataupun dalam skala khusus.

bercerita bukan berarti membohongi. Jadi, pastikan pembaca kalian tau bahwa itu hanya cerita”

5. Menunggu Artikel Terbit, Baru Nulis Artikel Baru

Artikel terbit atau terindeks bukanlah sesuatu yang perlu terlalu dipikirkan, yang penting itu kalian nggak berhenti menulis artikel. Apalagi kalian ingin mengukir nama kalian sebagai kalangan blogger-blogger sukses.

Dan blogger sukses tidak mungkin memiliki kebiasaan menunda jika mereka punya sesuatu yang harus dikerjakan, yang mana jika mereka menyelesaikan satu pekerjaan maka, mereka akan mencari pekerjaan lain untuk diselesaikan contohnya jika artikel pertama sudah diposting maka, lanjut lagi memikirkan artikel kedua bukan menunggu bus kemalasan datang sambil tidur-tiduran.

Jadi, jangan menunggu sekalipun kalian mencari waktu yang tepat menulis, menulislah karna kalian ingin menulis. Kecuali, jika kalian kesulitan pada konsep ini maka, solosinya adalah pastikan kalian menulis pada waktu yang sudah dijadwalkan misalnya kalian tipe penulis aktif di pagi hari maka, jadwalkanlah menulis di pagi hari, kapanpun waktunya pastikan itu terlakasana dan tercapai dengan baik.

Namun, jika kalian tidak bisa menyempatkan diri pada waktu itu, maka coba pastikan diri kalian menulis di hari itu bukan besok. Karna system menulis setiap hari adalah proses pembiasaan untuk menjadi blogger sejati dan mencintai pekerjaan menulis 

“seolah-olah tidak ada hari tanpa menulis”

6. Malas Mencari Ilmu Baru

Mencari ilmu dan mempelajari hal baru adalah dua hal yang sangat diperlukan untuk senjata ampuh dalam menghasilkan diksi penulisan artikel yang unik dan berbeda. salah satu cara yang bisa kalian lakukan agar menambah pengetahuan baru adalah dengan alternative membaca buku.

Buku yang pengarangnya sudah dikenal popular, maka pilihlah buku itu, buku yang ditulis langung oleh penulis bukan buku yang ditulis selain penulis atau buku yang ditulis orang lain.

Disisi lain, membaca buku dapat mengurangi stress. berdasarkan sebuah studi yang pernah dilakukan di tahun 2009 oleh tim peneliti dari  University of Sussex menemukan hasil bahwa membaca itu, ternyata dapat mengurangi stress hingga 68 persen. Pasalnya ketika seseorang membaca maka, ia terbebas dari masalah pikiran karna sedang focus pada bacaan. (sumber: Halodoc.com).

Jadi, saat kalian membaca maka focus kalian akan lari ke buku, artinya kalian sedang berada dalam dunia lain, dunia dimana kalian menemukan ruang untuk melarikan diri dari tekanan hidup heheee…

Menurut temuan peneliti dari Yale University School of Public Health menemukan bahwa aktivitas membaca mampu meningkatkan konektivitas antar sel otak, yang dapat menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif, sejenis penyakit yang memperpendek umur. Jadi, kebiasaan membaca bisa memperpanjang umur. 

Dengan membaca, kalian akan bisa hidup seribu kali lebih banyak daripada orang yang jarang membaca atau tidak pernah membaca. Maksudnya, kalian memiliki lebih banyak pengalaman hidup ketimbang orang lain. 

Membaca juga dapat mengaktifkan imajinansi karna rangkain kata-kata dalam buku dapat merangsang, merangsang kalian sadar akan luasnya ilmu pengetahuan. Jadi, jangan malas membaca karna jendela dunia ada disana.

“MemBacalah sebelum kalian menceritakannya”

7. Selalu Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan terkadang hal yang terdengar sepeleh tapi, dampaknya sangat besar seperti tenggelamnya masa depan yang kalian impikan. Apalagi saat ini kalian seorang blogger pemula yang notabenenya nggak boleh membiasakan diri menunda-nunda menghasilkan karya tulis. 

Apapun alasanya, jangan pernah coba-coba menunda pekerjaan kalian, sebab bisa saja dampaknya jauuh lebih buruk dari yang kalian bayangkan.

Beberapa dampak jika kalian menunda pekerjaan :

- Merusak nama baik blog

 Hal dasar yang sangat disesali oleh para pengunjung, dimana pengunjung berharap banyak terhadap blog kalian, ternyata kalian mengecewakannya dengan teori palsu, teori yang kalian pun nggak pernah mempraktekkannya seperti teori : konsistenlah menulis karna itu mendatangkan kesuksesan, tapi dibalik layer layer kalian sendiri tidak konsisten. 

Ini kan! Terdengar senjata makan tuan. Sedih rasanya mendengarkan kata-kata manis tapi, itu tidak memiliki bukti nyata. 

Skenario terburuknya adalah nama baik blog kalian akan hancur berantakan – tidak ada kepercayaan didalamnya. Jadi, berusahalah menulis sesuatu yang sesuai dengan realita khususnya kebenaran kenyataan pengalaman kalian. Baik buruknya pengalaman kalian mesti tersampaikan agar para pembaca paham apa yang sebenarnya terjadi.

- Kehilangan banyak waktu berharga

Nggak kebayang karna kebiasaan sering menunda-nunda dan sudah tidak dirasa Sekarang sudah lewat satu tahun, satu tahun habis tanpa adanya perkembangan dan pertumbuhan yang berarti.

Waktu yang berlalu tidak akan bisa diulang kembali sekalipun kita membayar dengan harga yang sangat mahal karna waktu nggak akan pernah terjual. Jadi, waktu adalah Sesuatu yang tidak bisa dibeli.  

Jadi, manfaatkanlah waktu berharga kalian untuk melakukan hal-hal yang positif seperti, konsisten menulis dan selalu optimis terhadap masa depan yang cerah. Jika gagal, kalian gagal bukan sebagai seorang pecundang.

- Kehilangan banyak peluang berharga

Peluang sebenarnya adalah sesuatu yang tidak bisa diperediksi kapan datang dan kapan pergi, yang jelas bahwa menunda sesuatu itu akan melwatkan banyak peluang dan kesempatan. Sekalipun kesempatan itu datang dan kembali tapi, kesempatan pertama dan kesempatan kedua itu tidak akan sama. 

Jadi  jangan pernah membuang-buang waktu kalian menulis karna, disanalah letak kalian bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan lebih banyak kesempatan untuk berhasil.


Itulah kesalahan - kesalahan yang perlu kalian hindari sebelum menulis artikel di blog kalian… dan Masa depan blog kalian ditentukan oleh apa yang kalian kerjakan saat ini.


Kesimpulan

Pada akhirnya semua blogger menulis cerita mereka sendiri. Apakah cerita novel ngeblog mereka berakhir bahagia atau malah sebaliknya, semua itu tergantung dari si penulis dan penulis cerita itu adalah kalian yang sedang membaca artikel ini dan saat ini kalian sedang menulis cerita kalian. Maka, tulislah cerita yang bagus di novel ngeblog kalian karna ini yang menenetukan masa depan blog kalian.

Oleh karna itu, belajarlah menanam sesuatu yang baik dan bermanfaat karna kalian sendirilah yang memetik buahnya dan memakan hasil - apakah hasilnya manis atau pahit itu semua tergantung cara kalian merawat dan membesarkannya.

Mohon maaf jika masih terdapat banyak sekaali kesalahan, karna saya masih termasuk dalam kategori penulis baru atau seorang pemula.

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog hicul.my.id dengan blog cat4tan.blogspot.com dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca...

Posting Komentar untuk "7+Hal yang Perlu Dihindari SEBELUM Menulis Artikel di Blog - Versi Pemula"