Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Trik Menulis Judul Artikel Blog agar Diklik Pengunjung

 Menulis sebuah judul artikel termasuk salah satu point besar kita untuk mendapatkan peluang, sebuah peluang yang memungkinkan artikel kita diklik si calon pengnunjung. 

Memang hal ini kadang terlihat sepele bagi pemula, namun judul artikel memiliki pengaruh, yang mana judul menentukan artikel kita, apakah dikilik pengunjung atau tidak diklik sama sekali.

Dari beberapa hari yang lalu saya baru menyadari besarnya manfaat dari judul artikel, jika kita pandai-pandai memerangkannya sebagai pemain utama. Manfaat dari judul artikel ini saya baru tau pengaruhnya melalui statistic blog saya, yang sekian lama saya belum pernah menemukan perubahan yang menukik seperti ini, dari statistic di awal-awal 3 visitor menjadi 32 visitor.

Mungkin visitor saya masih belum ada apa-apanya ketimbang visitor kalian, yang mungkin jauh diatas dari statistik blog saya. Tapi, dari kenaikan ini saya bisa mendeteksi beberapa penyebabnya.

Setelah beberapa lama membanding-bandingkan postingan saya yang sekarang dengan postingan saya yang lalu, ternyata penyebabnya adalah judul artikel salah satunya. Sebuah penyebab yang kemarin saya kesampingkan dalam CEO blogging.

Judul artikel sendiri adalah pembatas kita dalam menulis dan tolak ukur kita tentang apa yang akan ditulis dalam artikel sekaligus perwakilan isi artikel, bisa di bahasakan bahwa judul artikel adalah kesimpulan lain dari isi artikel.

Mungkin ini terdengar lucu bahwa saya sudah menulis selama 6 bulanan, yang ternyata saya baru saya sadar ternyata judul artikel sebegitu besarnya pengaruhnya terhadap perubahan statistic. Terlihat menggelikan tapi itulah cerita blogging saya.

“kita berangkat dari kekeliruan, menuju pada kekeliruan yang lebih sedikit dan lebih sedikit lagi, hingga kita benar memiliki kekeliruan yang sangat kecil – inilah jalur belajar memperbaiki blog”

Nah! Dari pengalaman di atas, saya telah melihat detail-detail apa saja yang bisa diperbaiki khususnya judul artikel.

Saya menemukan 2 hal yang mungkin memiliki pengaruh besar, pada penulisan judul artikel. 

Nah! Berangkat dari judul artikel, saya menemukan trik yang berpeluang besar berpengaruh terhadap statistic blog.

Simak !

2 Trik Menulis Judul Artikel Blog agar Diklik Pengunjung

Menulis judul artikel. Yah! Judul artikel sudah menjadi pembahasan yang cukup sering dibahas. Tapi, disini saya akan menulis trik saya dalam menulis artikel – versi saya.

1. Jumlah angka dalam judul artikel

Trik pertama yang cukup bagus untuk menghipnotis orang Indonesia agar mengkilik judul, trik itu adalah membuat judul artikel dengan angka se-sedikit mungkin.

Penulisan judul dengan trik ini bisa dianggap cukup menyelewengkan dari penulisan judul para blogger professional, sebuah blog yang selalu muncul di halaman utama dengan besarnya penggunaan angka pada judul artikel mereka seperti penggunaan angka 10, 15, 20 atau bahkan lebih.

Yah! Ini berguna agar artikel terlihat lebih akurat. Tapi, dari pandanganku saat membaca judul artikel yang menggunakan angka yang besar, rasa—rasanya saya tidak ingin mengkliknya. 

Mengapa?

Saya orang Indonesia yang agak malas membaca, mungkin kebanyakan orang Indonesia memiliki kebiasaan seperti saya. Apalagi data PISA telah mengatakan bahwa kita termasuk negara yang tingkat membaca masyarakatnya, masuk dalam nominasi negara terendah dalam hal membaca.

Minat tinggi tapi membaca hal-hal bermanfaat masih sangat rendah. Artinya kita kebanyakan membaca status sosmed dan sangat rajin membuka status orang. Sehingga, saya menganggap kita memiliki minat membaca yang tinggi. Tapi, daya membaca yang sangat rendah seperti keinginan untuk membaca hal-hal yang benar-benar bermanfaat.

Jadi, lewat kebiasaan dan data yang saya peroleh, saya mencoba menggunakan trik khusus agar calon pembaca mau meng-klik judul artikel, istilah menukiknya adalah “menjebak”.

Jadi, bagaimana cara saya menjebak mereka. Caranya adalah kita menulis judul artikel dengan penggunaan angka yang rendah seperti angka 2 sampai 5 max. sebuah angka yang sangat kecil, yang memberi sinyal ke calon pembaca bahwa artikel ini hanya mengadung sedikit point-point penting. Akhirnya judul artikel diklik.

Khusus pada penulisan judul yang seperti ini kita nggak boleh menyalahgunakanya seperti menulis 5 point, eh isi artikel lebih dari lima point kecuali kita mengatakan ada tambahan seperti 5+, mungkin ini jauh lebih baik.

Penulisan yang seperti ini bagi saya adalah trik yang mungkin belum banyak orang menggunakannya.

Lalu, bagaimana jika masalahnya judul artikel kita harus termuat dengan jumlah angka yang cukup banyak misalnya di atas angka 10. Caranya simple yaitu jangan menulis angka apapun di depan judul artikel agar calon pembaca ke jebak.

Mengapa hal ini saya lakukan, karna point pertama yang saya prioritaskan dari tiap potingan adalah minimal orang-orang mengkilik judul artikel saya, dibaca tidaknya itu urusan belakang, yang penting masuk dulu. Nanti kita mainkan kalimat pembuka atau paragraph pembuka yang berselebrasi.

Kesannya agak melenceng, tapi apa boleh buat ini triknya. Sebuah trik yang berusaha mengahindari kebohongan hehehee…

“menulis bukan saja ada seninya tapi ada juga triknya”

2. Ikuti penggunaan kosa kata artikel halamaan utama google

Trik kedua dalam penulisan judul artikel adalah pengikutan judul yang terlihat mirip dengan artikel-artikel terbaik di halaman utama, istilahnya kita nanjak di artikel orang atau kita numpang ide judul mereka.

Cara ini kemarin saya coba, yang ternyata berhasil, sungguh di luar perkiraan saya. Yang lalu hanya asal nulis judul saja.

Penulisan judul yang seperti ini sudah cukup banyak digunakan, tapi sebagai tambahan, usahakan penulisan judul artikel kita itu mampu melampau isi dari artikel-artikel halaman utama google.

Ini, terlihat sulit sebagai pemula apalagi saat sekarang kita hanya mampu menulis artikel 300-400 kata yang baik dan benar itu pun focus kita sudah hampir habis di titik terkahir artikel.

Yah! Hal yang semacam ini, tentunya bukanlah kekurangan, hanya saja kitalah yang masih butuh pembiasaan diri nulis.

Saya sendiri di awal-awal nulis, itu masih sangat kaku dan sangat sedikit yang bisa saya tulis, belum lagi saya masih lama mengetik, belum sampai kayak sekarang yang mampu mengetik lumayan cepat.

Bisa di analogikan bahwa kita semua seperti kereta api, yang awalnya butuh tenaga besar agar bisa berjalan, tapi lama-kelamaan kereta api semakin lama semakin memanas walaupun gerakanya masih sangat lambat, bahkan siput pun mampu menyelipnya. Tapi, tunggu beberapa menit, beberapa jam, beberapa waktu, kereta itu akan berjalan dari lambat, sedang, cepat, sampai sangat cepat dan bahkan tembok pun tidak dapat mengentikannya – ditrobos saja.

Begitulah scenario kita sekarang yang lagi belajar dan berusaha menulis dengan baik dan benar sebelum mampu menulis dengan unik dan kreatif.

Adapun masalah yang sering didapati pemula, yang masih kekurangan kosa kata pada titik meniru judul artikel orang. Solusinya, Kalian bisa masuk link persamaan kata. Yang mana disana kita bisa mencoba beberapa kecocokan dengan judul arikel kita.

Persamaan kata

Khusus penulisan atau penggantian judul, saya lebih sering menggantinya hanya di akhir kata atau akhiran kata dari judul artikel.

Mengapa?

Sebab saya perhatikan cara google menyusun judul artikel di halaman utama itu, kesannya agak di sama ratakan dengan penulisan kata pertama judul artikel dari blog yang berbeda. dari sini saya menyimpulkan bahwa google menyusun judul artikel berdasar kata pertama dari sebuah blog ataupun website.

Jadi, kita jangan mengganti 3-4 kata yang sama pada judul artikel orang lain yang kita tiru. Sehingga yang memungkinkan untuk di ganti adalah bagian akhir judul artikel yaitu 5-7 kata terakhir.

Pada bagian akhir ini kita bisa mencari persamaan kata di link tadi agar kesan judul artikel kita niru tapi tidak sama, istilahnya mirip tapi tidak sama. judul artikel pun akan terlihat alami dimata orang.

Kesimpulan

menulis judul artikel yang benar-benar dikllik oleh pengunjung adalah hal yang terbilang cukup sulit dan butuh konsentrasi dan waktu yang cukup lama dalam menimbang-nimbang kesesuainnya dengan isi artikel.

orang indonesia sendiri bisa saja kejebak dengan trik di atas. tapi, sebelum itu kita masih perlu selektif menentukan judul yang sesuai dengan tingkat kepakaran kita seperti kemampuan dalam hal menulis. bukan saja kita hanya fokus pada penulisan judul seperti ini, tapi kita juga perlu menimbang-nimbang seberapa besar manfaat dari blog.

sebagus apapun kita memainkan trik tadi akan mengecewakan hasilnya jika tidak sebanding dengan isinya. sebab dari awal judul fungsi utamanya adalah kesimpulan lain dari isi artikel. 

Hicul
Hicul Kenalkan saya "Kif" seorang blogger baru yang mengelolah blog Hicul.my.id dan saat ini aktif berbagi info menarik berdasarkan pengalaman Pribadi dan pengalaman membaca artikel Teratas.

Posting Komentar untuk "2 Trik Menulis Judul Artikel Blog agar Diklik Pengunjung"